Istilah di TikTok yang Harus Kamu Ketahui

Pixabay.com

Buat para pengguna TikTok mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah-istilah yang ada di TikTok. Nah buat para pengguna TikTok yang baru saja terjun ke aplikasi ini, pasti belum tau kan istilah-istilah yang sering digunakan anak-anak TikTok.

Nah berikut ini istilah-istilah dalam TikTok yang harus kamu ketahui.

FYP

Istilah FYP mungkin tidak asing lagi ya kita dengar. Sebab FYP adalah salah satu istilah yang sering digunakan oleh pengguna TikTok. FYP sendiri merupakan singkatan dari frasa For Your Page. Yang artinya video rekomendasi dari TikTok yang berada pada kolom For You. Nah kolom ini berada di halaman depan TikTok. Jadi saat pertama kali membuka aplikasi kita akan langsung disuguhkan dengan konten-konten FYP. Biasanya konten FYP memiliki jumlah interaksi yang banyak atau sedang trending.

Duets

Duets merupakan salah satu fitur di TikTok yang sering digunakan. Dengan fitur ini kita dapat berkolaborasi dengan konten kreator lain. Tampilan video akan dibagi menjadi dua seolah-olah kita sedang berinteraski dengan konten kreator lain.

Stitch

Hampir mirip dengan Duets, Stitch adalah fitur di TikTok yang memberikan layanan kepada kita untuk menanggapi konten dari kreator lain. Nah kalo dengan Duets kita bakal tampil bersebelahan dengan konten lain, sedangkan dengan Stitch konten lain akan ditampilkan terlebih dahulu baru video tanggapan kita. Biasanya fitur ini digunakan untuk memberikan respon atas konten orang lain.

Baca juga:  Harun Masiku Trending Topik Twitter Karena Pernyataan Ketua KPK

Xyzbca

Xyzbca merupakan salah satu tagar yang juga populer di TikTok. Penggunaan tagar ini hampir sama dengan FYP. Biasanya para pengguna TikTok menggunakan tagar ini agar konten mereka memiliki kesempatan untuk masuk halaman For You.

IB

What Does "ib" Mean On TikTok - YouTube
YouTube.com

Istilah IB biasa digunakan dalam kolom caption. IB sendiri merupakan singkatan dari Inspiration By yang artinya inspirasi dari. Penggunaan IB pada caption biasanya digunakan jika kita membuat video challenge atau video yang terinspirasi dari konten kreator lain. Makannya peggunaan istilah ini biasanya dibarengi dengan menandai akun konten kreator lain.

VT

VT meruapakan singkatan dari Video TikTok. Artinya video yang dibuat atau dipublikasikan di aplikasi TikTok.

CEO

Jika pada umumnya istilah CEO biasa digunakan untuk menyebut orang yang memiliki jabatan tertinggi di sebuah perusahaan, beda lagi jika di TikTok. Istilah CEO digunakan untuk menyebut seseorang yang ahli pada bidang tertentu. Misalnya ahli pada musik, dance, mukbang, games, dan lain-lain.

DC

Arti dari isitilah DC dalam caption biasanya tergantung dari konteks kalimat dan video yang ditampilkan. Sebab DC memiliki banyak arti, diantaranya don’t care, disconnection, delete contact, dan dance. Untuk istilah DC yang berkaitan dengan dance dapat digunakan untuk video tentang dance, dance compilation, dance cover, atau dance challenge.

RP, CP, dan RL

Terdapat beberapa fitur dan filter di TikTok yang bisa membuat penggunanya seolah sedang bermain peran. Nah untuk mendeskripsikan video seperti itu biasanya digunakan istilah RP atau role play / roleplayer, yang artinya sedang bermain peran. Istilah CP merupakan singkatan dari couple atau pasangan. Biasanya digunakan ketika pengguna bermain peran dengan idolanya. Sedangkan RL berarti real life atau kehidupan nyata.

Baca juga:  Heboh Pembakaran Alquran di Swedia, Dikecam MUI

Creator

Istilah Creator biasanya digunakan untuk menyebut orang-orang yang membuat konten TikTok. Biasanya orang-orang menyebutnya sebagai content creator.

Discovery Page

Discover more of what you love on TikTok | TikTok Newsroom
newsroom.tiktok.com

Discovery Page merupakan kolom di TikTok yang hampir sama dengan Explore di Instagram. Bedanya jika di kolom Discovery Page kita dapat melihat hashtag-hashtag yang sedang trending di TikTok dan banner-banner iklan yang sedang promosi.

Drafts

Drafts merupakan salah satu fitur di TikTok yang digunakan untuk menyimpan video yang sudah kita buat. Jika kita ingin membut video TikTok dan tidak ingin atau belum ingin mempublikasikannya, kita bisa menyimpan video tersebut ke fitur drafts. Kita hanya perlu klik “Save as Draft” setelah selesai mengedit video.

Baca juga:  Heboh Rambut Baru Jennie BLACKPINK, Netizen Sebut Tak Cocok

POV

POV merupakan singkatan dari point of view. Biasanya digunakan untuk video yang mengarahkan penonton dari suatu sudut pandang. Misalnya penggunaan “POV Punya Pacar Galak”. Maka penonton akan disuguhkan video dari sudut pandang seseorang yang memiliki pacar galak.

Template

Tempale merupakan kerangka video yang biasanya sudah disediakan TikTok. Dengan menggunakan template kita dapat membuat video yang menarik dengan mudah.

Q&A

Q&A merupakan salah satu fitur di TikTok yang bisa membuat kita aktif berinteraksi dengan followers. Dengan fitur ini, followers kita dapat memberikan pertanyaan dan dapat kita jawab melalui konten. Biasanya fitur ini sering digunakan oleh konten kreator besar, sehingga mereka bisa membagikan ilmu mereka dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di konten.

Check

Istilah Check sering digunakan oleh para pengguna TikTok. Biasanya digunakan dalam video yang bertujuan memperkenalkan atau mendeskripsikan sesuatu. Misalnya “Tas Sekolah Check”, artinya video akan mengecek isi dari tas sekolah.

Report

Report adalah fitur TikTok yang dapat kita gunakan untuk melaporkan aktivitas, kata-kata, atau konten yang dianggap tidak layak dan menimbulkan efek negatif. Misalnya pelecehan, cyberbullying, rasisme, dan lain-lain.

 

Sumber:

Saptoyo, Rosy Dewi Arianti. 2021. “Arti FYP, Xyzbca, hingga Stitch, Ini Daftar Istilah di TikTok”. https://www.kompas.com/tren/read/2021/08/07/144500565/arti-fyp-xyzbca-hingga-stitch-ini-daftar-istilah-di-tiktok?page=all.

Ismail, Jesika. 2021. “15 Istilah Dalam TikTok Yang Wajib Kamu Ketahui”. https://studioantelope.com/istilah-dalam-tiktok-yang-wajib-kamu-ketahui/.