Inilah 7 Organisasi Luar Kampus yang Menarik, Mana Pilihan Kamu?

OMTELOLET – Ada baiknya sebagai mahasiswa, kamu bisa memanfaatkan perkuliahan dengan aktif terjun ke organisasi. Pasalnya, organisasi kampus maupun luar kampus bisa jadi wadah kamu untuk meningkatkan kemampuan hardskill dan softskill.

Selain kemampuan hardskill dan soft skill, kamu akan menemukan jaringan pertemanan yang luas bahkan di luar organisasi kampus.

Berbagai organisasi tersedia untuk diikuti mahasiswa. Berikut ini adalah daftar organisasi luar kampus yang bisa kamu ikuti.

1. AIESEC

Berdiri sejak tahun 1948, AIESEC kini menjadi organisasi mahasiswa terbesar di dunia. Organisasi ini bertujuan untuk mengembangkan potensi kepemimpinan pemuda. AIESEC memilki tiga program internasional dan lokal.

Program internasionalnya yaitu Global Talent, Global Teacher, dan Virtual Professional Program (VPP / Program magang internasional). Sedangkan program lokalnya untuk di Indonesia sendiri ada Local Intership (magang), Aiesec Future Leader (program untuk mengembangkan kepemimpinan), dan Local Project (proyek yang berhubungan dengan SDG).

Baca juga:  Bagaimana Proses Terjadinya Gerhana Bulan?

AIESEC Indonesia kini sudah ada di tiga kota besar yaitu Bandung, Semarang, dan Surabaya, serta 26 universitas yang tersebar di seluruh Indonesia.

2. Young on Top (YOT)

Berawal dari sebuah buku hingga menjadi perusahaan dan organisasi, Young on Top atau yang biasa disingkat YOT sekarang sudah memiliki 60 ribu anggota organisasi yang tersebar di 24 kota seluruh Indonesia.

YOT bertujuan untuk memotivasi anak muda untuk meraih kesuksesannya di usia muda. YOT melakukan banyak kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, YOT juga aktif dalam membuat konten yang bermanfaat di akun YouTube mereka.

3. Youth of Indonesia (YOI)

Youth of Indonesia atau YOI merupakan organisasi yang didirikan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda pada tahun 2016 oleh Chelsea Islan, Billy Esratian, dan Aditya Percaya.

Baca juga:  Proses Pembuatan Gula Pasir, Begini Tahapannya

Tujuan dari komunitas ini adalah untuk meningkatkan kesadaran generasi muda Indonesia dalam hal pendidikan, membuat kegiatan-kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi Indonesia.

Tiga acara yang selalu mereka adakan adalah workshop, speaker event, dan webinar yang tujuannya untuk membangun kepercayaan diri generasi muda.

4. StudentCatalyst

StudentCatalyst menjadi platform mahasiswa untuk saling terhubung dan berbagi pengalaman. Mereka menyediakan fasilitas online class dengan para speaker yang berpengalaman di bidangnya.

Alumni dari StudentCatalyst banyak diterima dan bekerja di perusahaan-perusahaan multinasional dan internasional lho.

5. StudentxCEOs

StudentxCEOs adalah organisasi mahasiswa yang bertujuan untuk menyiapkan para pemimpin Indonesia di masa depan.

Organisasi ini menyiapkan berbagai program untuk mempersiapkan para future leaders seperti StudentxCEOs Summit, SxC Training, Meet the CEO, dan lainnya.

Dengan adanya sharing session antara anak muda dengan pendiri perusahaan atau CEO, organisasi ini tentunya sangat menarik untuk mahasiswa yang ingin terjun ke dunia bisnis, atau yang ingin mengembangkan jiwa kepemimpinan.

Baca juga:  Jurusan di Fisip UI Apa Saja? Cek Daftarnya Disini

6. Inovator Nusantara

Inovator Nusantara merupakan organisasi kepemudaan nasional agar pemuda semakin eksistensi dalam memberikan karya nyata untuk Indonesia, khususnya dalam hal pengimplementasian 17 Global Goals di Indonesia.

Organisasi ini juga merupakan rekan resmi dari program Sustainable Development Network Youth (SDSN) yang diluncurkan oleh Sekjen PBB, untuk memobilisasi kegiatan-kegiatan anak muda dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

7. Foreign Policy Community of Indonesia

Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) adalah organisasi politik luar negeri non-partisan, non-politik dan independen yang didirikan untuk membahas dan memperkenalkan isu-isu hubungan internasional ke seluruh nusantara, hingga diplomat, duta besar, pejabat pemerintah, akademisi, peneliti, bisnis, media, dosen, mahasiswa, serta media.

FPCI bertekad untuk membentuk komunitas hubungan internasional yang besar dengan wawasan yang matang dan sensitif tentang isu-isu bilateral, regional maupun global.

Nah, itulah daftar organisasi luar kampus yang bisa kamu ikuti. Semoga bermanfaat ya.