Gajah Sumatera Ditemukan Mati di Aceh Utara, Apa Penyebabnya?

Baru-baru ini, seekor Gajah Sumatera ditemukan mati di sekitar hutan produksi Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara.

Dikutip dari Merdeka.com, seusai dilakukan nekropsi (bedah bangkai), satwa liar itu diduga mati karena tertusuk gading gajah lainnya.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Agus Arianto menyatakan, ada luka di beberapa bagian tubuh gajah Sumatera itu.

Luka yang ditemukan tampak di sekitar dada, perut, mata, dan pangkal paha. Luka tersebut diduga adalah bekas luka tusukan gading.

Hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) yang dilakukan personel Satreskrim Polres Lhokseumawe tidak ditemukan benda-benda mencurigakan.

“Jadi dugaan penyebab kematian gajah ini akibat perkelahian sesama gajah liar” kata Agus, Rabu (23/2/2022).

Baca juga:  Heboh, Kawasaki Racik Kendaraan Nyeleneh Bertampang Robot Kambing

Penyebab kematian gajah itu diduga alamiah, meski telah dilakukan nekropsi serta olah TKP. BKSDA Aceh pun tetap akan mengambil sampel beberapa organ tubuh satwa dilindungi ini untuk dicek di laboratorium.

“Ini untuk memperkuat dugaan kita, apakah benar gajah itu mati karena berkelahi dengan sesama gajah liar lainnya,” ujar Agus.

Agus menjelaskan, usia Gajah Sumatera yang mati itu diperkirakan 10 atau 12 tahun dan berkelamin jantan. Gajah itu diperkirakan telah mati sekitar sepekan lalu, sebab kondisi bangkai sudah mulai membusuk. Meski begitu, kedua gading gajah tersebut ditemukan masih utuh.

“Sementara sepasang gading gajah itu masih utuh,” ujarnya.

Sumber:

https://www.liputan6.com/citizen6/read/4895229/gajah-sumatera-ditemukan-mati-di-aceh-utara-apa-penyebabnya