Catat! Berikut Jadwal SNMPTN dan SBMPTN Tahun 2022.

Sumber : latsolberbagi.com

Hot News! Pengumuman yang ditunggu-tunggu oleh pejuang perguruan tinggi akhirnya rilis juga. Apalagi kalau bukan jadwal SNMPTN dan SBMPTN 2022 yang telah resmi diumumkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada Rabu (1/12/2021).

Oke, kita bahas satu persatu terlebih dahulu. Dimulai dari jadwal SNMPTN.

SNMPTN atau yang biasa kita kenal dengan jalur undangan adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan dengan merujuk pada hasil penelusuran prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa yang akan mendaftar. 

Penilaiannya sendiri dilihat dari kompetensi sekolah dan prestasi siswa, diantaranya ialah akreditasi sekolah, nilai rapor, dan persyaratan lain sesuai dengan perguruan tinggi negeri yang dipilih.

Nah, jalur SNMPTN juga memiliki beberapa rangkaian nih. Pertama yaitu dimulai dengan sosialisasi PDSS. 

Apasih PDSS?

PDSS adalah basis data yang berisi rekan jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang memenuhi syarat untuk mendaftarkan dirinya dalam SNMPTN.

Coba simak gambar timeline jadwal SNMPTN 2022 di bawah ini !

Baca juga:  Pembahasan Seputar Peta Konsep Gelombang Bunyi
                                                    Sumber : LTMPT

 

Setelah mengetahui kapan tahapan-tahapan SNMPTN yang harus dilalui pada tahun ini, sebagai siswa yang akan mendaftar juga wajib mengetahui apa aja persyaratan sekolah dan siswa yang akan lolos dalam seleksi jalur undangan ini. 

Persyaratan sekolah :

  1. SMA/MA/SMK yang memiliki NPSN
  2. Ketentuan Akreditasi:
  • Akreditasi A: 40% terbaik di sekolahnya
  • Akreditasi B: 25% terbaik di sekolahnya
  • Akreditasi dan lainnya: 5% terbaik di sekolahnya
  1. Mengisi PDSS. data siswa yang diisikan hanya yang eligbel sesuai dengan ketentuan.

Ketentuan seperti apa?

  1. Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (12) pada tahun 2022  yang memiliki prestasi unggul (memiliki prestasi akademik dan memenuhi syarat yang ditentukan oleh masing-masing PTN)
  2. Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS
  3. Memiliki nilai rapor semester 1 sampai dengan 5 yang telah diisikan di PDSS

Setelah dirasa bahwa diri telah memenuhi syarat untuk mengikuti SNMPTN dan mengetahui jadwal seleksi, maka simak tahapan pendaftaran berikut ini :

Baca juga:  Diminta Pulang ke Indonesia oleh Jokowi, Ainun Najib Singgung Pendidikan Anak
                                                     Sumber : kedinasan.info

 

Sebagai siswa yang hendak mendaftar, alangkah baiknya jika selalu up to date dalam mencari informasi perihal apapun yang berkaitan dengan SNMPTN. Dikarenakan terkadang jadwal akan mengalami perubahan.

Selain SNMPTN, seleksi yang selalu digadang-gadangkan dan tentunya siswa akan mempersiapkan secara matang bahkan hingga banyak instansi lembaga pembelajaran yang memberikan jasa pendambingan belajar untuk sukses pada seleksi ini. Apasih nama seleksinya. Ya betul UTBK SBMPTN

UTBK SBMPTN adalah seleksi masuk kejuruan tinggi melalui tes tulis berbasis komputer. Jika berjalan sesuai rencana, UTBK SBMPTN akan dilaksanakan pada bulan Mei 2022 mendatang dengan tahapan yang sama seperti tahun sebelumnya, yakni akan digelar dalam dua gelombang dengan dua sesi, yaitu pagi dan siang.

Tahun 2022 akan ada 74 pusat UTBK PTN yang tersebar di seluruh Indonesia untuk menjadi tuan rumah UTBK SBMPTN tahun 2022.

Sudah siap? Jika sudah, simak jadwal UTBK SBMPTN di bawah ini yuk.

Baca juga:  Apa Itu Teks Fiksi? Temukan Pengertian, Ciri, dan Unsurnya
                                               Sumber : medcom.id

 

Selain mengetahui jadwal pelaksanaan, siswa yang akan mendaftar juga harus mengetahui syarat-syarat untuk dapat lolos seleksi pendaftaran UTBK SBMPTN, apa saja sih? 

  1. Memiliki akun LTMPT yang sudah permanen
  2. Siswa SMA/MA/SMK kelas 12 tahun 2022 atau peserta didik paket C tahun 2022 dengan umur maksimal 25 tahun (per Juli 2022)
  3. Lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2022 dan 2021 atau lulusan paket C tahun 2020 dan 2021 dengan umur maksimal 25 tahun. Bagi lulusan SMA dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disertakan
  4. Tidak lulus jalur SNMPTN 2020,2021, dan 2022
  5. Mengetahui persyaratan tes peserta
  6. Hasil UTBK hanya berlaku untuk penerimaan tahun 2022 saja
  7. Membayar biaya UTBK melalui Bank yang bekerja sama.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah resmi mengumumkan jadwal SNMPTN dan SBMPTN 2022 pada Rabu (1/12/2021). Pengumuman yang ditunggu-tunggu oleh pejuang perguruan tinggi akhirnya rilis juga. 

Semoga beruntung.

Sumber rujukan : https://ltmpt.ac.id/?mid=9