Heboh Potensi Gempa M 7,5 di Pasaman Barat, Ini Penjelasan BMKG

Sumber: suaracom

Baru-baru ini, warganet dihebohkan dengan kabar adanya gempa bumu magnitudo di atas 7,0 di Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar. Namun, beredarnya kabar tersebut dinyatakan tidak benar adanya oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Akibat beredarnya informasi tersebut di media sosial, warga Sumbar ketakutan pascagempa magnitudo 6,1 yang terjadi pada Jumat (25/2) lalu. Adanya isu tersebut, Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, menyatakan belum ada teknologi yang dapat memastikan kapan gempa akan terjadi. Namun, yang dapat dilakukan adalah membaca pola dari gempa tersebut.

Terkait potensi gempa di Pasaman Barat di segmen angkola, ia menyebut pihaknya memang menganalisa adanya potensi gempa berkekuatan magnitudo 7,5 tersebut, namun itu bukan terjadi hari ini atau pun esok namun di masa depan yang tidak diketahui kapannya.

Baca juga:  Heboh Video Mesra Arya Saloka dan Amanda Manopo, Warganet Soroti Perasaan Putri Anne

“Sama seperti potensi gempa segmen megathrust di pantai barat Sumbar, ada potensi gempa magnitudo 8,9 namun tak ada yang tahu kapan dan berapa persisnya kekuatan gempa itu di masa depan jika terjadi,” katanya, Minggu (27/2) lalu.
Sumber: liputan6com