Kenali Ciri-ciri Orang Yang Cocok Masuk Jurusan Hukum

Foto oleh cottonbro

Program studi Hukum menjadi salah satu jurusan yang paling populer setiap kali penerimaan mahasiswa baru, baik melalui jalur SNMPTN, SBMPTN maupun jalur mandiri. Banyak orang yang tertarik dengan jurusan hukum. Bahkan tak jarang ada peserta yang memilih jurusan tersebut tanpa bekal terlebih dahulu.

Padahal sejatinya, memilih jurusan perlu dipertimbangkan baik-baik. Hal ini karena menjalani jurusan yang ternyata tidak sesuai dengan minat dan bakat akan membuat masa-masa perkuliahan tidak nyaman.

Oleh sebab itu, setidaknya kamu harus tau secara garis besar apa yang akan kamu pelajari di jurusan yang akan kamu pilih nanti. Misalnya, apakah jurusan yang kamu pilih cocok denganmu atau tidak. Atau, apakah materi yang dipelajari sesuai dengan minat dan bakat kamu atau tidak.

Baca juga:  Siapa Raja Pertama Kerajaan Inggris? Cari Tahu Jawabannya Disini

Ciri-ciri Orang Yang Cocok Masuk Jurusan Hukum

Nah, bagi kamu yang ingin memilih jurusan hukum, ada beberapa ciri-ciri orang yang cocok masuk dalam jurusan ini. Kira-kira apa saja ya? Simak pembahasan berikut ini!

1.Berpikir Kritis

Seseorang yang bisa berpikir kritis menjadi salah satu ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan hukum. Sebab, kemampuan tersebut akan selalu diperlukan dalam pemecahan suatu masalah. Semua argumen dan keputusan yang diambil untuk menyelesaikan masalah merupakan hasil dari pikiran yang matang dan didukung oleh sumber yang terpercaya. Mahasiswa hukum dituntut untuk bisa berpikir dengan logis dan sistematis.

2.Bisa Menyelesaikan Masalah dengan Baik

Ciri-ciri selanjutnya yaitu memiliki kemampuan memecahkan masalah atau problem solving. Orang-orang yang dalam kehidupan sehari-harinya mampu menyelesaikan masalahnya akan cocok masuk jurusan ini. Seperti yang kita tahu bersama, dalam jurusan hukum pasti akan selalu disajikan kasus-kasus sebagai pelajaran di kelas. Kasus yang diberikan perlu diselesaikan dengan penyelesaian terbaik yang dilandasi oleh hukum yang berlaku.

Baca juga:  Jurusan Pertanian Bisa Jadi Apa? Berikut Ini 7 Prospek Kerja yang Capai Gaji Ratusan Juta

3.Mampu Bernegosiasi

Sebagai calon sarjana hukum yang akan memasuki dunia kerja, kemampuan negosiasi menjadi salah satu kemampuan yang wajib dimiliki. Kemampuan ini akan dibutuhkan apalagi saat praktek di persidangan. Saat menghadapi suatu kasus, negosiasi dibutuhkan untuk meyakinkan bahwa orang yang melanggar hukum harus dihukum setimpal dengan perbuatannya namun tetap melihat sisi kemanusiaan.

4.Memiliki Pengetahuan Luas

Banyak yang beranggapan bahwa jika berkuliah di jurusan hukum, kamu harus bisa menghafal. Padahal sebenarnya bukan itu poinnya, sebagai anak hukum, kamu harus memiliki pengetahuan yang luas. Jadi, bukan hanya sekedar menghafal tetapi juga memahami.

5.Kemampuan Menyelesaikan Sengketa

Ciri ciri orang yang cocok masuk jurusan hukum selanjutnya adalah memiliki kemampuan untuk menyelesaikan sengketa di antara dua belah pihak. Dalam hal ini, kamu harus bisa menjalani posisi, baik di salah satu pihak maupun menjadi pihak netral.

Baca juga:  Cara Mejaga Keberagaman di Indonesia Agar Tidak Memicu Perpecahan

Itulah beberapa ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan hukum. Tentu saja kemampuan tersebut dapat dimiliki jika terus dilatih dan diasah.

Sumber:
https://mamikos.com/info/ciri-ciri-orang-yang-cocok-masuk-jurusan-hukum-mhs/