Ini Dia 7 Kampus Terbaik Dunia, Tertarik Kuliah Disana?

https://commons.wikimedia.org/wiki/File:MIT_Building_10.jpg

Beberapa waktu yang lalu, lembaga pemeringkatan universitas dunia, Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings (WUR) merilis daftar 1500 universitas top dunia. Data tersebut dirilis pada 08 Juni 2022 di laman resmi www.topuniversities.com. Tetapi pada kesempatan kali ini, kita hanya akan membahas 7 kampus terbaik dunia versi QS World University Rankings 2023:

1.Massachusetts Institute of Technology (MIT) di Amerika Serikat. Skor: 100

Universitas terbaik di dunia nomor 1 adalah Massachusetts Institute of Technology (MIT). Kampus ini mendapat skor 100, angka yang sangat sempurna untuk menggambarkan betapa baiknya kualitas pendidikan MIT. Berdiri sejak tahun 1861, tentu sudah tak diragukan lagi pengalaman kampus ini dalam menciptakan lulusan yang berkualitas.

Baca juga:  Macam Macam Kampus yang Wajib Kamu Ketahui

2.University of Cambridge di Inggris. Skor: 98,8

Didirikan pada 1209, University of Cambridge merupakan universitas tertua kedua di Inggris. Universitas yang satu ini juga menjadi salah satu kampus terbaik di dunia dengan skor 98,8. Meskipun belum menyentuh angka seratus seperti MIT, tetapi nilai yang didapatkan oleh University of Cambridge bisa dibilang sudah sangat bagus.

3.Stanford University di Amerika Serikat. Skor: 98,5

Kampus terbaik dunia ketiga juga berasal dari Amerika Serikat, yaitu Stanford University dengan skor 98,5. Didirikan sejak 1885, universitas ini kerap menjadi tujuan kuliah oleh pelajar di seluruh dunia. Salah satu contohnya seperti artis cantik, Maudy Ayunda yang pernah mengenyam pendidikan S2 di Stanford University.

Baca juga:  Jurusan Arsitektur Bisa Kerja Apa? Simak Mata Kuliah dan Profesi yang Dijamin Super Seru

4.University of Oxford di Inggris. Skor: 98,4

Sebagian besar dari kita pasti sudah tidak asing lagi dengan University of Oxford. Berbeda tipis dengan Stanford University, University of Oxford mendapatkan skor 98,4. Didirikan pada tahun 1096, University of Oxford menempati peringkat kedua sebagai universitas tertua di dunia.

5.Harvard University di Amerika Serikat. Skor: 97,6

Berdiri sejak 1636, Harvard University menempati peringkat kelima sebagai kampus terbaik di dunia dengan skor 97,6. Ada banyak tokoh terkenal yang pernah berkuliah di Harvard University. Sebut saja seperti Mark Zuckerberg, Bill Gates, Barack Obama, Conan O’Brien, dan lain sebagainya.

6.California Institute of Technology/Caltech di Amerika Serikat. Skor: 97

Selanjutnya masih dari Amerika Serikat yaitu California Institute of Technology atau yang juga dikenal dengan Caltech. Menurut riset, Caltech merupakan salah satu universitas paling terkemuka di dunia. Berdiri sejak 1891, California Institute of Technology kini juga termasuk kampus terbaik dunia. Dengan skor 97, Caltech berada di peringkat keenam dalam daftar ini.

Baca juga:  Membahas Tuntas Gambar Tali Busur Lingkaran dan Rumusnya

7.Imperial College London di Inggris. Skor: 97

Imperial College London memiliki skor 97, nilai yang sama dengan California Institute of Technology. Didirikan pada 1907, Imperial College London merupakan perguruan tinggi negeri riset di Inggris. Kampus ini secara konsisten selalu masuk ke dalam daftar kampus terbaik dunia.

Sebagai informasi tambahan, kampus terbaik dunia peringkat delapan diraih oleh University College London (UCL) asal Inggris dengan skor 95. Kemudian di peringkat sembilan ada ETH Zuerich asal Swiss dengan skor 93,6. Dan di peringkat 10 diduduki oleh University of Chicago asal Amerika Serikat dengan skor 93.2.

Sumber:
https://www.topuniversities.com/university-rankings/world-university-rankings/2023