Kapan Pandemi Covid Akan Berakhir? Simak Prediksi Terbaru Menurut WHO

Pandemi covid telah menjadi kekhawatiran masyarakat di berbagai belahan dunia. Masa bahaya dan status pandemi yang melekat di Covid-19 akan segera berakhir.

Kemungkinan ini muncul setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut status darurat akibat Covid-19 bisa selesai pada 2022 jika beberapa syarat terpenuhi.

Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, fase bahaya akibat Covid-19 bisa selesai pada pertengahan 2022 karena dua hal. Pertama, tingkat vaksinasi di beberapa negara sudah sangat tinggi. Kedua, keparahan gejala Covid-19 yang dibawa varian Omicron tidak seberat varian-varian sebelumnya.

“Tapi [pandemi Covid-19] tidak (berakhir sepenuhnya), tidak ketika 70 ribu orang dalam seminggu meninggal karena penyakit yang dapat dicegah dan diobati,” kata Ghebreyesus dalam pidato di Konferensi Keamanan Munich akhir pekan lalu, dikutip dari Business Insider, Senin (28/2/2022).

Baca juga:  Wirda Mansur Trending Topik, Netizen: Bapak Sama Anak Nggak Ada Bedanya

Tedros berkata, pandemi akan terus terjadi selama 83% penduduk di Benua Afrika belum mendapat vaksin bahkan satu dosis pun. Selain itu, Covid-19 disebutnya masih menjadi ancaman selama sistem kesehatan yang rentan eksis serta sedikitnya pengawasan yang dilakukan untuk melacak evolusi penyakit ini.

Meski fase akut pandemi berakhir, Tedros mengingatkan dunia agar harus bersiap untuk potensi lebih banyak varian yang muncul di masa depan. Bahkan, kata dia, kondisi ideal untuk varian yang lebih menular dan lebih berbahaya bisa terjadi.

Terpisah, Direktur Darurat WHO Michael Ryan mengatakan 2022 akan menjadi titik balik pandemi yang bisa berubah statusnya menjadi endemi. Menurut KBBI, endemi berarti penyakit yang berjangkit di suatu daerah atau pada suatu golongan masyarakat.

Baca juga:  Viral di TikTok Tunjukkan Kemacetan di Puncak Hingga 17 Jam, Reaksi Eno Bening yang Pancing Emosi Warganet

“Apa yang perlu kita lakukan adalah mencapai tingkat kejadian penyakit yang rendah dengan vaksinasi maksimum dari populasi kita sehingga tak ada yang harus mati. Itulah akhir dari keadaan darurat dalam pandangan saya. Itulah akhir dari pandemi,’ kata Ryan dikutip dari CNBC Internasional.

WHO memprediksi pandemi Covid-19 bisa selesai asalkan cakupan vaksinasi global bisa sesuai target. Organisasi ini menargetkan 70% populasi dunia sudah mendapat vaksin pada pertengahan 2022.

Saat ini, negara-negara yang mencatat kasus Covid-19 tertinggi adalah Amerika Serikat, India dan Brasil. Sementara itu, di benua Eropa, negara-negara yang melaporkan kasus Covid-19 terbanyak adalah Prancis, Eropa dan Rusia.

 

 

Sumber:

Baca juga:  Vina Garut Kembali Trending di Twitter, Ini Penjelasannya

https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20220228091442-33-318900/kapan-pandemi-covid-akan-berakhir-cek-kabar-terbaru-who