Inilah Pentingnya Belajar Bahasa Indonesia Dulu Baru Bahasa Asing

Dewasa ini, banyak orang tua yang sedari kecil membiasakan anaknya menggunakan bahasa asing, misalnya bahasa Inggris. Kemampuan seseorang dalam menguasai bahasa asing memang menjadi nilai plus, terutama di dunia kerja. Bahkan beberapa instansi atau perusahaan mengharuskan bahasa asing tertentu untuk dikuasai. Oleh sebab itu, banyak orang yang berlomba-lomba mempelajari bahasa asing, baik melalui kursus maupun otodidak.

Namun, mempelajari bahasa asing kadang menjadi fokus utama seseorang sampai lupa mempelajari bahasa ibu sendiri dalam hal ini bahasa Indonesia. Padahal, menguasai bahasa sendiri juga tidak kalah pentingnya dengan mempelajari bahasa asing.

Mengapa Mempelajari Bahasa Asing?

Mempelajari bahasa baru memang memberikan banyak manfaat. Manfaat paling utama adalah meningkatkan kinerja otak dalam mengingat serta fokus dan menambah wawasan. Selain itu, kamu juga bisa lebih mudah mengakses pengetahuan sebab tidak terbatas hanya memperoleh pengetahuan dari referensi menggunakan bahasa sendiri.

Baca juga:  Dari Bahan Alami, Ini Beberapa Obat Batuk yang Aman untuk Ibu Menyusui

Terlebih lagi saat ini, dapat berbicara dan mengartikan bahasa asing ke bahasa sendiri bisa menjadi poin plus untuk kamu saat melamar pekerjaan. Kamu juga bisa berkomunikasi dengan orang luar negeri misalnya melalui sosial media.

Pentingnya Belajar Bahasa Indonesia Dulu Baru Bahasa Asing

Terlepas dari pentingnya mempelajari bahasa asing, terlebih dahulu kamu perlu mempelajari bahasa yang kamu gunakan sehari-hari. Dengan mempelajari bahasa Indonesia, kamu bisa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Selain itu, secara tidak langsung kamu sudah ikut andil dalam melestarikan dan mengembangkan budaya sendiri.

1.Bahasa Indonesia adalah Bahasa Pemersatu Bangsa

Indonesia adalah negara yang memiliki begitu banyak bahasa di setiap daerahnya. Untuk itu, Bahasa Indonesia menjadi bahasa yang mempersatukan dari banyaknya bahasa yang ada tersebut. Hal ini akan membantu kamu dalam menyampaikan maksud yang akan disampaikan kepada orang lain.

Baca juga:  Tips Dampingi Anak Pra Sekolah Belajar Selama di Rumah

Belajar bahasa Indonesia dengan sungguh-sungguh akan meningkatkan kemampuanmu dalam berkomunikasi dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulisan. Sebab tak dapat dipungkiri, ketika kita masih berada dalam lingkup negara Indonesia, bahasa yang digunakan kebanyakan orang adalah bahasa Indonesia. Sehingga di banyak waktu, kamu masih akan mengemukakan pendapat dan berbicara dengan bahasa Indonesia.

2.Mudah Mempelajari Bahasa Baru

Alasan pentingnya mempelajari bahasa Indonesia dulu baru bahasa asing adalah agar kamu lebih bisa mudah mempelajari bahasa baru tersebut. Sebab, semakin banyak kata yang kamu pahami dalam bahasa Indonesia maka semakin banyak pula kata yang dapat kamu serap dalam bahasa asing.

Itulah penjelasan terkait pentingnya mempelajari bahasa Indonesia dulu baru bahasa asing. Sebagai generasi penerus bangsa, melestarikan bahasa Indonesia tentu harus dilakukan. Kalau bukan kita yang menjaganya, siapa lagi?