Ini Dia Jurusan IPA yang Sepi Peminat Tapi Peluang Kerja Besar

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Memilih jurusan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Selain harus melihat passion yang dimiliki, tentu juga harus mempertimbangkan peluang karir ke depan. Kamu perlu memiliki gambaran pekerjaan yang diinginkan, sehingga bisa memprediksi pesaing dan prospek kerja nantinya.

Bagi anak IPA yang masih bingung ingin mengambil jurusan kuliah apa nantinya, kamu dapat mencari referensi terlebih dahulu. Ada banyak jurusan IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar dan sangat menjanjikan untuk masa depan, salah satunya sebagai berikut ini:

1.Teknik Perkapalan

Jika kamu suka dengan berbagai hal terkait kapal, kamu bisa melanjutkan kuliah di jurusan teknik perkapalan. Ternyata tidak banyak lho Universitas yang menyediakan program studi ini. Hanya beberapa perguruan tinggi yang membuka jurusan ini seperti ITS, UNHAS, UNDIP, dan UI. Tak heran jika jurusan tersebut masih sepi peminat.

Baca juga:  Apa Tugas Kuliah Manajemen? Berikut Info Jurusannya

Pelajaran yang akan kamu temui selama berkuliah di jurusan Teknik Perkapalan, meliputi bentuk dan struktur struktur kapal, proses produksi dan cara pengoperasian kapal, perancangan dan pembangunan kapal, dan juga aspek hukum laut.

Peluang kerja sarjana Teknik Perkapalan tidak terbatas pada bidang yang berhubungan dengan transportasi laut atau kapal saja, namun juga di berbagai sarana transportasi lain, misalnya menjadi Perencana Transportasi dan Manajer Transportasi.

2.Meteorologi

Secara garis besar, kamu akan mempelajari bumi beserta gejalanya di jurusan yang satu ini. Dalam perkuliahan, kamu bisa memilih konsentrasi sesuai minat, misalnya Meteorologi Pertanian, Penerbangan, Militer, Maritim, dan Hidrometeorologi. Jurusan Meteorologi juga memiliki prospek kerja yang cukup bagus.

Baca juga:  Bagaimana Proses Pembuatan Baju? Ini 6 Langkahnya

Setelah lulus jurusan Meteorologi, kamu bisa bekerja sebagai peneliti di LIPI dan Ristek, bergabung dengan instansi pemerintah seperti BMKG, bahkan dapat membuat alat sendiri terkait Meteorologi.

3.Planologi

Salah satu jurusan IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar dan memiliki prospek kerja luas adalah jurusan teknik Planologi atau perencanaan wilayah dan kota. Beberapa kampus yang membuka jurusan ini yaitu ITB, ITS dan UB Malang. Peluang kerja jurusan Teknik Planologi sangat luas. Ini termasuk menjadi seorang konsultan di industri konstruksi, sektor perumahan, perencanaan kota dan wilayah, dan sektor hukum kontrak dan komersial.

4.Kehutanan

Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki hutan yang sangat luas, sehingga dibutuhkan lulusan kehutanan yang diharapkan bisa menjaga ekosistem sebagai paru-paru dunia ini.

Baca juga:  PPG 2022 Resmi Dibuka: Cek Link, Cara, dan Syarat Pendaftarannya Sekarang

Meskipun jurusan ini masih sedikit dilirik, prospek kerja kedepannya sangatlah bagus. Kamu bisa bekerja di bawah naungan pemerintah seperti menjadi polisi hutan dan pengendali ekosistem hutan. Juga di perusahaan swasta sebagai konsultan kehutanan, lembaga peneliti, ahli bibit tanaman hutan, dll.

Selain yang disebutkan diatas, tentunya masih banyak jurusan IPA yang sepi peminat tapi peluang kerja besar. Kamu dapat memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat kamu, atau bisa juga dengan melihat bagaimana prospek karirnya di masa depan.

Sumber:
https://kids.grid.id/read/473373732/10-jurusan-ipa-yang-sepi-peminat-tapi-peluang-kerja-besar-apa-saja?page=all
https://deckarenas.com/jurusan-kuliah-ipa-yang-jarang-diminati/