Inilah 4 Cara Membaca Cepat Dijamin Mudah Paham, Coba Sekarang!

OMTELOLET – Membaca merupakan kemampuan yang wajib dimiliki dan dibutuhkan oleh setiap orang. Yuk, simak artikel tentang cara membaca cepat yang memudahkan kamu untuk paham berikut ini.

Cara membaca cepat tentunya tidak hanya mengacu pada mempelajari teks bacaan, tetapi juga akan mempelajari yang namanya mengasah kemampuan berpikir. Meskipun tidak mendapatkan manfaat secara finansial, membaca skimming akan mengajak kamu menjelajahi lintas informasi, termasuk menjelajah lintas disiplin ilmu, sehingga kosakata pengetahuan semakin luas.

Cara membaca cepat juga memiliki beragam manfaat lain. Kamu akan lebih kritis dalam berfikir. Manfaat membaca sekilas (skimming) yang terakhir, tidak memakan waktu yang lama. Setidaknya dengan membaca cepat, kamu akan lebih efisien dalam waktu.

Berikut ini adalah cara membaca cepat yang wajib kamu ketahui.

1. Membuat Pertanyaan

Ada juga membaca cepat tanpa mengesampingkan pemahaman, yang disebut dengan membaca sekilas (skimming). Tahukah kamu jika membaca cepat atau sekilas ini ada beberapa langkah?

Baca juga:  Jurusan Farmasi Bisa Jadi Apa? Cek Mata Kuliah dan Prospek Kerja Gaji Besar

Salah satunya dengan membuat pertanyaan. Membuat pertanyaan salah satu langkah untuk membantu bagaimana membaca cepat. Tanpa diawali sebuah pertanyaan, sulit rasanya menemukan objek yang akan dibaca.

Misalnya, mencari kebahagiaan, maka buku-buku yang dibaca adalah buku yang mengulas tentang kebahagiaan. Bagaimana tips hidup bagaimana, bagaimana cara hidup bahagia, kenapa orang tidak bisa bahagia dan masih banyak lagi macam pertanyaan yang tepat dan sesuai dengan keinginan kamu.

2. Menentukan Topik Bacaan

Setelah menentukan satu buku yang sesuai dengan topik yang diinginkan. Topik bacaan menjadi pembahasan atau objek yang akan dibahas di dalam bacaan itu.

Nah, disini dilihat dulu konteks bahan bacaan yang dibaca. Apakah berupa buku, tabloid atau surat kabar. Jika berbentuk surat kabar, tentu saja mudah membaca cepat.

Kamu cukup membaca dengan cepat. Namun akan berbeda, jika konteksnya adalah membaca bacaan berupa buku. Tidak mungkin dalam waktu 1 jam menyelesaikan buku secara keseluruhan bukan?

Meskipun tebal, kamu tetap bisa kok membaca cepat. Salah satu langkahnya caranya dengan membaca di bagian daftar isi, kemudian membaca dibagian pengantar.

Baca juga:  Proses Gerhana Bulan Total, Begini Penjelasannya

Ada juga buku yang membubuhkan sinopsis di bagian belakang buku. Nah, sinopsis ini pulalah yang bisa kamu baca sekedar mengetahui garis besar topik yang akan dibahas oleh penulis buku.

Selain itu, membaca daftar isi dan kata pengantar salah satu rahasia cepat membaca inti dari buku yang akan dibahas. Cara ini juga sering digunakan oleh editor buku dalam menyeleksi naskah. Jika di dalam daftar isi tidak ada keterkaitan dan kesinambungan antara bab satu dengan yang lain, buku akan ditolak.

3. Penelusuran Bacaan

Cara membaca cepat dan paham yang selanjutnya dengan melakukan penelusuran bacaan. Penelusuran bacaan dilakukan dengan tujuan untuk menemukan ide pokok dan menemukan pesan inti secara cepat. Jika sudah ditemukan pesan yang penting yang dicari, maka kamu bisa membaca dengan speed normal.

Cara paling ampuh dalam penelusuran bacaan dengan melihat judul buku, kemudian melihat daftar isi. Dimana di dalam daftar itu sendiri pasti akan ada pembahasan lebih spesifik pada tema-tema tertentu. tema yang lebih spesifik dan mengerucut itulah yang langsung dituju dan ditelusuri.

Baca juga:  Inilah 7 Organisasi Luar Kampus yang Menarik, Mana Pilihan Kamu?

4. Situasi Membaca Sekilas

Meskipun tampak sepele, pengertian membaca sekilas harus pandai membaca situasi. Saat membaca secara skimming, pastikan untuk melakukan beberapa situasi sebagai berikut. Pertama, pastikan kamu untuk memeriksa bab di dalam buku itu sendiri. Bagaimanapun juga, bab-bab ada di dalam agar tahu fokus dan garis besar yang akan dipelajari.

Kedua, perhatikan tipe bukunya dan kebutuhan. Sebagai contoh, melihat apakah buku termasuk buku sastra, atau nonsastra, buku fiksi atau non fiksi. Kemudian dilihat kebutuhan kamu membaca buku secara sekilas.

Ketiga, jika sumber bacaan tersebut bukan buku, melainkan sebuah artikel, maka lihat lagi keperluannya. Apakah tugas kampus atau keinginan sendiri. Jika tugas dari kampus atau sekolah, maka fokus topic bisa berfokus pada isu kontroversi dari sisi penulis.

Keempat, cek ulang apakah pesan bacaan tersebut memberikan informasi yang sifatnya informatif? Atau tidak memberikan keuntungan sama sekali. selain itu juga bisa di cek, apakah bahan bacaan tersebut mudah dipahami, atau tidak mudah dipahami.

Nah, itulah cara membaca cepat yang memudahkan untuk lebih memahami teks. Semoga bermanfaat ya.