Kalimat Pembuka Presentasi Islami yang Simpel

Sumber : liputan6.com

Ketika akan melakukan presentasi, tentunya setiap orang ingin menampilkan yang terbaik. Salah satu kunci utama yang harus dilakukan agar dapat menampilkan presentasi yang baik adalah dimulai dengan pembukaan yang baik. Pembukaan yang baik akan menentukan keberhasilan presentasi kamu. Sebaliknya, apabila pembukaan yang kamu sajikan kurang baik, maka akan membuat presentasimu menjadi kurang baik bahkan bisa saja gagal. Hal ini karena pembukaan yang baik akan menarik perhatian audiens. Apa yang disampaikan di awal akan menjadi hal yang paling diingat oleh audiens. Itulah sebabnya mengapa pembukaan yang baik dan menarik menjadi faktor yang sangat penting serta dapat menjadi kekuatan dalam presentasi. Apabila kamu berhasil melalui pembukaan presentasi dengan baik, maka akan memudahkan dalam langkah selanjutnya. Namun, seringkali pembukaan presentasi masih dianggap remeh. Meskipun terbilang singkat, paling tidak hanya lima menit. Namun waktu tersebut menjadi sangat berpengaruh untuk presentasimu. Jadi, pastikan pembukaan presentasimu dibuat menarik hati audiens dengan memberikan pembukaan presentasi yang berkesan. Oleh karena itu, kali ini kita akan memberikan beberapa contoh kalimat pembuka presentasi yang baik. 

Baca juga:  Viral! Putus dengan Taj Belezza, Jefri Nichol Unggah Foto Diduga Ciuman dengan Pria

Bagi yang muslim, kalimat pembuka presentasi islami mungkin bisa menjadi pilihan. Kamu bisa menyelipkan beberapa kalimat berbahasa arab.

Namun sebelum kita membahas lebih dalam tentang kalimat pembuka presentasi, tentunya kamu harus mengetahui “apa itu presentasi?”

Menurut KBBI presentasi adalah pemberian (tentang hadiah) pengucapan pidato (pada penerimaan suatu jabatan) perkenalan (tentang seseorang kepada seseorang, biasanya kedudukannya lebih tinggi) dan penyajian atau pertunjukan (tentang sandiwara, film, dan sebagainya) kepada orang-orang yang diundang. Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa presentasi adalah suatu proses memperkenalkan, menyajikan, dan /atau mengemukakan sebuah informasi dalam suatu diskusi maupun forum.

Sumber : 99.co

Nah, setelah mengetahui definisi presentasi, sekarang kamu bisa mempersiapkan diri untuk berlatih melakukan presentasi, kamu bisa memulai dengan melakukan pembukaan terlebih dahulu. Secara umum kamu dapat menggunakan beberapa kalimat umum yang biasa dipakai banyak orang ketika membuka acara presentasi. Berikut beberapa contohnya, bisa kamu hafalkan dan improvisasi :

Baca juga:  Kedalaman Skuad Arema di Liga 1 2022-2023 Jadi Perhatian Gilang Pramana

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh. Alhamdulillaahirobbil ‘aalamiin washsholaatu wassalaamu’ alaa asyrofil anbiyaa-i wal mursalina, wa-‘alaa aalihi washohbihi ajma’iina.” amma ba’du. Pertama dan yang paling utama mari kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan kesempatan-Nya sehingga kita bisa berkumpul ditempat yang penuh berkah ini.

Sholawat serta salam kita berikan kepada nabi besar Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah menuju zaman yang penuh ilmu pengetahuan seperti sekarang ini. Yang saya hormati (sebutkan pihak yang terlibat).

Baiklah dalam pembahasan materi presentasi kali ini, izinkan saya untuk membicarakan sedikit mengenai latar belakang mengapa saya memilih topik ini (dan seterusnya).

Baca juga:  Heboh! Buya Arrazi Pernah Mengkafirkan Gus Dur, Ini Alasannya

Itulah contoh kalimat pembuka presentasi islami yang bisa kamu ikuti supaya kamu bisa melakukan pembukaan presentasi yang baik. Akan tetapi, perlu kamu ingat bahwa tidak ada manusia yang bisa menjadi seorang presentator yang andal secara mendadak. Untuk menjadi seorang presentator yang baik diperlukan jam terbang yang tinggi. Nah untuk kamu yang akan atau baru memulai untuk menjadi seorang presentator handal yang kamu butuhkan adalah latihan dan evaluasi yang memadai. Selain banyak berlatih, hal yang perlu kamu ingat ketika melakukan presentasi adalah tetap tenang dan percaya diri. Dengan begitu, maka dijamin presentasimu akan sukses.

Sumber Tulisan :

https://indorsie.com/contoh-pembukaan-presentasi/

https://www.kosngosan.com/2018/12/kalimatpembukapenutuppresentasi.html