Inilah Program Model United Nations (MUN), Mahasiswa HI Wajib Tahu!

OMTELOLET – Model United Nations (MUN) sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa Hubungan Internasional (HI). Yuk, cari tahu tentang MUN selengkapnya berikut ini.

MUN berperan sebagai program yang meningkatkan dan keahlian berdiplomasi. Program tersebut tidak hanya bisa diikuti oleh mahasiswa HI tetapi juga siapa saja dari tingkat universitas apa pun bisa bergabung dalam program MUN.

Apa itu MUN?

MUN merupakan program simulasi sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Program ini merupakan perkumpulan dari beberapa pelajar yang terpilih untuk melakukan simulasi sidang PBB.

Di program MUN, simulasi sidang PBB meliputi bagaiman cara berdiplomasi dan menjadi representasi suatu negara, institusi, atau figur, mirip seperti yang dilakukan para diplomat.

Baca juga:  Rumus Peluang dan Cara Menghitungnya

Apa saja yang Dilakukan di MUN?

Para anggota yang tergabung di dalam MUN juga dilatih mengenai berbagai hal. Misalnya, membuat rancangan yaitu draft resolution yang berisi dokumen kesepakatan bersama yang isinya mengenai berbagai solusi hasil diskusi sidang.

Selain itu, akan ada berbagai rangkaian acara dan code of conduct yang mirip dengan UN, termasuk dengan bahasa yang digunakan, pakaian yang digunakan, juga akan kamu ikuti layaknya seorang diplomat sungguhan.

Dalam sidang atau kegiatan yang ada di program MUN ini, menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasinya. Sehingga mahasiswa yang bergabung di dalamnya harus mahir berbahasa Inggris, baik secara lisan maupun tulisan.

Apa saja yang Dibahas dalam Program MUN?

Secara garis besar, para anggota akan berperan layaknya diplomat sungguhan atau perwakilan negara di dalam forum internasional. Mereka kemudian akan dibagi ke dalam berbagai dewan tertentu yang kemudian disebut councils.

Baca juga:  Bagaimana Cara Memainkan Alat Musik Tamborin? Ini Jawabannya

Councils yang terbagi tersebut akan membahas berbagai kasus dengan tema yang berbeda-beda, sama halnya seperti yang dilakukan di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Di dalamnya, juga terbagi atas organisasi Internasional yang berada di bawah naungan PBB, misalnya ASEAN, OKI, dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Mendaftar MUN?

Jika kamu tertarik untuk mengikuti berbagai program di dalam MUN, maka harus mengetahui bagaimana cara mendaftar menjadi anggota MUN. Berikut ini adalah cara Anda bisa mendaftar sebagai anggota MUN.

Pertama, kamu harus mencari informasi mengenai institusi mana yang mengadakan MUN. Selanjutnya, baca dan pahami betul mengenai syarat dan ketentuan mendaftar menjadi anggota MUN.

Di Indonesia, ada BMUN (Bandung), Indonesia MUN (Jakarta), JoinMUN (Yogyakarta), dan masih banyak lagi. Di tingkat internasional, ada Harvard MUN (Amerika Serikat), THIMUN (Belanda), LIMUN (Inggris), dll.

Baca juga:  Temukan Jawabannya Disini, Apa Itu Kalimat Efektif?

Setelah itu, kamu bisa melakukan pendaftaran sesuai dengan aturan dan ketentuan yang sudah ditetapkan. Jika proses pendaftaran selesai, kamu akan diarahkan untuk melakukan pembayaran.

Dan dalam waktu beberapa hari, kamu akan mendapat informasi mengenai alokasi negara dan juga councils, serta guidelines yang berlaku.

Namun yang perlu diketahui, dalam proses tahapan mengikuti MUN ini, kamu harus mengumpulkan position paper sebelum hari H konferensi atau sidang berlangsung. Namun ada juga beberapa konferensi atau sidang yang tidak mewajibkan anggotanya mengumpulkan position paper.

Sudah tahu kan sekarang tentang MUN? Jadi, kalau ingin menambah skill berbahasa inggris (lisan maupun tertulis), diplomasi, public speaking, kepemimpinan, ilmu HI, dll kalian wajib mencoba MUN.

Nah, itulah informasi lengkap mengenai program MUN. Semoga bermanfaat ya.