Keren! Inilah Fitur Adapto Ruangguru yang Jadi Video Belajar Adaptif Nomor 1 di Indonesia

OMTELOLET – Ruangguru menghadirkan fitur belajar adaptif yang satu-satunya di Indonesia, yaitu fitur belajar Adapto. Yuk, cari tahu tentang fitur Adapto Ruangguru berikut ini.

Fitur belajar Adapto memberikan pengalaman belajar yang jauh lebih interaktif. Hal ini sebagai upaya Ruangguru sebagai platform digital pendidikan yang terus berinovasi dengan mengembangkan fitur-fitur canggih.

Tentang Fitur Adapto di Ruangguru

Adapto menjadi fitur di video belajar Ruangguru yang bisa kamu nikmati langsung dari aplikasi. Fitur Adapto akan menyesuaikan secara otomatis pilihan-pilihan jawaban kamu selama belajar.

Dengan fitur Adapto, video belajar menjadi lebih adaptif dengan alur yang bisa berubah-ubah menyesuaikan tingkat pemahaman dan pilihan jawaban kamu.

Di aplikasi Adapto, guru akan mengecek pemahaman kamu dengan menanyakan beberapa pilihan jawaban. Pilihan jawaban yang kamu ambil akan menentukan arah kelanjutan dari video yang sedang kamu pelajari.

Baca juga:  Bagaimana Proses Pernapasan Dada? Simak Penjelasannya!

Apabila kamu memilih “Paham”, maka guru akan melanjutkan penjelasan ke topik selanjutnya. Namun, apabila kamu memilih “Bingung”, maka guru akan kembali mengulang materi sebelumnya.

Video belajar dengan fitur Adapto disesuaikan secara otomatis dari pilihan jawaban kamu selama belajar. Ketika kamu salah menjawab kuis di tengah video belajar, maka secara otomatis guru akan menjelaskan jawaban yang benar dan memperbaiki pemahaman kamu.

Selain itu, kamu juga bisa memilih ingin video belajar dijelaskan secara “Cepat” atau “Detail” tergantung pada kebutuhan dan gaya belajar kamu masing-masing. Keren banget kan?

Keunggulan Fitur Adapto di Ruangguru

Fitur Adapto memberikan kebutuhan dan gaya belajar setiap siswa. Fitur adaptif ini menjadi keunggulan Ruangguru dan belum ditemukan di aplikasi belajar serupa di Indonesia.

Fitur Adaptif menggunakan sistem pembelajaran yang membuat siswa memahami materi secara mendalam.

Baca juga:  Jurusan yang Ada di UNJ Apa Saja? Cek Jawabannya Berikut Ini

Mengutip Marton dan Säljö (1976), ada dua jenis pendekatan pembelajaran, yaitu deep learning dan surface learning. Surface Learning membuat siswa fokus pada tujuan eksternal seperti mendapatkan nilai/penghargaan atau menyenangkan orang lain.

Sementara itu, deep learning ditandai dengan kemauan siswa untuk mendalami suatu materi dan adanya motivasi dari dalam diri mereka untuk mengetahui dan memahami lebih banyak, seringkali melampaui apa yang dibutuhkan oleh penilaian atau kurikulum.

Siswa yang menerapkan deep learning dapat lebih mudah meraih prestasi dan juga memiliki emotional wellbeing yang lebih baik.

Di sisi lain, siswa yang memilih surface learning cenderung mudah cemas dan tertekan, hal ini dapat mempengaruhi kemampuan mereka sehingga akhirnya mendapat hasil yang kurang baik.

Nah, supaya memperoleh deep learning tersebut, kamu bisa menggunakan fitur Adapto di Ruangguru.

Baca juga:  Mengenal Abrasi: Pengertian, Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya

Cara Menggunakan Fitur Adapto

Dilansir dari laman ruangguru.com, berikut ini adalah cara menggunakan fitur Adapto.

1. Update aplikasi Ruangguru dan buka pelajaran yang kamu inginkan. Adapto tersedia untuk SMP & SMA.

2. Logo ADAPTO akan muncul jika ada bab dengan materi Adapto.

3. Masuk ke Konsep Kilat dengan logo Adapto.

4. Mulai tonton video belajar Adapto pilihan kamu.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai fitur Adapto di Ruangguru.

Jika tertarik dengan fitur Adapto di Ruangguru, yuk segera pilih sesuai kebutuhan dan keinginanmu. Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi mitra Ruangguru di nomor berikut ini: 0857-1075-5360.

Selain itu, bisa juga menggunakan kode refferal berikut: OMTELOLET, supaya memperoleh berbagai penawaran yang menarik. Buruan daftar sekarang!

 

 

Sumber:

https://www.ruangguru.com/blog/adapto