Gak Cuma Nambah Wawasan, Ini 4 Manfaat dari Membaca Bagi Kesehatan

Gambar dari Pixabay

Membaca menjadi salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menambah wawasan. Semakin banyak buku yang kamu baca, semakin banyak pula pengetahuan baru yang kamu dapatkan. Sayangnya, tidak semua orang suka membaca, terutama membaca buku. Padahal membaca memberikan banyak manfaat lho. Ada banyak manfaat dari membaca, salah satunya sebagai berikut ini:

1.Meningkatkan Fungsi Kognitif

Membaca adalah aktivitas kognitif yang bisa melatih otak kamu dan mencegah hilangnya memori. Menurut penelitian, membaca merupakan aktivitas yang meningkatkan aliran darah, oksigen, dan nutrisi ke otak. Selain itu, membaca juga dapat membantu menunda penurunan dan gangguan kognitif.

Penelitian lainnya menemukan bahwa membaca buku membantu manula mempertahankan fungsi kognitif mereka dan mencegah terjadinya penyakit memori yang berbeda seperti Alzheimer. National Institute on Aging merekomendasikan kamu membaca buku, majalah, dan artikel agar pikiran kamu tetap aktif.

Baca juga:  Catat dan Ingat, Inilah Perbedaan D3 dan S1 yang Penting untuk Diketahui

2.Mengelola Stress dengan Baik

“Membaca dapat membantu mengurangi tingkat stres, memberikan jeda yang sangat dibutuhkan dari tantangan kehidupan sehari-hari,” kata Alice Williams, MD, seorang dokter yang berbasis di New Mexico.

Siapa sangka ternyata membaca buku dapat menghilangkan stress. Apapun yang kamu baca entah itu novel atau artikel, semua dapat mengalihkan perhatian kamu dari tugas dan masalah sehari-hari. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa membaca buku dapat memberikan dampak positif untuk mengurangi tingkat stress.

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2009, University of Sussex melakukan penelitian dan menemukan bahwa membaca walaupun hanya enam menit saja dapat mengurangi tingkat stress hingga 68%. Sementara menurut penelitian lain menemukan bahwa membaca selama 30 menit efektif dalam mengurangi stres akut.

Baca juga:  8 Pertanyaan Wawancara Beasiswa yang Sering Keluar Beserta Jawaban

3.Memperkuat Koneksi di Otak

Membaca dapat membantu koneksi baru antara berbagai bagian otak. Sebuah penelitian kecil pada tahun 2013 menemukan bahwa membaca novel dapat meningkatkan komunikasi antara bagian otak yang mengontrol pemrosesan bahasa. Ini juga menciptakan perubahan jangka panjang di korteks somatosensorik bilateral, bagian otak yang memproses informasi sensorik.

“Membaca materi yang membutuhkan pemikiran, pertimbangan, dan upaya untuk memetabolisme apa yang dijelaskan mengarah pada penciptaan neuron baru di otak Anda,” kata Romanoff,” kata Sabrina Romanoff, PsyD, seorang psikolog klinis di New York City.

“Neuron-neuron ini juga meningkatkan koneksi neuronal baru, baik satu sama lain maupun jaringan lama, yang mempercepat kecepatan pemrosesan.” imbuhnya.

Berdasarkan penjelasan dari Sabrina Romanoff, maka dapat disimpulkan bahwa membaca dapat menciptakan neuron di otak, sebuah proses yang dikenal sebagai neurogenesis. Perlu diketahui, neuron adalah sel yang mengirim pesan dan mengirimkan informasi antara berbagai area di otak.

Baca juga:  Bagaimana Proses Pembekuan Darah?

4.Berdampak Positif Bagi Kesehatan Mental

Menurut National Alliance on Mental Illness, membaca bisa membantu meningkatkan kesejahteraan mental dengan mengurangi stres dan memberikan pelarian yang sehat. Sebuah penelitian tentang membaca yang dilakukan pada remaja juga menemukan bahwa membaca buku berdampak positif pada peningkatan kesadaran dan perasaan optimis, serta menurunkan tingkat kecemasan dan depresi.