Inilah 6 Kampus dengan Jurusan Bisnis Digital Terbaik di Indonesia, UNJ Nomor Berapa?

OMTELOLET – Jurusan Bisnis Digital menjadi pilihan favorit bagi calon mahasiswa, terutama di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Pasalnya, jurusan ini memiliki prospek kerja yang bagus untuk ke depannya melalui era saat ini.

Jurusan Bisnis Digital memiliki kekuatan pada pembelajaran bisnis dengan menggunakan teknologi digital.

Di program studi ini, kamu akan bersiap untuk berbagai peran pekerjaan dalam bisnis digital, seperti pemasaran digital, transformasi digital, sistem perusahaan, pengembangan aplikasi, analisis bisnis, manajemen umum, kepemimpinan, serta konsultasi dan kontrak di semua sektor dan industri.

Selain itu, kamu akan memiliki keterampilan dan pengetahuan untuk menjadi analis, konsultan, dan inovator bisnis digital atau bahkan membuat bisnis digital milikmu sendiri.

Jurusan Bisnis Digital ini akan mengembangkan keterampilan, pengetahuan, alat, dan teknik yang diperlukan untuk transformasi digital. Kurikulum yang luas mencakup segala hal mulai dari inovasi dan hambatan digital hingga pemasaran digital.

Berikut ini adalah daftar kampus dengan Jurusan Bisnis Digital terbaik di Indonesia.

1. Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran yang memiliki kampus di Bandung dan Jatinangor ini, menawarkan dua jurusan baru yaitu Aktuaria dan Bisnis Digital. Kedua jurusan itu masih berkapasitas masing-masing 50 dan 40 mahasiswa.

Baca juga:  Daftar Jurusan di IPDN yang Paling Diincar pada Sekolah Kedinasan 2022

Program studi bisnis digital dikembangkan untuk menelurkan talenta-talenta berkualitas di bidang marketplace, big data, kecerdasaan buatan atau artificial intelligence (AI), serta perusahaan rintisan atau startup.

Nantinya, para mahasiswa jurusan Bisnis Digital tidak hanya mengikuti perkuliahan dengan pengajar dari FEB. Universitas Padjadjaran pun mengundang para pengajar lintas sektor keilmuan.  Ada pengajar dari Fakultas Ilmu Komunikasi dan prodi Teknik Informatika. Kampus ini pun akan menggandeng para praktisi di industri bisnis digital.

2. Universitas Negeri Jakarta

Program Studi (S1) Bisnis Digital Universitas Negeri Jakarta resmi dibuka untuk mahasiswa sejak tahun 2020. Jurusan ini didirikan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi agar dapat memberikan kontribusi bagi pemangku kepentingan dan menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten di bidang digitalisasi bisnis.

Jurusan ini membentuk lulusan dengan kompetensi yang mendukung pilihan karir sebagai Digital Business Analyst, Financial Technology Analyst, Business Intelligence Analyst, Human-centered Designer, serta Digital Entrepreneur.

3. Universitas Prasetiya Mulya

Jurusan Digital Business Technology (Software Engineering) yang didirikan oleh Universitas Prasetiya Mulya ini berfokus pada pengembangan solusi bisnis berbasis teknologi digital.

Baca juga:  Simak! Perbedaan Biaya Kuliah SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri Tahun 2022.

Jurusan Bisnis Digital menawarkan pemahaman dan penguasaan keterampilan serta jiwa wirausaha dengan memadukan teknologi digital terkini dalam konteks bisnis.

Melalui kurikulum pembelajaran yang dikembangkan bersama dengan industri, seperti Alibaba Cloud Partner, AWS Academy, dan Startup Incubator, diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk memenangkan pasar dunia kerja atau berwirausaha mandiri dengan membangun bisnis digital.

Selain itu, jurusan ini juga melakukan berbagai kegiatan penelitian dan pengembangan dengan berbagai institusi, seperti CINOVASI, Anabatic, DOKU, dan BEKRAF. Pihak kampus juga bekerjasama dengan Oracle dan Microsoft untuk membangun laboratorium perangkat lunak yang modern.

4. Binus University

Program studi Business Creation atau Penciptaan Bisnis yang didirikan oleh Binus University ini dirancang khusus untuk membentuk wirausaha masa depan yang kreatif dan inovatif. Kurikulum dirancang dengan mengombinasikan antara teori dan praktik sehingga siswa direncanakan sudah dapat memulai bisnis baru di tahun ketiga.

Sebagian besar materi kuliah disampaikan oleh pengusaha dan pemilik modal yang sudah berpengalaman. Beberapa dari pengusaha ini akan bersedia memberikan dukungan dan saran yang berkelanjutan. Mahasiswa juga akan bertemu dengan wirausaha potensial lain dan melakukan curah pendapat mengenai ide bisnisnya.

5. Universitas Katolik Parahyangan

Jurusan Bisnis Digital yang dikembangkan oleh Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) akan memudahkanmu untuk menguasai keahlian transformasi digital. Program studi ini lebih mengutamakan sisi pengelolaan bisnis secara digital dibandingkan penguasaan berbagai aplikasi online yang sebenarnya dapat dipelajari sendiri.

Baca juga:  Daftar Lengkap Mata Pelajaran di Ruangguru Privat, Mana Pilihan Kamu?

Selain mempelajari berbagai materi kuliah yang berhubungan dengan bisnis digital, siswa juga akan memperoleh kesempatan untuk magang.

Kemampuan dan kompetensi akan ditingkatkan melalui program kerja sama dengan berbagai perusahaan dan lembaga pelatihan professional seperti TGAS (PT. Tiga Anugerah Sejahtera). Melalui kerja sama tersebut, siswa dapat memperoleh pengalaman nyata di dunia kerja serta mengetahui isu-isu terkini yang terjadi di lapangan.

Unpar juga berkerja sama dengan berbagai lembaga asing, seperti European-Asian Management Institute (Certified Complex Problem Solving), Hobart Technology (Business Analytics), dan Erasmus+ (SEASAC South-East Asian Sales Competition).

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Untuk menjawab berbagai perubahan yang disebabkan oleh kemajuan teknologi dan informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mendirikan Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital pada tahun 2019. Fakultas ini membawahi 6 departemen yaitu Desain Produk Industri, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Manajemen Bisnis, Manajemen Teknologi, dan Studi Pembangunan.

Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital mempersiapkan sumber daya unggul yang kreatif, inovatif, dan adaptif dengan kemampuan design thinking dan manajerial untuk kesejahteraan manusia dan alam sekitarnya.

Nah, itulah daftar kampus terbaik Indonesia yang memiliki Jurusan Bisnis Digital. Semoga bermanfaat ya.