Gambar Organ Pencernaan Pada Manusia dan Penjelasannya

Sumber Gambar: https://portalpurwokerto.pikiran-rakyat.com/

Setiap hari kamu memerlukan energi untuk digunakan beraktivitas. Energi tersebut diperoleh dari nutrisi yang kamu konsumsi setiap hari, baik itu berupa makanan maupun minuman. Makanan dan minuman tersebut akan diproses oleh organ pencernaan pada manusia agar dapat berubah menjadi energi yang dibutuhkan tubuh.

Terdapat beberapa organ yang bekerja sama membentuk sistem pencernaan manusia. Organ-organ tersebut, yaitu mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, rektum dan anus. Setiap organ memiliki fungsinya masing-masing. Untuk memahami setiap fungsi organ sistem pencernaan, simak artikel ini sampai selesai. 

Organ Pencernaan Pada Manusia 

Apakah sudah tahu apa saja organ pencernaan pada manusia? Jika belum, simak penjelasannya sebagai berikut ini:

  • Mulut
Baca juga:  Rumus Percepatan Apa Saja? Cari Tahu Jenisnya dan Contoh Soal Disini

Organ pencernaan pada manusia yang pertama adalah mulut. Mulut menjadi tempat masuknya makanan ke dalam tubuh manusia. Gigi yang ada dalam mulut berfungsi untuk menghancurkan makanan sebelum disalurkan ke organ lainnya. 

  • Kerongkongan

Kerongkongan berfungsi sebagai penghubung antara mulut dan lambung. Pada bagian ini akan muncul gerakan peristaltik yaitu gerakan seperti meremas untuk mendorong makanan ke lambung. 

  • Lambung 

Organ pencernaan pada manusia selanjutnya adalah lambung. Di lambung akan terjadi proses pencernaan secara kimiawi menggunakan enzim. Enzim tersebut, yaitu enzim pepsin dengan tugas mengubah protein menjadi asam amino, enzim renin bertugas mengubah protein menjadi kasein, dan juga asam klorida/HCL bertugas melawan virus dan bakteri yang masuk ke sistem pencernaan sekaligus memecah protein.

  • Usus halus 
Baca juga:  Rumus Kalor Lengkap Beserta Contoh Soalnya

Setelah di lambung, makanan akan disalurkan lagi ke usus halus yang terdiri dari tiga bagian, yaitu usus dua belas jari, usus kosong dan usus penyerapan. Di organ pencernaan pada manusia ini juga terjadi pencernaan secara kimiawi dibantu oleh berbagai enzim-enzim dari pankreas, empedu, dan hati. 

  • Usus besar 

Setelah nutrisi diserap di usus halus, selanjutnya sisa makanan disalurkan ke usus besar dan akan mengalami pembusukan di sana. Di sini juga air akan diserap sehingga dan sisanya akan menjadi feses. 

  • Rektum dan anus

Rektum berfungsi sebagai tempat penampungan feses. Di sini juga, sensor akan dikirim ke otak untuk memberikan sinyal apakah feses akan dikeluarkan atau tidak. Kemudian Feses kemudian akan dikeluarkan dari tubuh manusia melalui anus. 

Baca juga:  Review Bimbel IELTS English Academy, Terbaik & Terpercaya!

Itulah masing-masing fungsi organ pencernaan pada manusia. Setiap organ tersebut bekerja sama untuk membuat energi untuk tubuh manusia. Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga kesehatan setiap organ.