Mau Pelihara Cupang? Ketahui Dulu Jenis-Jenis Ikan Cupang Serta Harganya

Sumber : ngopibareng.id

Ikan adalah salah satu hewan yang mudah dipelihara dan memiliki bentuk yang bervariasi. . Tidak jarang memelihara ikan juga bisa dijadikan hobi hingga diperlombakan. Salah satu ikan yang paling diminati yaitu ikan cupang. Ikan cupang adalah ikan akuarium yang terkenal karena warnanya yang mencolok, dan bentuk sirip yang bervariasi. Ikan cupang terkenal sebagai ikan teritorial dan berkelahi jika keduanya ditempatkan bersama atau ketika mereka melihat bayangan mereka. Ikan cupang memiliki nama ilmiah betta splendens, sehingga dikenal juga sebagai ikan betta. Dipasaran banyak jenis-jenis cupang yang bisa dipelihara, cupang dengan kualitas yang baik memiliki sirip dan ekor yang berwarna terang, siripnya terurai mekar dan berbentuk sempurna. 

Tidak perlu menggunakan aquarium berukuran besar seperti ikan pada umumnya, karena ukuran ikan ini relatif kecil. Sehingga kalian pun tidak perlu mencari tempat yang luas untuk meletakkan akuarium. Ukuran akuarium yang kecil ditambah jenis cupang yang cantik, pasti cocok untuk dijadikan dekorasi meja di rumah. Ikan juga perlu makanan yang bergizi untuk menjaga keindahan sirip mereka dan kesehatan ikan. Serta selalu perhatikan kebersihan aquarium agar ikan selalu terlihat cantik. Berikut adalah jenis-jenis ikan cupang yang umum dipasaran beserta harganya.

Baca juga:  Pasutri Wajib Hafal, Do’a Bersetubuh dan Selesai Bersetubuh
Sumber : popbela.com

1. Ikan cupang Combtail

Jenis ikan cupang Combtail memiliki bentuk atau ukuran yang biasa pada ekornya. Anda biasanya melihat ekor yang penuh dan megah dalam bentuk bulat yang khas. Yang membedakan cupang jenis ini adalah anyaman dan pari yang memanjang melalui sirip ekor itu sendiri. Anda akan melihat tampilan yang sedikit berduri sebagai hasilnya. Harga cupang Combtail Rp. 125.000 / ekor

2.. Ikan Cupang Veiltail

Ikan cupang Veiltail memiliki sirip panjang dengan ekor yang menukik ke atas lalu turun ke bawah. Ikan cupang jantan dalam variasi ini memiliki ekor yang panjang dan menukik ke bawah. Betina veiltail cenderung memiliki warna yang lebih muda dan sirip serta ekornya yang pendek. Harga cupang veiltail mulai dari Rp. 100.000 sampai jutaan tergantung layer warna.

Baca juga:  Begini Caranya, Tips Mencegah Rasa Malas di Hari Kejepit

3. Ikan Cupang Double Tail

Ikan cupang Double Tail terlihat sangat unik karena memiliki dua ekor yang berbeda. Setiap sirip ekor memiliki dasar yang berbeda, satu di atas dan satu di bawah garis tengah ikan. Ikan cupang Double Tail adalah hasil dari mutasi genetik. Hasilnya adalah cupang dengan dua sirip ekor yang berbeda. Untuk harga ikan cupang double tail anakan biasanya berkisar di antara Rp 100.000

4. Ikan Cupang Halfmoon

Ikan cupang half moon memiliki ekor yang besar dan bentuknya seperti setengah lingkaran mirip dengan bentuk setengah bulan, seperti namanya half moon. Sirip dubur membentuk tirai besar di bawah perut ikan. Ketiga sirip saling tumpang tindih, membuat ikan terlihat seperti bunga yang mekar. harga mulai dari Rp. 30.000 – Rp. 300.000. 

Baca juga:  Bikin Lebih Fresh, Ini Rekomendasi Liptint yang Bagus Dipakai Sehari-hari

5. Ikan Cupang Plakat

Ikan cupang plakat mempunyai ekor yang bulat dan pendek. Sirip ikan cupang plakat juga cukup pendek dibandingkan dengan variasi cupang lainnya. Namun, ikan cupang jantan plakat memiliki warna yang sangat bagus dibanding yang betina. Harga ikan cupang plakat mulai dari Rp. 30.000 – Rp. 70.000

6. Ikan cupang HMPK

Ikan cupang yang banyak dijual dipasaran umumnya berjenis HMPK. Ikan cupang HMPK merupakan ikan cupang persilangan antara jenis half moon dan jenis plakat. Harganya dimulai dari 20.000-50.000.

Demikian penjelasan tentang jenis ikan cupang yang cukup populer untuk dipelihara, sebelum membeli ikan cupang pastikan membeli aquarium yang pas dengan ukuran ikan cupang dan jangan lupa memberi makan. Sekian semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan kalian yaa.

Sumber : 

  1. https://katadata.co.id/redaksi/berita/612cc9a0af0bc/7-jenis-ikan-cupang-terpopuler-untuk-dipelihara