Inilah 7 Manfaat Membaca Buku untuk Kesehatan Otak, Wow Banget!

8581061 - young woman reading a book lying in a hammock

OMTELOLET – Membaca buku merupakan kebiasaan baik yang perlu dipraktikkan. Pasalnya, kebiasaan ini memiliki berbagai manfaat untuk otak. Yuk, simak penjelasan dari manfaat membaca buku untuk otak.

Manfaat membaca buku untuk otak tentunya erat kaitannya dengan daya ingat. Selain menambah wawasan, kamu juga merasakan manfaat kesehatan dari membaca buku.

Berikut ini adalah manfaat membaca buku bagi kesehatan otak yang dilansir dari Dr. Rizal Fadli di halodoc.com.

1. Memperlambat Perkembangan Penyakit Alzheimer

Bagi pengidap Alzheimer, menjalankan pengobatan yang disarankan oleh dokter menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit ini.

Baca juga:  Contoh Kewajiban Warga Negara Indonesia yang Harus Diterapkan

Namun, membaca buku dapat menurunkan risiko terbentuknya protein beta amyloid dalam otak yang meningkatkan risiko Alzheimer.

2. Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat baca buku selanjutnya adalah meningkatkan daya ingat. Ketika membaca, neurobiologis juga memproses gambar maupun ucapan yang muncul pada buku.

Bagian otak yang mengatur penglihatan dan bahasa bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang kamu mengerti dan lebih mudah untuk diingat.

3. Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi

Meningkatkan kemampuan konsentrasi jadi manfaat baca buku selanjutnya. Membaca mampu meningkatkan kemampuan konsentrasi menjadi lebih baik.

Untuk mendapatkan manfaatnya, cobalah rutin membaca buku agar kemampuan konsentrasi semakin terasah dengan baik.

4. Menurunkan Risiko Stres dan Depresi

Manfaat baca buku selanjutnya adalah menurunkan risiko stres dan depresi. Membaca buku efektif dalam menurunkan stres dibandingkan berjalan kaki atau mendengarkan lagu.

Baca juga:  Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi pada Masa Pubertas? Begini Caranya

Jadi, tidak ada salahnya membiasakan diri untuk membaca agar kesehatan mental tetap terjaga dengan baik.

5. Hiburan Murah

Buku menjadi salah satu hiburan murah dan mudah ditemui. Tidak perlu mengeluarkan kocek tambahan, kamu bisa sesekali mengunjungi perpustakaan untuk mendapatkan buku yang kamu inginkan.

Kamu bisa mendapatkan berbagai macam jenis, seperti cerita fiksi, novel, hingga buku dengan cerita yang menarik.

6. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Meningkatkan kemampuan berkomunikasi jadi salah satu manfaat baca buku. Rajin membaca buku akan menambah kosakata yang dapat diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari.

Kamu juga bisa mengaplikasikan istilah-istilah baru untuk mengobrol dengan client dari kantor agar tampak lebih berwawasan.

Baca juga:  Rekomendasi Film Adegan Sesungguhnya yang Keren Parah

7. Menurunkan Risiko Demensia

Manfaat baca buku yang terakhir adalah menurunkan risiko demensia. Melansir dari JAMA Psychiatry, kegiatan membaca yang dilakukan setiap hari dapat menurunkan risiko demensia pada seseorang yang berusia di atas 65 tahun.

Jika dilakukan lebih awal, kamu bisa saja terhindar dari risiko demensia di kemudian hari.

Nah, itulah manfaat dari membaca buku yang bisa kamu biasakan dari sekarang. Semoga bermanfaat ya.