Heboh, Simbol ‘Z’ Kini Digunakakan Sebagai Tanda Mendukung Invasi Rusia ke Ukraina, Sebenarnya Apa Artinya?

Sumber: wow.tribunnews

Beberapa waktu belakangan ini, perang antara Rusia dan Ukraina masih menjadi topik yang hangat dibicarakan oleh warga dunia. Bahkan, saat ini jagad maya turut dihebohkan dengan simbol ‘Z’ yang digunakan sebagai tanda mendukung invasi ke Ukraina.

Pasalnya, simbol ‘Z’ digunakan oleh tentara, pesenam, hingga anak-anak Rusia sebagai tanda mendukung invasi Ukraina. Sebenarny, terdapat sejumlah penjelasan berbeda mengenai asal-usul simbol ini. Lantas, apa hubungannya dengan agresi yang dilancarkan Rusia Vladimir Putin ke Ukraina?

Dilansir Sky News, Senin (7/3/2022) simbol tersebut awalnya terlihat di tank dan kendaraan Rusia yang tergabung dalam operasi militer di Ukraina.

Tak lama kemudian, simbol ini digunakan sebagai tanda dukungan terhadap invasi tersebut.

Baca juga:  Deretan Influencer dengan Tarif Endorsement Termahal

Satu di antaranya adalah sebuah foto yang diambil dari angkasa memperlihatkan barisan anak-anak penderita kanker di Kazan.

Bersama orangtuanya, anak-anak tersebut membentuk huruf Z yang kemudian ditangkap kamera drone yang diterbangkan kepala yayasan amal tersebut.

Tak berapa lama, pesenam Rusia Ivan Kulivak harus menjalani investigasi oleh badan olahraga lantaran mengenakan simbol tersebut saat tampil di podium.

Menurut penelusuran, sejumlah sumber mengatakan itu adalah Z untuk 3а обеду, diucapkan ‘Za pobedu’ yang berarti ‘Untuk kemenangan’.
Sementara sumber yang lain mengatakan bahwa simbol Z merupakan singkatan untuk ‘Zapad’ (Barat).

Namun, banyak yang mencatat kesamaannya dengan swastika, simbol yang digunakan oleh Nazi Jerman dalam Perang Dunia Kedua.

Baca juga:  HOAKS, Bocah Gondanglegi Malang Dibungkus Karung Penculik Lalu Kabur Ditolong Tukang Cilok, Begini Penjelasan Polisi

Sehingga, sejumlah pihak menjuluki tanda tersebut sebagai Swastika Putin.

Terkait arti simbol tersebut, Kementerian pertahanan Rusia tampaknya telah mengkonfirmasi opsi pertama.

Melalui akun resmi Instagram, @mil_ru, Minggu (6/3/2022), pemerintah memposting tiga gambar tentara Rusia dengan simbol ‘Z’ tersemat.Di samping simbol tersebut, dituliskan huruf Rusia 3а обеду yang berarti ‘Untuk kemenangan’.

Ada pula anggapan bahwa tanda ‘Z’ adalah cara bagi militer Rusia untuk mengidentifikasi pasukannya sendiri untuk mencegah insiden penembakan pada anggotanya sendiri.

Unggahan kementerian pertahanan lainnya menggunakan frasa seperti ‘Untuk perdamaian’, ‘Untuk kebenaran’, yang semuanya dimulai dengan huruf Z.
Lainnya menggunakan simbol Z di tengah kata ‘demiliterisasi’ dan ‘denazifikasi’.

Dua hal yang diklaim menjadi alasan Putin untuk menjalankan invasi ke Ukraina.
Sumber: wow.tribunnews