Inilah Daftar Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja, Mana Pilihan Kamu?

OMTELOLET – Jurusan kuliah yang dipilih akan menentukan masa depan. Sudahkah kamu memilih jurusan yang tepat?

Jurusan kuliah yang akan dipilih tentunya menjadi faktor utama kesuksesanmu di dunia kerja. Oleh karena itu, kamu bisa memilih jurusan kuliah berdasarkan minat maupun kemampuan yang ada di dalam diri.

Tidak perlu khawatir dan ragu-ragu untuk memilih jurusan. Di artikel ini akan dipaparkan daftar jurusan yang paling dibutuhkan di dunia kerja.

Dilansir dari laman lp3i.ac.id, berikut ini adalah daftar jurusan terbaik untuk masa depan.

1. Ilmu Komputer

Teknologi yang selalu berkembang dari waktu ke waktu tentunya membuka lapangan pekerjaan bagi lulusan Ilmu Komputer. Persaingan dalam dunia teknologi memang ketat, tetapi selalu ada jalan yang akan terbuka jika terus berusaha.

Jurusan ini membekali lulusannya dalam menciptakan usaha sendiri. Mulai dari membuat aplikasi ponsel pintar, membuat situs usaha, hingga membuka lapangan kerja bagi lulusan lain.

Lulusan Ilmu Komputer juga dapat menciptakan dan mengembangkan perangkat lunak. Software nantinya bisa menjadi nilai jual tersendiri serta memberikan penghasilan. Belum lagi, ketika perangkat pribadi mengalami kerusakan, kamu bisa melakukan servis sendiri sehingga tidak perlu memakai jasa dan mengurangi pengeluaran.

2. Teknik

Kuliah Teknik sangatlah luas dan diyakini sebagai jurusan dengan prospek karier paling menjanjikan. Beberapa jurusan yang bisa dipilih, antara lain, teknik mesin, teknik sipil, teknik elektro, teknik industri, teknik perminyakan, teknik nuklir, dan arsitektur. Terlebih, Indonesia saat ini benar-benar membutuhkan lulusan teknik sebanyak-banyaknya untuk kemajuan pembangunan negeri.

Baca juga:  Kira-kira Jurusan IPA SMA Bisa Jadi Apa Aja Ya?

Jurusan ini akan melatih mahasiswa menjadi karakter yang kuat, logis, dan pantang menyerah. Pelajaran yang menguras otak, praktikum yang berat, serta laporan tugas kuliah yang menumpuk akan menantang kamu dalam mengelola waktu dan tenaga dengan baik.

Selain itu, kuliah di jurusan teknik sampai sekarang masih menjadi favorit dan dapat menaikkan prestise.

3. Hukum

Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari jurusan Hukum. Mahasiswa Hukum dilatih untuk menjadi pribadi yang kritis dalam menghadapi segala situasi dengan membahas dan berdiskusi seputar isu-isu terkini. Selain itu, jurusan hukum mendorong perubahan karakter menjadi lebih tegas dan berani.

Nah, untuk prospek kariernya, lulusan Hukum selalu dibutuhkan karena setiap aspek kehidupan membutuhkan ahli hukum.

4. Desain

Prospek kerja bagi lulusan Desain sangat beragam. Sebut saja di antaranya adalah pekerjaan bidang industri kreatif, media, periklanan, dan teknologi. Pekerjaan pun tidak sebatas datang ke kantor. Kamu juga bisa bekerja di rumah atau freelance karena banyak yang membutuhkan jasa desain.

Jurusan Desain yang bisa kamu pilih, yakni Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, dan Desain Interior.

5. Tata Boga

Pencinta dunia kuliner bisa memilih jurusan yang satu ini. Tata Boga akan mengajarkan teknik penyajian hidangan dengan memperhatikan gizi, rasa, kualitas, dan estetikanya.

Mahasiswa Tata Boga juga akan mempelajari beragam masakan dari berbagai belahan dunia. Sebut saja masakan Indonesia, Barat, Asia Timur, Timur Tengah, atau Asia Tenggara.

Bukan hanya perempuan yang bisa belajar tata boga, bahkan laki-laki lebih banyak berkecimpung di dunia kuliner. Selain praktik, kamu juga harus memperhatikan berbagai teori seperti pengolahan dan penyajian masakan.

