Ingin Jadi PNS? Ketahui Beberapa Sekolah Kedinasan Terbaik Ini

Sumber gambar dari www.indozone.id

Setelah lulus dari bangku sekolah, selain melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri atau swasta, kamu juga bisa mencoba mendaftar di sekolah kedinasan. Tempat pendidikan ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Apa sih Sekolah Kedinasan itu?

Sekolah kedinasan adalah pendidikan lanjutan yang dinaungi oleh lembaga pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan. Setelah menyelesaikan pendidikan tersebut, kamu bisa langsung menjadi PNS. Di Indonesia sendiri, ada berbagai sekolah kedinasan yang bisa menjadi pilihanmu untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat lanjut.

5 Daftar Sekolah Kedinasan Terbaik

Ada banyak sekolah kedinasan dan tentu memiliki prospek kerja menjanjikan kedepannya. Jika kamu mencari rekomendasi sekolah kedinasan terbaik, kamu bisa melihat referensinya berikut ini:

Baca juga:  Bagaimana Proses Sidang Resmi yang Dilakukan BPUPKI

1.Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) merupakan pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Sekolah ini menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara.

Ketika lulus dari sekolah ini nantinya berkesempatan untuk diangkat menjadi PNS yang bekerja di berbagai instansi pemerintah, seperti BPS yang tersebar di seluruh Indonesia. Ada empat jurusan yang ada di sekolah ini, yaitu Jurusan Akuntansi, Jurusan Pajak, Jurusan Kepabeanan dan Cukai, serta Jurusan Manajemen Keuangan.

2.Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi milik pemerintah. Sekolah kedinasan ini bergerak di bidang kepamongprajaan yang bertujuan untuk menghasilkan kader pemerintahan yang berkompetensi, berkarakter, dan berkepribadian baik di tingkat pusat maupun daerah.

IPDN memiliki beberapa Fakultas. Ini termasuk Fakultas Politik Pemerintahan, Fakultas Manajemen Pemerintahan, dan Fakultas Perlindungan Masyarakat. IPDN menyelenggarakan beberapa program pendidikan mulai dari program Diploma IV, Sarjana, Pascasarjana dan Program Profesi Kepamongprajaan.

Baca juga:  Mengintip Fasilitas English Academy Center, Auto Betah!

3.Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

Dikelola oleh Badan Pusat Statistik sejak tahun 1958, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) adalah perguruan tinggi kedinasan program Diploma IV. Sekolah ini memberi kesempatan lulusan sekolah menengah umum jurusan IPA untuk dididik menjadi ahli statistik. STIS mempunyai dua jurusan yakni Jurusan Statistika dan Jurusan Komputasi Statistik.

STIS hadir untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang statistika dan komputasi statistik dengan mendidik kader yang memiliki kemampuan akademik/profesional. Lulusan STIS diharapkan mampu merencanakan dan melaksanakan penelitian, melakukan analisis di bidang sosial-ekonomi serta merencanakan dan mengembangkan sistem informasi.

4.Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) merupakan sekolah kedinasan yang dinaungi langsung oleh Badan Intelijen Negara. Ide dari pendirian sekolah ini dimulai tahun 2002, tetapi baru diresmikan pada 9 Juli 2003 dan memulai kegiatan perkuliahan pertamanya pada tahun 2004.

Baca juga:  Mempelajari Apa itu Globalisasi? Pengertian, Jenis dan Contohnya

STIN bertujuan untuk menyiapkan Taruna nya menjadi anggota masyarakat intelijen yang memiliki kemampuan akademik dan/atau keahlian profesional. Kemudian dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu intelijen, ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni bidang intelijen untuk menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

5.Akademi Kepolisian (Akpol)

Berdiri sejak 1 Oktober 1965, Akademi Kepolisian (Akpol) adalah sekolah kedinasan dibawah naungan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri (Lemdiklat Polri). Sekolah ini memiliki beberapa tujuan, salah satunya adalah mampu melaksanakan tugas sebagai Inspektur Polisi yang memiliki kepribadian luhur, mental yang tangguh dan kesamaptaan yang prima dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok kepolisian.

Itulah beberapa sekolah kedinasan terbaik. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa mencari informasi lainnya di internet atau mengunjungi website resmi masing-masing sekolah di atas. Selain yang disebutkan diatas, tentunya masih banyak sekolah kedinasan lainnya.