Kenali, Ciri-ciri Hamil Sebelum Telat Haid

Hubungan sebuah pasangan yang baru menikah akan menjadi semakin bertambah bahagia saat sang Istri telah dinyatakan hamil. Kehamilan merupakan fase dimana sebuah pasangan akan segera dikaruniai anak, namun, ada beberapa ciri-ciri hamil sebelum telat haid yang wajib diketahui pasangan yang baru saja menikah.

Tanda maupun gejala kehamilan seperti sakit pada punggung tidak akan selalu muncul dan dirasakan pada masa awal kehamilan. Namun pada contoh kejadian lain, ada juga beberapa contoh kehamilan dimana seorang perempuan langsung merasakan beberapa gejala di masa awal kehamilannya.

Gejala kehamilan seorang perempuan bahkan sudah bisa dirasakan sejak sebelum mengalami fase telat haid. Namun seseorang perlu memiliki tingkat ketelitian yang sangat tinggi agar bisa mendeteksi gejala kehamilan sebelum terjadinya fase telat haid.

Namun, beberapa gejala hamil sebelum datang fase telat haid masih bisa dideteksi melalui beberapa tanda berikut ini, simal ulasan selengkapnya ;

  • Kondisi Fisik yang Mudah Lelah
Baca juga:  Contoh Gaslighting Orang Tua kepada Anak yang Sering Terjadi

Kondisi fsik yang menjadi lebih mudah lelah merupakan gejala kehamilan yang paling mudah dikenali sebelum datangnya fase telat hamil. Kondisi ini terjadi karena tubuh sedang dalam fase adaptasi untuk mempersiapkan tumbuhnya si Janin.

Gejala yang satu ini membuat berbagai hormon kehamilan yang ada dalam tubuh menjadi meningkat dan membuat kondisi fisik semakin mudah mengalami kelelahan. Gejala ini paling tidak akan terjadi selama empat bulan awal masa kehamilan.

Guna menghadapi fase ini, seorang perempuan diharapkan hanya perlu beristirahat disaat merasa lelah, tanpa perlu mencoba untuk mengkonsumsi kafein dalam Kopi agar bisa mengurangi rasa lelah. Cara tersebut diketahui justru akan bisa mengancam keselamatan dan kesehatan Janin dalam kandungan.

sumber gambar ; unsplash.com
  • Merasakan Mual

Mual merupakan pertanda lain yang akan dirasakan sebagai salah satu gejala kehamilan sebelum datangnya fase telat haid. Gejala mual ini timbul sebagai bagian dari setelah terjadinya fase pembuahan yang mengakibatkan munculnya banyak hormon kehamilan. Gejala mual secara ringan akan dirasakan saat masa awal kehamilan, namun titik puncak gejala mual tersebut akan hadir pada sekitar 4-6 minggu masa kehamilan.

Baca juga:  4 Tips Jaga Kesehatan Mental Ibu Rumah Tangga

 

  • Lebih Peka Terhadap Bau

Seorang perempuan akan mememiliki kepekaan yang berlebih terhadap berbagai bau sebagai salah satu gejala kehamilan sebelum mengalami fase telat haid. Meningkatnya produktifitas hormone estrogen turut serta meningkatkan sensitivitas dari indera penciuman, sehingga menjadi lebih peka terhadap berbagai bau yang muncul disekitarnya.

 

  • Lebih Sering Buang Air Kecil

Seorang perempuan akan mengalami gejala ini saat mulai memasuki fase telat haid, yakni akan menjadi lebih sering buang air kecil. Pasalnya, dua minggu sejak dimulainya masa pembuahan akan membuat ginjal dalam tubuh semakin bekerja keras untuk meyaring darah.

Pada dasarnya, meningkatnya jumlah produksi hormon progresterone menjadi salah satu penyebab seorang perempuan akan sering buang air kecil sebagai salah satu gejala hamil sebelum memasuki fase telat haid. Selain itu, faktor lainnya yang mendorong terjadinya gejala yang satu ini adalah rahim yang semakin membesar sehingga mendorong kandung kemih.

Baca juga:  Memahami Apa itu Stunting? Pengertian, Jenis dan Contohnya

 

  • Merasakan Kembung

Salah satu gejala lainnya adalah, merasakan kembung disaat masa awal kehamila sebelum datangnya fase telat haid. Tingginya produksi hormon progesterone membuat saluran pencernaan menjadi lebih lambat. Akibatnya, hal tersebut menciptakan gas yang kemudian terjebak didalam saluran pencernaan dan membuat perut menjadi kembung.

 

Itulah ulasan mengenai beberapa gejala ciri-ciri hamil sebelum telat haid. Ketika beberapa gejala tersebut sudah terjadi, pastikan agar anda lebih menjaga pola makan yang lebih bergizi serta mengatur waktu istirahat yang cukup.

 

Sumber referensi ; https://www.popmama.com/pregnancy/getting-pregnant/sarrah-ulfah/tanda-awal-kehamilan-sebelum-telat-haid/7