Ketahui Bagaimana Cara Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Di Lingkungan Masyarakat

Sumber foto: www.flickr.com

Menjaga persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat sangat penting dilakukan untuk menjaga harmoni dalam keberagaman. Banyaknya perbedaan suku, budaya, bahasa, dan agama di Indonesia menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi bersama.

Menjaga persatuan dan kesatuan bisa diawali dengan menjalin hubungan yang baik dengan siapa saja tanpa mempermasalahkan bagaimana latar belakang yang dimilikinya. Hal ini agar masyarakat tidak mudah terpecah belah karena adanya perbedaan. Pentingnya kesatuan dan persatuan dalam lingkungan masyarakat membuat artikel kali ini hadir untuk menjelaskan berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menjaganya.

Cara Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Di Lingkungan Masyarakat

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat, salah satunya sebagai berikut ini:

Baca juga:  4 Contoh Tokoh Inspirasi yang Bisa Dijadikan Motivasi

1.Tidak Membedakan Satu dengan Lainnya

Dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, kita sebaiknya berteman dengan siapa saja. Apa lagi manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Meskipun, tak dapat dipungkiri pula bahwa setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, yang mungkin saja akan saling bertolak belakang pada orang satu dan orang lainnya.

Tetapi perbedaan tersebut bukanlah sebuah penghalang untuk dapat tetap hidup berdampingan. Semakin banyak perbedaan, semakin banyak warna, semakin indah pula tempat itu. Ibaratnya sebuah taman, semakin banyak jenis bunga di dalamnya, semakin indah pula taman tersebut.

2.Saling Menolong Tanpa Melihat Latar Belakang

Tolong menolong dapat diartikan sebagai rasa kepedulian antar sesama. Rasa kepedulian ini haruslah dimiliki setiap orang apalagi yang hidup bermasyarakat. Sebab dengan adanya sikap tersebut, kita dapat menjaga persatuan dan kesatuan kelompok. Contoh sederhana dalam kehidupan sehari-hari, ketika kita melihat orang lain kesulitan menyeberangi jalan raya, tanpa melihat latar belakangnya, hendaknya kita menolongnya.

Baca juga:  Bagaimana Proses Terjadinya Pemanasan Global?

3.Saling Menghargai Pendapat Satu Sama Lain

Ketika mengungkapkan pendapat dalam sebuah masyarakat, tak jarang kita temui adanya perbedaan dan ketidaksepakatan satu sama lain. Hal ini tentu lumrah terjadi sebab dalam bermasyarakat, bukan hanya satu kepala yang ada, tetapi banyak kepala yang sama-sama berpikir. Cara terbaik menyikapi perbedaan pendapat yaitu dengan saling menghargai, bukan mencela dan merasa menjadi yang paling benar. Dengarkan alasannya dan cari jalan tengah dari perbedaan tersebut.

4.Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Pada Orang Lain

Menciptakan rasa aman dalam lingkungan masyarakat adalah tanggung jawab setiap orang. Bukan hanya dari lembaga atau kelompok tertentu, tetapi seluruh masyarakat haruslah ambil andil di dalamnya. Sesederhana tidak turut andil dalam menyebarkan ketakutan dan kebohongan dalam masyarakat sudah termasuk menciptakan rasa aman bagi orang lain.

Baca juga:  Apa Itu Teks Prosedur? Ini Pengertian, Struktur, dan Cirinya

Selain yang disebutkan diatas, tentunya masih banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat.