Jakarta PPKM Level 3, Simak Status dan Aturan Baru Ganjil Genap

DKI Jakarta kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 mulai 15 Februari hingga 21 Februari mendatang.

Pemerintah menerapkan sejumlah kebijakan selama penerapan PPKM Level 3 ini. Salah satunya terkait dengan aturan ganjil-genap di tempat wisata.

Aturan ini tercantum dalam SK Kadishub DKI Jakarta Nomor 80 tahun 2022. SK tersebut ditekan oleh Kadishub DKI Syafrin Liputo pada 14 Februari 2022.

Lalu bagaimana status PPKM di Jakarta? Bagaimana juga aturan baru ganjil genap di tempat wisata? Simak aturan terbarunya berikut ini.

Seperti diketahui sebelumnya, Jakarta kini masih berada dalam status PPKM Level 3. Penetapan ini mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3,2,1 COVID-19 di Wilayah Jawa dan Bali.

Baca juga:  Viral! Kulit Perempuan Ini Melepuh Saat Positif Covid-19 dan Minum Obat, Apa Penyebabnya?

Selain status PPKM Jakarta, Inmendagri tersebut juga menetapkan sejumlah aturan mengenai kunjungan lokasi wisata selama PPKM Level 3.

Berikut aturan kunjungan lokasi wisata di Jakarta, di antaranya meliputi:

  1. Dibuka dengan kapasitas maksimal 50%
  2. Mengikuti protokol kesehatan yang diatur oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Kementerian Kesehatan
  3. Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai
  4. Anak usia di bawah 12 (dua belas) tahun wajib didampingi orang tua, khusus untuk anak usia 6 (enam) tahun sampai dengan 12 (dua belas) tahun wajib menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama

Selain ditiadakan di lokasi wisata, aturan ganjil-genap juga tak berlaku bagi kendaraan tenaga kesehatan. Aturan itu disebutkan termasuk bagi para nakes yang melakukan mobilitas dengan kendaraan pribadi.

Baca juga:  Heboh, Ibu Bunuh Anak Kandung di Brebes, Ini Faktanya

“Kalau mereka disetop sama polisi, tunjukin aja suratnya,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi, Selasa (15/2/2022).

Lebih lanjut Sambodo mengatakan, jika ada kendaraan nakes yang terkena tilang, para nakes cukup menunjukkan tanda identitas sebagai nakes untuk membatalkan tilang tersebut. “Nanti silakan konfirmasi dengan menunjukkan ID nakes,” ujarnya lebih lanjut.

 

Sumber:

https://news.detik.com/berita/d-5948127/jakarta-ppkm-level-berapa-simak-status-dan-aturan-baru-ganjil-genap/1