Heboh ‘Mokel Saat Ramadahan’, Apa Itu Mokel?

Sumber: bogor.suara

OMTELOLET – Ketika bulan Ramadhan tiba, orang-orang seringkali menyebut mokel saat puasa. Kata ‘mokel’ sering digunakan. Lantas, apa sebenarnya mokel dalam artian bahasa gaul.

Sebagian orang mungkin sudah mengerti dengan maksud mokel, khususnya orang Jawa Timur. Namun, tak sedikit pula orang yang tak mengerti arti kata tersebut. Untuk menjawab kebingungan itu, dalam artikel ini akan dibahas mengenai arti dan maksud mkata ‘mokel’.

Pasalnya, dalam bulan Ramadhan, kata ‘mokel’ ini menjadi salah satu bahasa populer yang akan banyak digunakan oleh seseorang. Bahkan, di berbagai media sosial, kata ini pun seringkali muncul.

Sebenarnya kata ‘mokel’ tak dapat ditemukan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), maupun glosarium online mana pun. Dilansir dari tribunnews, mokel merupakan kosa kata yang berasal dari Jawa Timur yang memiliki arti berbuka puasa sebelum waktunya.

Baca juga:  Jadi Trending di Youtube Musik dan Selalu FYP TikTok, Intip 5 Fakta Menarik Lagu Peri Cintaku yang Dinyanyikan Ziva Magnolya

Istilah tersebut populer di daerah Malang dan sekitarnya. Kata ini serupa dengan ‘mokah’, yang artinya juga membatalkan puasa sebelum waktunya.

Selain itu, mokel juga dapat diartikan membatalkan puasa secara diam-diam karena suatu hal. Namun, pelakunya berperilaku layaknya orang yang sedang puasa di depan orang lain.
Sumber: msn