Baca juga:  Contoh Pidato Sambutan Ketua Terpilih yang Mudah

Mahasiswa dituntut untuk mengerjakan sesuatu secara teliti, bisa bekerja sama dengan tim, dan senang melakukan riset. Prospek kariernya meliputi koki, baker, juru masak kue, bartender, maupun barista.

6. Perhotelan dan Pariwisata

Perhotelan dan Pariwisata menjadi salah satu jurusan kuliahyang banyak digemari serta memiliki peluang besar di masa depan.

Pada dasarnya, jurusan ini mengajarkan tentang ilmu yang terkait dengan penginapan, restoran, dan objek wisata. Kuliah di jurusan Perhotelan dan Pariwisata tidak akan membuat bosan dan cocok untuk orang-orang yang hobi traveling.

Prospek kerjanya pun tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga termasuk perusahaan berkelas di luar negeri. Pergantian karyawan di industri pariwisata dan perhotelan bisa dibilang lebih cepat dibanding industri lain.

Namun, apabila berkembang di satu tempat kerja dalam waktu yang lama dan memiliki performa baik, bukan hal yang mustahil untuk naik jabatan. Kamu dapat menjadi manajer restoran, manajer pemasaran acara, atau manajer pemasaran kamar.

7. Bisnis

Jurusan ini tidak hanya memberikan pengetahuan luas di bidang bisnis, lo. Kamu juga akan mendapatkan kesempatan untuk mengeluarkan ide-ide cemerlang dan mempraktikannya. Misalnya, kamu mengadakan proyek untuk membuat usaha atau bisnis kecil. Pengalaman inilah yang dapat melatih diri sendiri untuk belajar mengelola bisnis dengan benar.

Selain itu, jurusan ini dapat meningkatkan kemampuan kamu dalam berkomunikasi dan mengatur keuangan. Dalam dunia bisnis, tentunya seseorang akan dihadapkan pada negosiasi yang membutuhkan keahlian komunikasi. Termasuk juga melakukan presentasi, menyampaikan riset, atau melakukan praktik kerja yang membuat kamu lebih siap bersaing di dunia nyata.

Baca juga:  Menjanjikan! Inilah 14 Prospek Kerja Jurusan Bisnis dengan Gaji Besar

Belum lagi, prospek kerjanya sangat luas, mulai dari konsultan, manajer, perdagangan, hingga perbankan.

8. Seni

Jurusan yang satu ini sering kali dianggap remeh oleh para orang tua. Banyak dari mereka berpendapat bahwa jurusan ini tidak menjamin masa depan yang cerah. Hal ini salah kaprah karena jurusan seni sangat dibutuhkan di Indonesia yang saat ini masih krisis orang-orang kreatif.

Seni sangat cocok untuk orang-orang yang tidak terlalu suka dengan teori dan lebih memilih praktik. Kuliah di jurusan seni dituntut untuk berpikir kritis dan mampu mengeluarkan ide-ide yang cemerlang.

Bagi kamu yang malas berkutat dengan perhitungan angka, jurusan ini bisa dipertimbangkan. Prospek kerjanya meliputi pelukis, pengajar bidang seni, entrepreneur, ilustrator, atau desainer interior.

9. Kedokteran

Prospek kerja di dunia kesehatan memang selalu terbuka lebar sejak dahulu. Meskipun masa pendidikannya lebih lama dibandingkan jurusan lain, peluang di masa depan sangat menjanjikan.

Mulai dari menjadi dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi, dokter hewan, peneliti, dosen, hingga kepala rumah sakit. Belum lagi, penghasilan yang didapatkan biasanya tergolong besar.

Kedokteran merupakan jurusan yang berkembang pesat dan seimbang dengan kemajuan teknologi saat ini. Jadi, bukan berkutat dengan ilmu kesehatan saja, tetapi juga harus menyelaraskan dengan teknologi yang sedang dikembangkan.

Selain itu, bagi Anda yang memiliki jiwa penolong dan senang merawat orang lain, jurusan ini sangat direkomendasikan.

Nah, itulah daftar jurusan yang bisa menjadi pertimbangan dan rekomendasi buat kamu dalam memilih jurusan. Semoga bermanfaat ya.

 

 

Sumber:

Jurusan Kuliah yang Tepat untuk Masa Depan