Ini Dia, Daftar 10 Nama Pahlawan yang Perlu Anak Ketahui

10 nama pahlawan yang perlu anak ketahui
sumber gambar : quizizz.com

OMTELOLET – Bagaimana jadinya bila anda diminta untuk menyebutkan 10 nama pahlawan yang perlu anak anda ketahui. Tak perlu bingung, sebab artikel kali ini akan membahas tentang 10 nama pahlawan yang wajib diketahui oleh anak anda.

Mengajarkan rasa cinta tanah air dan sikap nasionalisme pada anak bisa dimulai dari cara yang paling sederhana. Caranya, yakni dengan mengenalkan pada anak nama-nama pahlawan Indonesia yang turut berjuang merebut kemerdekaan dari bangsa penjajah.

Persoalannya adalah, anda tidak mungkin akan langsung memperkenalkan nama-nama pahlawan Indonesia yang sebegitu banyaknya. Itu malah akan membuat anak menjadi tidak antusias karena cenderung kesulitan untuk mengingat semuanya.

Maka, anda setidaknya perlu mengenalkan 10 nama pahlawan Indonesia yang wajib untuk diketahui oleh anak anda. Seiring dengan berjalannya waktu, perlahan-lahan, anak anda akan mulai mengerti dan bisa mengenali beberapa nama pahlawan lainnya.

10 Nama Pahlawan yang Perlu Anak Ketahui

Berikut ini adalah 10 nama pahlawan yang perlu untuk diketahui oleh anak anda. Sembari anda coba memperkenalkan nama pahlawan, anda juga bisa menceritakan nilai-nilai maupun sikap yang bisa diteladani pada anak anda.

Baca juga:  Cari Disini, Referensi Nama Anak Laki-Laki Islam Paling Inspiratif

Pahlawan Raden Mas Titro Adi Soerjo

Perkenalkan anak anda dengan nama pahlawan yang satu ini, Raden Mas Tirto Adi Soerjo yang merupakan pahlawan nasional asal Blora. Sosok pahlawan yang satu ini turut serta merintis dan juga mendirikan beberapa surat kabar sekitar tahun 1903-1908 untuk menggelorakan semangat kemerdekaan.

Pahlawan H.O.S Tjokroamimoto

Sosok pahlawan nasional yang satu ini berasal dari Madiun, serta dikenal sebagai pendiri utama dari Sarekat Islam. Selain dikenal sebagai pahlawan dan organisatoris, H.O.S Tjokroaminoto merupakan guru dari beberapa tokoh bangsa seperti Ir. Soekarno dan juga Tan Malaka.

Jenderal Soedirman

Panglima tentara asal Purbalingga, Jawa Tengah ini dikenal karena semangat perjuangannya yang sangat gigih dan tidak kenal takut.

Baca juga:  Pentingnya Mengenalkan Matematika Kepada Anak, Nggak Cuma Soal Hitungan
10 nama pahlawan yang perlu anak ketahui
sumber gambar : quizizz.com

Kyai Haji Hasyim Asyari

Pahlawan Nasional yang satu ini juga dikenal sebagai intelektual Muslim, sekaligus pendiri Nahdlatul Ulama.

Pangeran Diponegoro

Pahlawan Nasional asal Jogjakarta ini memimpin perang Jawa pada sekitar tahun 1825 hingga 1830.

Ki Hadjar Dewantara

Pahlawan nasional asal Jogjakarta ini bernama asli Raden Mas Soewardi Soerjaningrat, merupakan pahlawan nasional sekaligus tokoh penting dalam dunia pendidikan Indonesia.

Bung Tomo

Pahlawan Nasional asal Surabaya ini tak hanya dikenal gigih dalam perjuangannya menumpas Belanda. Bung Tomo juga dikenal lihai dalam berpidato untuk membakar semangat perjuangan dari ‘arek-arek Suroboyo‘.

Raden Adjeng Kartini

Pahlawan Nasional asal Jepara ini harum namanya karena dikenal sebagai tokoh yang berjasa besar dalam memperjuangkan hak kaum perempuan semasa hidupnya.

Baca juga:  Temukan Disini, Rekomendasi Buku Dongeng untuk Anak

Cut Nyak Dien

Pahlawan Nasional perempuan asal Aceh ini dikenal karena semangat dan keberaniannya dalam memimpin rakyat Aceh berperang melawan Belanda.

Sultan Hasanuddin

Pahlawan Nasional asal Sulawesi Selatan ini juga dikenal dengan julukan ‘Ayam Jantan dari Timur’ karena perjuangannya melawan Belanda. Usai naik tahta menjadi Sultan di Kerajaan Gowa, Sultan Hasanuddin berhasil menyatukan kerajaan-kerajaan kecil di Indonesia timur agar menyatukan kekuatan untuk menumpas Belanda.