Jangan Asal Mencari Obat Batuk Pilek untuk Bayi, Simak Rekomendasinya Berikut Ini

Sick boy with thermometer laying in bed and mother hand taking temperature. Mother checking temperature of her sick son who has thermometer in his mouth. Sick child with fever and illness while resting in bed.

Mencari obat batuk pilek untuk bayi sebaiknya tidak boleh asal-asalan, karena itu juga menyangkut keselamatan dan kesehatan dari si kecil itu sendiri. Mungkin, ada sebagian orang tua yang berfikir bahwa gejala batuk maupun pilek hanya reaksi alamiah dari tubuh ketika terdapat suatu hal yang seharusnya dikeluarkan dari tubuh.

Maka, justru karena itulah gejala batuk dan pilek akan bisa menjadi sangat berbahaya bila tidak ditangani dengan serius, termasuk dengan asal memberikan obat batuk dan pilek. Dilain sisi, terkadang masih ada sebagian kecil orang tua yang meyakini bahwa gejala batuk dan pilek akan dapat sembuh dengan sendirinya, termasuk pada Bayi.

Sebaiknya, sebagai orang tua yang bijak, kita harus jauh-jauh menghindari cara pandang yang seperti itu saat hendak menyikapi si kecil yang sedang mengalam gejala batuk dan pilek. Caranya, tentu dengan selektif memilih obat batuk dan pilek untuk bayi, sebagaimana rekomendasi dan ulasan berikut ini ;

Baca juga:  Rutin Lakukan Fisioterapi Robot Akibat Pendarahan Otak, Begini Kondisi Terkini Komedian Tukul Arwana

Anacetine

Anacetine merupakan rekomendasi obat batuk dan pilek untuk anak, produk yang berbentuk sirup ini juga memiliki kandungan paracetamol yang aman untuk dikonsumsi oleh anak. Anacetine tak hanya bisa menyembuhkan gejala batuk dan pilek, tapi juga pusing, demam hingga hidung yang tersumbat.

Produk yang satu ini merupakan obat bebas, artinya, anda bisa membeli dan mendapatkannya tanpa harus melalui resep dokter terlebih dahulu. Adapun takaran penggunaannya untuk Bayi dengan usia dibawah 12 bulan adalah 25 ml, atau setengah sendok teh.

Sedangkan untuk Balita, takaran penggunaan Anacetine adalah sebanyak 50 ml, atau sekitar 1 sendok teh. Anacetine sendiri disarankan untuk diminum sebanyak tiga kali sehari hingga si kecil sembuh dari batuk dan pilek.

Olbas Oil for Children

Produk yang satu ini merupakan obat batuk dan pilek yang terbuat dari berbagai bahan seperti minyak aromaterapi, cengkeh, minyak kayu putih serta eucalyptus. Cara penggunaannya berbeda dengan obat batuk dan pilek pada umumnya, Olbas Oil ini hanya perlu dihirup oleh si kecil dengan menggunakan hidung, dengan takaran beberapa tetes pada tisu.

Baca juga:  Ini Cara yang Tepat Sikat Gigi saat Puasa Biar Mulut Tidak Bau

Berikan 4 tetes pada anak berusia dibawah 2 tahun, serta berikan sekitar 10 tetes untuk anak berusia diatas 2 tahun untuk menyembuhkan batuk dan pileknya.

sumber gambar ; unsplash.com

Mucopec Drop

Mucopec Drop merupakan rekomendasi lain dari obat batuk dan pilek yang secara efektif menyembuhkan si kecil. Secara khusus, obat batuk dan pilek yang satu ini mengandung Ambroxol Hidroklorida yang dapat mengencerkan dahak agar jadi lebih mudah dikeluarkan oleh si kecil saat sedang batuk.

Adapun takaran bagi anak berusia dibawah dua tahun adalah sekitar 7.5 mg/ml dengan penggunaan sebanyak 2 kali sehari. Konsultasikan pada dokter sebelum menggunakan obat ini agar memastikan si kecil dapat sembuh dan sehat kembali.

Baca juga:  Bikin Lebih Fresh, Ini Rekomendasi Liptint yang Bagus Dipakai Sehari-hari

Cessa Cough & Flu

Cessa Cough & Flu merupakan obat batuk dan pilek khusus untuk anak yang berbeda dibandingkan dengan produk lainnya, terutama dalam hal cara penggunaannya. Produk yang satu ini terbuat dari bahan dasar utama yakni minyak esensial yang diproses dengan cara diekstrak dengan menggunakan berbagai bahan alami.

Cara penggunaannya pun terbilang sangat mudah, yakni hanya dengan mengoleskan obat Cessa Cough & Flu ke bagian tubuh si kecil. Oleskan pada bagian  dada dan punggung secara perlahan dan lembut, aroma terapi dan efek hangat dari produk ini bisa menyembuhkan sakit batuk dan pilek yang diderita si kecil.

Itulah tadi ulasan mengenai beberapa rekomendasi obat batuk pilek untuk Bayi, semoga ulasan informasi diatas bisa bermanfaat untuk anda yang membacanya.

sumber referensi ; https://rey.id/blog/kesehatan/penyakit/10-rekomendasi-obat-batuk-pilek-bayi-terjamin-aman/