Jumlah Penonton Sirkuit Mandalika Kalah dari Sapang dan Buriram, Begini Penyababnya

Sumber: imperiumdaily

Ajang MotoGP Mandalika (Pertamina Grand Prix of Indonesia) telah sukses dilaksanakan pada 18-20 Maret 2022. Total seluruh jumlah penonton pun disebut lebih dari 100 ribu orang. Namun, ternyata jumlah penonton tersebut masih kalah dengan jumlah penonton MotoGP di Sirkuit Sepang dan Buriram.

Dilansir dari detiksport, total jumlah penonton MotoGP Mandalika mencapai lebih dari 100 ribu penonton. Hal tersebut merupakan hasil akumulasi penonton dari sesi latihan bebas, kualifikasi, hingga balap (18-20/03).

Rinciannya, pada hari Jumat (18/3) jumlah spectator atau penonton mencapai 9.857 orang, lalu pada hari Sabtu (19/3) jumlah penonton mencapai 30.021 orang, kemudian pada hari Minggu (20/3) di mana sesi balap Moto3, Moto2, dan MotoGP berlangsung, jumlah penonton mencapai 62.923 orang. Jadi kalau ditotal, selama tiga hari penyelenggaraan MotoGP Mandalika, jumlah penontonnya mencapai 102.801 orang.

Baca juga:  Heboh Pembakaran Alquran di Swedia, Dikecam MUI

Sementara jika mengutip dari penjelasan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) di situs resminya, jumlah penonton MotoGP Mandalika di hari Minggu (20/3) kurang lebih sekitar 60 ribu.

Dilansir dari laman Crash, jumlah penonton MotoGP di Sirkuit Mandalika masih kalah dari rata-rata jumlah penonton MotoGP di Sirkuit Sepang (Malaysia) dan Sirkuit Buriram Thailand.

Sebagai catatan, pada 2019 lalu jumlah penonton di Sirkuit Sepang mencapai total angka 170.778 orang, dengan 103.850 penonton pada hari balapan. Di musim yang sama, Thailand mencatatkan total 226.655 penonton, dengan 95.000 di antaranya pada hari balapan.

Tapi hal ini tentunya masih bisa diperdebatkan, sebab MotoGP Mandalika dilaksanakan di tengah situasi pandemi. Di mana protokol kesehatan dan syarat perjalanan masih cukup ketat. Sementara MotoGP Sepang dan MotoGP Buriram digelar di situasi normal sebelum terjadinya pandemi.

Baca juga:  Anak Anggota DPRD Kebumen Tewas Jadi Korban Klithih Jogja, Berikut Faktanya

Saat ini Sirkuit Mandalika sendiri masih terus dalam proses pembangunan. Jika sirkuit yang terletak di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, ini sudah jadi 100% dan pandemi virus Corona (COVID-19) sudah tuntas. Maka kapasitas tampung penontonnya bisa mencapai 188.000 penonton.
Sumber: imperiumdaily