Intip 8 Alasan Mengikuti Kepanitiaan di Kampus, Mahasiswa Wajib Tahu!

OMTELOLET – Setiap perguruan tinggi memiliki acara yang memberikan kesempatan kepada mahasiswanya dalam kepanitiaan. Yuk, simak alasan mengikuti kepanitiaan di kampus yang wajib diketahui.

Alasan mengikuti kepanitiaan kampus tentunya berkaitan dengan manfaat yang akan diperoleh oleh mahasiswa. Manfaat tersebut berkaitan dengan softskills dan hardskills yang akan menunjang kemampuan mahasiswa.

Berikut ini adalah alasan mengikuti kepanitiaan di kampus.

1. Menambah relasi

Selain menambah soft skills, bergabung dalam sebuah kepanitiaan sangatlah bermanfaat untuk menambah jaringan relasi pertemananmu. Pasalnya, kamu dapat lebih banyak bertemu dengan orang dan menghadapi berbagai karakter mereka.

Menambah relasi tentu saja membuatmu semakin banyak berdiskusi atau bertukar pikiran dengan teman-teman. Mengasah kemampuan berkomunikasi, diskusi, dan tentu saja wawasanmu semakin luas. Kamu juga dapat memiliki kesempatan untuk saling bekerja sama dan bertukar ilmu.

Baca juga:  Dari Masa Kejayaan Hingga Runtuh, Begini Sejarah Kerajaan Kutai Secara Singkat

2. Belajar ilmu baru

Kamu bisa belajar keterampilan atau ilmu baru yang sebelumnya kamu belum ketahui. Salah satu yang lebih penting adalah keterampilan dalam bekerja sama dengan tim, disiplin, atau keterampilan lain yang ingin kamu pelajari seperti marketing, kewirausahaan, sponsorship yang mana bidang-bidang tersebut sangat berhubungan dengan orang lain.

Ketika kamu bergabung dalam kepanitiaan dan memilih salah satu divisi, kamu juga dapat menemukan minat dan bakatmu yang sebelumnya belum kamu ketahui sama sekali.

3. Memiliki pengalaman

Sebuah kepanitiaan merupakan hal yang wajib kamu ikuti untuk menambah pengalaman bekerja secara tim.

Pengalaman inilah yang akan membantumu memberikan nilai tambahan pada sebuah curriculum vitae untuk melamar pekerjaan setelah lulus kuliah nanti.

Kamu bisa menuliskan pengalaman tersebut dan memberikan penjelasan projek yang telah kamu tangani sebelumnya.

4. Mendalami minat dan bakat

Jika kamu sudah menemukan minat dan bakatmu, bergabung dalam sebuah kepanitiaan dan masuk dalam divisi tertentu yang mendukung minat dan bakatmu akan membuat dirimu semakin banyak belajar ilmu tersebut.

Baca juga:  Inilah Contoh Life Plan Mahasiswa yang Kreatif, Coba Praktikkan!

Misalnya, kamu memiliki minat dan bakat dalam desain kamu bisa masuk tim divisi desain untuk lebih belajar mengenai desain dan tentu saja menambah portfoliomu. Kamu lebih banyak mengerjakan projek secara optimal untuk mendukung acaramu lebih menarik.

5.Belajar mengatur waktu

Bergabung dalam sebuah kepanitiaan artinya kamu diwajibkan untuk mematuhi segala peraturan yang terdapat dalam sebuah kepanitiaan tersebut seperti rutin datang rapat secara tepat waktu.

Hal inilah membuat kamu untuk melatih kedisiplinan dan datang pada tepat waktu. Untuk kamu yang cukup sering molor datang, bergabung dalam kepanitiaan membuatmu akan belajar cara menghargai waktu dan bergerak cepat dan tepat.

6. Siap dalam menghadapi masalah

Alasan mengikuti kepanitiaan ialah membuat kamu lebih siap dalam menghadapi berbagai masalah. Sebuah kepanitiaan sudah pasti akan menghadapi berbagai problematika internal maupun eksternal yang menghampiri.

Baca juga:  Rumus Setengah Lingkaran dan Contoh Soal

Setelah kamu bergabung dalam sebuah kepanitiaan, dirimu akan lebih bersiap dalam menghadapi berbagai masalah khususnya dalam kehidupan sehari-hari.

7. Memiliki simpati dan empati yang tinggi

Bekerja secara tim dan berhadapan dengan berbagai karakter membuatmu harus sedikit demi sedikit memahami seseorang. Dalam bekerja secara tim tentu saja satu sama lain akan membutuhkan dan saling membantu.

Kamu tidak boleh apatis dan masa bodo karena sebuah kepanitiaan butuh para anggota yang solid dan bekerja sama dengan baik. Hal tersebutlah yang akan melatih simpati dan empatimu.

8. Kesempatan meraih beasiswa

Pengalaman mengikuti kepanitaan inilah yang akan mendukung curriculum vitae mu. Ketika kamu ingin mencari sebuah beasiswa atau mengukiti program sejenisnya tentu saja akan melewati beberapa tes dan tahap seleksi yang mana rekruter akan menanyakan tentang pengalamanmu berorganisasi maupun mengikuti kepanitiaan di kampus.

Jika kamu memiliki pengalaman yang menarik dalam kepanitiaan, hal tersebut sangat mendukung dirimu memiliki kesempatan untuk diterima beasiswa yang sedang kamu daftar.

Nah, itulah alasan mengikuti kepanitiaan di kampus yang wajib diketahui oleh mahasiswa. Semoga bermanfaat ya.