Inilah 5 Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematika, Mana Pilihan Kamu?

OMTELOLET – Jurusan kuliah yang tidak ada matematika sebagai salah satu incaran bagi calon mahasiswa. Pasalnya, mata pelajaran matematika dengan rumus yang rumit telah ada sejak bangku sekolah.

Apakah ada jurusan kuliah yang tidak ada matematika? Perlu diketahui bahwa jurusan juga terkadang memiliki sedikit materi hitungan dalam mata kuliah terkait penelitian.

Supaya lebih jelas mengenai gambaran jurusan sebagai referensi SNMPTN bahkan UTBK-SBMPTN, yuk simak daftar jurusan kuliah yang tidak ada matematika berikut ini!

Daftar Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematika

1. Seni dan pendidikan seni

Berbagai jurusan bidang seni dan pendidikan seni menawarkan sebaran mata kuliah yang tidak ada matematika. Mata kuliah di jurusan-jurusan seni ini umumnya mencakup teori, sejarah, kajian, penciptaan, dan manajemen seni rupa.

Baca juga:  Jurusan di Fisip UI Apa Saja? Cek Daftarnya Disini

Misalnya, mata kuliah jurusan Seni Murni Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta mulai dari gambar bentuk, sketsa, seni rupa murni, seni ilustrasi, seni grafis, sejarah seni rupa, filsafat seni, seni lukis, seni patung, manajemen seni rupa, teori seni, eco art, teknik reproduksi, relief, dan lain-lain.

2. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual atau DKV umumnya tidak mempelajari matematika sepanjang perkuliahan.

Misalnya, kurikulum mahasiswa DKV Binus University mencakup mata kuliah Drawing for Design, Tipografi, DKV, Estetika, Desain Ilustrasi, 3D Art and Interaction, Computer Graphic, hingga Digital Graphic Reproduction.

Sementara itu, ada juga jurusan DKV yang mencakup mata kuliah hitungan dan sains.

Baca juga:  Review Program Dasher English Academy

Misalnya, mahasiswa jurusan DKV Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya juga akan belajar mata kuliah wajib seperti Fisika dan Matematika, di samping matkul DKV pilihan seru seperti Desain Merchandise, Komik, dan Animasi.

3. Hubungan Internasional

Jurusan Hubungan Internasional mencakup mata kuliah tentang berbagai agama, teori perbandingan politik, demokrasi, budaya dan bahasa, sejarah diplomasi, teori dan analisis hubungan internasional, ekonomi, politik internasional, masyarakat budaya politik di berbagai negara, hingga geopolitik dan geostrategi.

Misalnya, mahasiswa Hubungan Internasional di Universitas Airlangga (Unair) bisa belajar mata kuliah di atas dengan beragam mata kuliah pilihan.

Salah satu mata kuliah pilihan yang perlu diketahui di jurusan HI Unair juga termasuk mata kuliah Statistika Sosial dan Metode Penelitian Kuantitatif yang juga bicara angka dan rumus.

Baca juga:  Inilah 10 Jurusan tentang Ilmu Komputer yang Paling Dicari, Pilih Mana?

4. Sejarah

Jurusan Sejarah mencakup mata kuliah terkait sejarah nusantara, sejarah Indonesia, sejarah dunia, sejarah hubungan negara lain dengan Indonesia, sejarah masyarakat sebuah negara, sejarah perempuan, hingga sejarah hubungan antarbangsa.

Misalnya, Prodi S1 Sejarah Universitas Indonesia (UI) menawarkan mata kuliah di atas dengan peminatan Asia Tenggara, Amerika Serikat, dan Australia. Total studi yakni 144 SKS.

5. Sastra dan bahasa

Mahasiswa jurusan sastra dan bahasa umumnya belajar bahasa, sejarah bahasa, masyarakat dan sejarah negara tempat bahasa tersebut berkembang, hingga terjemahan.

Misalnya, mahasiswa prodi Bahasa dan Kebudayaan Korea Universitas Indonesia belajar mata kuliah Bahasa Korea, Sejarah Kesusastraan Korea, Sejarah Korea Modern, Pengkajian Prosa Korea, Terjemahan Korea-Indonesia, hingga Bahasa Korea Bisnis.

Nah, itulah daftar lengkap jurusan kuliah yang tidak ada matematika. Semoga bermanfaat ya.