Inilah Review Lengkap Ruangguru Vs Zenius, Mana Pilihan Kamu?

OMTELOLET – Ruangguru dan Zenius merupakan bimbingan belajar online yang paling laris menjadi pilihan para pelajaran bahkan kalangan guru.

Pasalnya, Ruangguru dan Zenius memiliki banyak fitur dengan hasil inovasi pendidikan digital yang menarik. Lalu, pilih mana yang lebih baik? Cek review-nya berikut ini.

1. Kurikulum di Ruangguru dan Zenius.

Jika membandingkan antara Ruangguru dan Zenius dari sisi kurikulum, maka Ruangguru tampak lebih unggul dalam tingkat SD dan SMP. Di tingkat SMP, Ruangguru lebih unggul karena menawarkan K-13 Revisi sebagai basis pembelajaran yang bisa dipilih.

Di tingkat SD, basis kurikulum yang digunakan oleh Zenius tidak ditawarkan. Sementara itu, Ruangguru dengan jelas menawarkan ketiga kurikulum tersebut plus K-13 Revisi Tematik sebagai basis pembelajaran yang bisa sobat pilih.

Jadi, Ruangguru lebih cocok dalam mendukung proses kegiatan pembelajaran karena sesuai dengan kurikulum yang ada di sekolah.

2. Video Pembelajaran di Ruangguru dan Zenius

Jika dilihat dari video pembelajarannya, konsep dari Ruangguru dan Zenius menunjukkan perbedaan yang tampak. Hal ini karena keduanya memiliki cara dan keunggulan masing-masing dalam penyampaian materinya.

Baca juga:  Mengetahui Apa itu Mustahik? Pengertian, Jenis dan Contohnya

Zenius lebih berfokus untuk membentuk pemahaman fundamental para siswanya atas materi yang disampaikan. Oleh karena itu, video pembelajaran yang ditawarkan oleh Zenius lebih banyak menghadirkan penjelasan konseptual atas berbagai materi yang ada.

Selain itu, fitur-fitur canggih kekinian yang ditawarkan oleh Ruangguru menciptakan tampilan visual yang menarik. Sejumlah video pembelajaran Ruangguru pun berhasil memvisualisasikan soal-soal cerita sehingga lebih mudah untuk dipahami.

Video pembelajaran di Ruangguru didukung oleh berbagai inovasi yang kreatif, misalnya ilustrasi, kartun, dan motion graphic sehingga materi yang disampaikan menjadi tidak membosankan.

3. User Interface/User Experience (UI/UX) di Ruangguru dan Zenius

UI adalah bagaimana tampilan sebuah website/aplikasi jika dilihat oleh pengguna, sedangkan UX adalah bagaimana performa sebuah website/aplikasi ketika digunakan oleh pengguna. Keduanya menjadi pertimbangan dalam memilih tampilan aplikasi dari bimbel online.

Di tingkat UI, Zenius memiliki tampilan yang lebih minimalis di dalam aplikasinya dengan dominasi warna putih. Warna ungu dan kuning pun dipilih sebagai warna lain yang menghiasi aplikasi ini. Warna-warna yang digunakan di dalam aplikasi Zenius cenderung lebih lembut dan tidak mencolok ketimbang kompetitornya.

Di lain sisi, Ruangguru memiliki tampilan yang lebih colorful di dalam aplikasinya. Meskipun juga memilih warna putih sebagai background, tetapi ikon-ikon di Ruangguru menggunakan beragam gradasi warna yang membuatnya terlihat lebih mencolok. Sisi positifnya adalah hal itu membuat tampilan pada aplikasi Ruangguru menjadi tidak membosankan untuk dipandang.

Baca juga:  Inilah 25 Sekolah Kedinasan Perikanan, Lulus Langsung Kerja!

Sementara itu, dari segi UX, kedua aplikasi ini punya performa yang baik dan tidak membuat gawai penggunanya cepat panas.

4. Pengajar di Ruangguru dan Zenius

Pengajar dari Zenius tidak hadir secara fisik di dalam video pembelajaran itu. Para pengajar memberikan penjelasan melalui suara yang dibantu dengan papan tulis virtual.

Di lain sisi, video pembelajaran Ruangguru lebih menunjukkan kegiatan pembelajaran yang ada di kelas. Hal ini karena tutor yang hadir lengkap dengan papan tulis untuk menyampaikan materi yang akan dipelajari.

5. Harga Paket di Ruangguru dan Zenius

Berikut ini adalah daftar paket unggulan yang ditawarkan oleh Ruangguru dan Zenius.

Ruangguru

1. Paket RuangBelajar: Rp250.000—Rp2.800.000

Akses video pelajaran, rangkuman modul bimbel dan soal latihan.

2. Paket 1 tahun kelas 1—12: Rp1.350.000

3. Paket 2 tahun kelas 1—12: Rp2.200.000

4. Paket 3 tahun kelas 1—12: Rp2.800.000

5. Paket 1 bulan kelas 1—12: Rp250.000

6. Paket 1 tahun SMA/SMK + SBMPTN: Rp2.200.000

7. ruangbelajar Plus: Rp2.755.000—Rp5.175.000

Akses live streaming, materi lengkap ruangbelajar, tutor stand-by, try out eksklusif, dan konsultasi gratis.

8. Paket 1 tahun kelas 6: Rp2.755.000

Baca juga:  Bagaimanakah Proses Terjadinya Gerhana Matahari?

9. Paket 1 tahun SMP-SMA: Rp3.565.000

10. Paket 1 tahun SMA + SBMPTN: Rp5.175.000

Di samping layanan ruangbelajar, Ruangguru punya banyak layanan lainnya, yakni:

  • ruangbelajar Plus: fitur yang mendukung Anda bisa belajar online dari rumah dengan mengakses pelajaran dari laptop atau PC
  • ruangles & ruangles Online: fitur untuk membantu Anda bisa belajar dan membahas soal-soal pelajaran melalui live chat
  • Ruang Kelas: salah satu platform belajar dari Ruangguru yang menyediakan layanan sistem kelola pembelajaran jarak jauh untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar guru dan murid secara daring
  • Brain Academy: bimbingan belajar live interaktif dengan Star Master Teacher Ruangguru, baik secara online maupun offline serta kelas offline sudah tersedia di kota-kota besar di Indonesia

Zenius

1. Zenius Aktiva Sekolah (Kelas 1—12): Rp1.450.000

Akses video pembahasan konsep dan materi, video pembahasan soal dan soal latihan.

2. Zenius Aktiva UTBK: Rp2.300.000

Akses video pembahasan konsep dan materi, video pembahasan soal, video pembahasan UTBK dan soal latihan.

3. Zenius Optima (Kelas 10—12): Rp6.000.000

Kelas live semua pelajaran, kelas live IPA dan IPS, semua fitur Aktiva Sekolah dan tonton ulang rekaman kelas.

4. Zenius Ultima (Kelas 12 + UTBK): Rp9.000.000

Kelas live semua pelajaran, kelas live UTBK, semua fitur Aktiva Sekolah, Aktiva UTBK serta Optima dan tonton ulang rekaman kelas.

Jika dilihat dari segi harga, Ruangguru lebih menawarkan harga paket yang terjangkau dengan beragamnya fitur dan fasilitas yang tersedia.

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai Ruangguru dan Zenius. Sudahkah kamu menentukan yang menjadi pilihanmu? Semoga bermanfaat yang informasinya.