Ketahui Cara Membuat Origami Bintang dan Manfaatnya Bagi Si Kecil

Lipat-melipat kertas menjadi origami adalah salah satu kegiatan sederhana yang bisa dilakukan bersama si kecil. Mengajarkan anak membuat origami membuatnya dapat belajar kreatif dan terampil sejak dini. Ada berbagai macam bentuk origami yang bisa dibuat, salah satunya bintang.

Origami bintang terlihat sangat menarik, apalagi dengan kertas yang berwarna-warni. Anak pasti akan senang membuatnya. Cara membuat origami bintang cukup sederhana dan bisa dilakukan dengan mudah. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat origami bintang.

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan?

Langkah pertama yang harus kamu tahu dan pahami adalah menyediakan bahan serta alat yang dibutuhkan untuk membuat origami berbentuk bintang. Alat dan bahan mudah saja serta gampang didapatkan. Cukup sediakan kertas origami, pensil, penggaris, dan gunting. Jika bermain bersama anak, sebaiknya gunakan gunting mainan agar lebih aman. Tapi, jika tidak punya kamu bisa langsung menggunting-gunting kertas origami dan anak sisa melipatnya nanti.

Baca juga:  Inilah Cara Download dan Main Game Cars: Fast as Lightning di HP

Langkah Pembuatan

Jika semua bahan dan alat sudah tersedia, kini saatnya kamu mulai melipat. Adapun langkah yang harus dilakukan bisa dilihat di bawah ini:

● Langkah pertama, kamu harus memotong terlebih dahulu kertas origami yang sudah disiapkan. Potong dengan lebar 1 cm, dan tentukan panjangnya sekitar 10 cm.
● Kemudian, lipat kertas menyerupai simpul ikatan
● Tariklah kertas origami sampai membentuk segi lima
● Lalu jika sudah terbentuk, lipat kertas ke bagian dalam
● Lalu lipat kembali bagian kertas origami yang lebih panjang dengan memutari bentuk segi lima yang sudah dibuat tadi
● Selipkan kertas hingga bentuknya terkunci
● Kemudian kembungkan kertas di bagian samping sampai menyerupai bintang kecil
● Origami siap dijadikan dekorasi atau mainan anak!

Ketahui Beberapa Manfaat Membuat Origami Bagi Anak

Meskipun terlihat sederhana, ternyata membuat origami menyimpan banyak manfaat untuk si kecil. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini manfaat membuat origami bagi anak:

Baca juga:  Cek Cara Daftar FF Advance Server dan Jadwal Dibuka

1. Anak Mengerti Konsep Geometri

Kata geometri bagi anak prasekolah mungkin adalah hal yang asing. Namun, dengan melipat kertas origami, secara tidak langsung materi tersebut bisa disampaikan ke anak. Pada saat melipat kertas, anak akan berkenalan dengan konsep geometri yang paling mendasar. Seperti contohnya, istilah panjang, lebar, diagonal, serta tinggi suatu benda.

2. Anak Bisa Belajar Problem Solving

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari melipat origami adalah, anak bisa belajar tentang cara menyelesaikan masalah. Dengan membuat origami, anak akan berpikir bagaimana cara menyelesaikan benda tersebut agar bisa dimainkan.

Ketika rajin belajar membuat origami, anak juga akan familiar dengan kegagalan. Hal ini karena saat membuat origami, mungkin tidak selalu berhasil. Oleh sebab itu, kegiatan lipat melipat kertas yang satu ini sangat bermanfaat untuk kepribadian anak dalam menyelesaikan masalah yang ada.

Baca juga:  Ayo, Download DLS 2022 Mod Apk Unlimited Money and Diamond!

3. Anak Bisa Belajar Konsep Pembagian

Melipat kertas menjadi beberapa bagian dapat memberikan anak pembelajaran tentang bagaimana proses pembagian. Contoh yang dilihat akan lebih nyata dan bisa diingat dengan baik. Contoh kecilnya saja, jika ingin memperoleh segi empat, maka anak harus melipat minimal dua kali.

4. Bisa Melatih Keterampilan Berpikir Anak

Membuat origami mengandalkan panca indera, seperti mata dan tangan. Tentu keduanya memerlukan koordinasi yang baik agar bentuk origami yang diinginkan bisa terwujud. Dengan membuat origami, anak akan belajar mengikuti instruksi dan secara tidak langsung itu mengajarkannya bagaimana cara berpikir secara sistematis.

Begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan dari permainan sederhana ini. Bunda dan anak hanya perlu meluangkan waktu agar bisa membuat origami yang diinginkan. Seperti contohnya cara membuat origami bintang di atas, itu bisa jadi inspirasi lho.

Sumber:
https://www.popmama.com/amp/kid/1-3-years-old/sarrah-ulfah/cara-membuat-origami-bintang-dengan-langkah-mudah
https://cilacapklik.com/2019/11/cara-membuat-bintang-dari-kertas-origami.html
https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-origami-untuk-perkembangan-anak-yang-luar-biasa
https://www.fimela.com/parenting/read/4292017/5-manfaat-membuat-origami-untuk-perkembangan-anak