Jurusan Kuliah IPS Yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan Nguliah

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, tentu harus mempertimbangkan jurusan apa yang akan dipilih nanti. Hal ini penting agar kamu tidak merasa salah mengambil jurusan kuliah, sehingga dapat menjalani kegiatan perkuliahan dengan nyaman.

Setiap anak mungkin sudah memiliki gambaran ingin kuliah dimana dan mengambil jurusan apa. Tapi tahu tidak, jika kamu ingin berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), terdapat daya tampung atau jumlah maksimal yang akan diterima. Jadi, jika kamu memilih jurusan dengan peminat yang besar, peluang kamu dapat masuk jurusan tersebut akan semakin kecil.

Jurusan Kuliah IPS Yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan Nguliah

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas sedikit tentang lulusan jurusan IPS. Tak jauh berbeda dengan anak IPA, anak IPS juga memiliki rekomendasi jurusan kuliah yang bisa diambil. Bagi kamu anak IPS, ada banyak jurusan kuliah yang bisa kamu pilih. Bahkan, ada beberapa jurusan yang jarang diminati namun ternyata sangat menjanjikan di kemudian hari.

Baca juga:  Penjelasan Tentang Perbedaan Kalimat Aktif dan Pasif

Ada banyak jurusan kuliah untuk anak IPS yang sedikit peminat namun ternyata menjanjikan, salah satunya sebagai berikut ini:

1.Program Studi Bisnis Digital

Secara garis besar, dalam jurusan bisnis digital ini mempelajari cara merancang bisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital. Kamu akan banyak bersentuhan dengan Ilmu Bisnis, Manajemen, Sistem Informasi, hingga Teknik Informatika. Meskipun jurusan tersebut memiliki peminat yang sedikit namun prospek kerjanya sangat luas.

Di era yang semakin berkembang ini, Ahli Digital dan Bisnis banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan besar. Kamu dapat bekerja sebagai Start-up Entrepreneur, Business Intelligence Manager, Analis Data, Analis Pasar, Data Scientist, bahkan dapat membangun startup sendiri sesuai bidang yang kamu minati.

Baca juga:  Yuk, simak 10 Contoh Soal Trapesium Terbaru!

2.Jurusan Desain Komunikasi dan Visual (DKV)

Program studi selanjutnya yang masih sedikit peminat namun menjanjikan adalah jurusan DKV. Jika kamu punya tingkat kreativitas tinggi dan suka hal-hal yang berbau seni, jurusan ini patut menjadi pilihan bagi kamu. Jurusan DKV juga memiliki prospek kerja yang sangat bagus. Kamu bisa bekerja di bidang perfilman, bidang periklanan, game dan animasi, hingga membuka usaha sendiri .

3.Jurusan Kriminologi

Dalam jurusan Kriminologi, kamu akan mempelajari berbagai aspek tentang kejahatan. Kamu akan menggeluti ilmu-ilmu sosial, psikologi, filsafat, hingga jurnalistik. Lulusan jurusan ini juga memiliki peluang karir yang cukup menjanjikan. Kamu bisa bergabung di lembaga negara seperti Badan Intelijen Negara (BIN), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kementerian Hukum dan HAM, dan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa menjadi seorang jurnalis, data analisis, kriminolog, peneliti, dosen, konsultan dan intelijen.

Baca juga:  Inilah Informasi Lengkap tentang Planet Jupiter yang Jadi Terbesar di Tata Surya

Selain yang disebutkan diatas, tentunya masih banyak jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan nguliah. Kamu dapat memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Tetapi, pastikan juga jurusan yang kamu ambil memiliki prospek kerja tinggi. Sehingga setelah lulus kuliah nanti, kamu tidak kesulitan mencari pekerjaan.

Sumber:
https://mamikos.com/info/jurusan-kuliah-ips-yang-jarang-diminati-tapi-menjanjikan-mhs/
https://www.nguliah.com/jurusan-kuliah-ips-yang-jarang-diminati-tapi-menjanjikan/