Inilah 7 Ide Bisnis Digital dengan Penghasilan Cepat Tanpa Batas, Milenial Wajib Coba!

OMTELOLET – Dunia Bisnis Digital menjadi pilihan favorit dan menjanjikan di era saat ini. Pasalnya, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin maju.

Untuk terjun ke dunia bisnis digital, kamu bisa memulai belajar dari perkuliahan melalui Jurusan Bisnis Digital.

Jurusan Bisnis Digital belajar apa?

Di Jurusan Bisnis Digital, kamu akan mempelajari cara untuk untuk merancang dan menjalankan bisnis yang berbasis digital. Ilmu yang akan diperoleh adalah perpaduan dari manajemen, bisnis, teknik informatika, dan juga sistem informasi.

Umumnya, Jurusan Bisnis Digital tersedia pada program D4 atau S1. Harapannya, lulusan jurusan ini akan menjadi seorang ahli digital business yang mampu menghadirkan solusi dan rekomendasi dalam berbagai permasalahan bisnis.

Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan

Kamu bisa menciptakan ide bisnis digital dengan berbagai inovasi. Kamu memerlukan ide bisnis yang tidak hanya fokus pada pemenuhan kebutuhan konsumen, tetapi juga memiliki ciri khas sendiri dari banyak kompetitor lain.

So, jika kamu merasa memiliki minat yang kuat terhadap dunia bisnis dan ingin memaksimalkan peluang yang ada di era digital saat ini, yuk coba ide bisnis digital berikut ini sebagai cara untuk mendapatkan penghasilan yang tanpa batas.

Baca juga:  Lulusan Teknik Geomatika Kerja Apa? Berikut Info Lengkapnya

1. Merintis Toko Online

Bisnis digital yang mampu menghasilkan omset menggiurkan adalah membangun toko online. Toko online yang dimaksud merupakan website atau platform yang digunakan sebagai sarana transaksi pembelian produk secara online.

Tingginya potensi bisnis E-commerce di Indonesia membuat ide membuat toko online sendiri terdengar menarik. Selain memudahkanmu dalam mengatur produk yang ditampilkan, toko online mampu mengasah kemampuan dalam mengelola bisnis digital.

Selain itu, kamu juga berkesempatan mengembangkan bisnis sesuai rencana. Tanpa keahlian pemrograman, kamu bisa merancang toko online sendiri dengan memanfaatkan platform manajemen konten, misalnya WordPress.

2. Jasa Pembuatan Website

Tingginya kebutuhan akan website, baik untuk instansi pemerintah, perusahaan, maupun individu, menjadi peluang tersendiri bagi developer. Kamu bisa meraih banyak keuntungan dengan menawarkan jasa pembuatan website.

Meski kini hadir panduan mudah untuk membuat website sendiri, keahlian pemrograman tingkat lanjut yang dimiliki web developer tetap dibutuhkan guna mengatur kostumisasi yang lebih rumit.

Keunggulan lain dari ide bisnis ini adalah kamu dapat bekerja dari rumah maupun tempat lain yang kamu inginkan. Sebagai sarana menawarkan jasa, kamu bisa memanfaatkan platform untuk pekerja lepas alias freelancer atau blog pribadi yang didukung oleh portfolio hasil pekerjaan.

Baca juga:  Mempelajari Kelipatan Persekutuan itu Mudah kok!

3. Jadi Konsultan SEO

Jika menguasai teknik SEO, manfaatkan kesempatan ini untuk menjadi konsultan SEO. Dengan ide bisnis digital ini, kamu membantu website klien merajai mesin pencarian.

Sebelum membeli produk, konsumen umumnya mengandalkan mesin pencarian untuk mencari informasi terkait produk yang dicari. Jadi poin plus bila website klien berada di urutan tertinggi pencarian. Selain itu, SEO efekif mendatangkan pengunjung website melalui organic traffic.

4. Bisnis Dropship

Ide bisnis digital yang hanya mengandalkan kemampuan menjual produk adalah dropshipper. Berbeda dengan reseller, dropshipper memungkinkanmu menjual produk tanpa melibatkan gudang dan proses pengiriman barang.

Bisnis dropship memperoleh keuntungan dari selisih uang yang diterima dari pembeli dengan total uang yang kamu bayarkan pada produsen.

Kelebihan dari ide bisnis digital ini adalah kamu bisa memulainya tanpa modal dan menentukan sendiri produk yang ingin kamu tawarkan ke konsumen.

Tak cuma itu, proses pengiriman barang sepenuhnya menjadi tanggung jawab produsen. Dengan begitu, kamu hanya berperan sebagai penghubung antara penjual dan pembeli.

5. Bisnis Afiliasi

Afiliator bertugas mempromosikan bisnis atau produk produk dari pihak lain dengan imbalan berupa komisi. Bila afiliator adalah agen, maka afiliasi merupakan kegiatannya.

Cara kerja ide bisnis digital ini terbagi dalam tiga tahap. Sebagai awalan, kamu mendaftar pada program afiliasi, kemudian memperoleh kode referal atau tautan khusus.

Baca juga:  Sebutkan Struktur Teks Persuasi? Mudah Saja Kok

Selanjutnya, kamu memanfaatkan website atau media sosial untuk memasarkan produk. Tapa terakhir, kamu mendapatkan komisi saat pembeli menggunakan kode yang kamu berikan atau mengikuti tautan yang kamu sarankan.

Kamu bisa mengikuti program afiliasi terpercaya, contohnya Amazon Affiliate yang memasarkan produk internasional untuk pelanggan global.

Bila ditekuni dengan sungguh-sungguh, ide bisnis digital ini bisa membawamu ke puncak kesuksesan layaknya Hadi Hartono dan Pat Flynn.

6. Jadi Blogger

Ide bisnis digital bisa kamu mulai lewat blog pribadi. Terlebih bila kamu secara konsisten mempublikasikan konten menarik yang mendatangkan banyak pengunjung.

Menjadikan blog sebagai sumber penghasilan dapat dilakukan dengan menyewakan ruang (space) untuk iklan di blog.

Dengan menerapkan ide bisnis ini, tak menutup kemungkinan kamu bisa mengikuti perjalanan sukses Raditya Dika dan Iwan Banaran.

7. Buka Kursus Online

Bila kamu ingin berbisnis di bidang pendidikan, membuka kursus online adalah ide bisnis digital yang layak dicoba. Kursus online memudahkanmu dalam membagikan ilmu tanpa harus bertemu secara langsung dengan murid.

Kehadiran platform e-meeting dan tools penunjang menjamin kelancaran proses belajar mengajar sehingga terhindar dari kendala berarti.

Tak hanya itu, kamu bisa membangun website kursus sendiri yang didukung dengan sistem pembelajaran terintegrasi alias Learning Management System (LMS).

Nah, itulah 7 cara sebagai ide bisnis digital yang bisa kamu pilih untuk merintis peluang kerja yang menjanjikan. Semoga bermanfaat ya.