Fungsi Rasi Bintang Bagi Kehidupan Manusia

Foto oleh Kendall Hoopes dari Pexels

Rasi bintang merupakan kumpulan bintang yang memiliki jarak berdekatan dan membentuk pola tertentu. Sejak tahun 1928 Internasional Astonomical Union (IAU) telah meresmikan 88 jenis rasi bintang beserta batasan pastinya. Sehingga tidak akan ada persinggungan wilayah antar rasi. Selain itu pemetaan langit seperti ini juga berguna untuk menentukan tempat bintang, galaksi, dan benda langit lainnya sehingga mempermudah penelitian astronomi.

Sebenarnya rasi bintang telah diketahui oleh manusia sejak zaman kuno. Orang-orang dahulu memiliki kepercayaan bahwa bintang di langit berpengaruh terhadap kehidupan di bumi. Pola-pola di langit sudah dipelajari dan dimanfaatkan untuk berbagai hal. Seperti petunjuk arah bagi nelayan dan petunjuk waktu untuk menabur benih bagi para petani.

Hingga saat ini rasi bintang masih dimanfaatkan untuk beberapa bidang. Nah berikut beberapa fungsi dari rasi bintang bagi kehidupan manusia.

Fungsi Rasi Bintang

Sebagai Petunjuk Arah

Rasi bintang sebagai petunjuk arah memang sudah tidak asing lagi digunakan. Sebab penggunaan ini memang sudah dilakukan sejak lama.

Petunjuk Arah Utara

Untuk menemukan arah utara kita bisa menggunakan rasi bintang Ursa Major. Rasi bintang ini juga  dikenal sebagai rasi biduk atau beruang besar. Rasi ini terdiri dari tujuh buah bintang yang akan tetap muncul di sepanjang tahun di langit bagian utara. Untuk menentukan arah utara kamu dapat menghubungkan bintang β Ursa Mayoris dengan bintang α Ursa Mayoris. Garis khayal ini kita teruskan sampai memotong horizon. Lalu kemudian pada titik potong dari hasil garis ini dengan horizon itulah letak titik utara.

Baca juga:  5 Zodiak Paling Hoki di Tahun 2021, Kamu Salah Satunya?

Petunjuk Arah Barat

InfoAstronomy.org on Twitter: "Inilah rasi bintang Orion yang merupakan titik radian Hujan Meteor #Orionid. Dipotret oleh @marthadinata36. https://t.co/SwzmlszJHe" / Twitter
Twitter.com

Rasi bintany Orion yang juga dikenal sebagai rasi bintang Pemburu atau Waluku digunakan untuk menentukan arah barat. Rasi bintang ini terdiri dari tiga bintang kembar yang letarnya sejajar. Bentuknya yang seperti sabuk membuat rasi ini juga kerap disebut Sabuk Orion atau Orion Belt. Letak rasi ini berada di sebelah barat, makannya digunakan sebagai petunjuk arah barat.

Petunjuk Arah Selatan

Untuk menentukan arah selatan kita harus melihat rasi bintang Crux. Bentuk dari rasi bintang ini seperi salib atau layang-layang. Makannya rasi bintang ini juga mendapat julukan Salib Selatan. Untuk menentukan arah selatan kamu hanya perlu menarik garis khayal antara bintang γ Cruxis dengan bintang α Cruxis. Garis khayal ini diperpanjang sampai memotong horizon. Adapun titik potong antara perpanjangan garis dengan horison inilah merupakan letak titik selatan.

Petunjuk Arah Tenggara

Baca juga:  7 Zodiak Paling Santai Menjalani Hidup

Rasi bintang Scorpion/Scorpius merupakan rasi bintang yang dapat digunakan untuk menentukan arah tenggara. Hal itu disebabkan karena letak rasi ini yang selalu di bagian tenggara. Akan tetapi rasi bintang yang memiliki bentuk seperti kalajengking ini sedikit susah dicari. Sebab konstelasinya yang banyak dan lumayan rumit.

Penentu Musim

Zaman dahulu rasi bintang digunakan sebagai kalender untuk menentukan musim. Sebab setiap rasi bintang muncul pada waktu-waktu tertentu. Dan waktu kemunculannya biasanya teratur. Sehingga rasi bintang dapat digunakan untuk menentukan waktu musim tanpa melihat kalender seperti yang sekarang sudah tersedia.

Sebagai Kalender

Karena kemunculan rasi bintang yang berbeda-beda setiap bulannya, makannya dapat digunakan juga sebagai kalender. Tetapi cara ini hanya digunakan oleh orang zaman dahulu, sebelum kalender canggih seperti yang kita tahu sekarang belum ditemukan.

Membantu Pertanian

5 Fakta Rasi Bintang yang Mungkin Belum Kamu Ketahui - Info Astronomy
infoastronomy.org

Pada zaman dulu keberadaan rasi bintang sangat penting untuk para petani. Sebab dengan melihat rasi bintang petani dapat menentukan waktu untuk menabur benih dan kapan panen harus dilakukan. Selain itu, kemunculan rasi bintang di suatu musim tertentu dapat digunakan oleh petani untuk merencanakan sistem pertanian.  Pola rasi bintang khusus yang mudah diingat juga sangat membantu.

Baca juga:  Berjiwa Pemimpin, Apa sih Profesi yang Cocok untuk Zodiak Leo?

Membantu Para Astronom

Pemetaan langit dengan rasi bintang tentu sangat membantu para astronom dalam melakukan penelitian. Sebab mereka dengan mudah menentukan tempat bintang, galaksi, dan benda langit lainnya.

Navigasi Kapal

Sebagai salah satu alat petunjuk arah, rasi bintang juga sangat dibutuhkan sebagai navigasi kapal. Seorang yang hendak melayak lebih baik memiliki pengetahuan tentang rasi bintang. Sebab meskipun jaman sekarang sudah ada alat navigasi yang lebih modern, akan tetapi pengetahuan itu dapat digunakan apabila navigasi kapal tiba-tiba rusak di tengah perjalanan. Rasi bintang dapat digunakan sebagai navigasi kapal saat berada di malam hari. Akan tetapi jika siang hari dapat melihat posisi matahari saja.

Penolong Bagi Para Pendaki Gunung

Rasi bintang dapat digunakan oleh pendaki gunung ketika tersesat selama melakukan pendakian. Seorang pendaki memang dituntun untuk dapat membaca tanda-tanda alam sebab mereka akan terjun ke alam bebas secara langsung. Oleh karena itu seorang pendaki juga perlu mempelajari tentang rasi bintang.

Nah itu dia beberapa fungsi dari rasi bintang bagi kehidupan manusia. Semoga bermanfaat ya.

 

Sumber:

  1. “Sejarah Dan Fungsi Rasi Bintang”. https://oif.umsu.ac.id/2019/11/__trashed/

“10 Manfaat Rasi Bintang Untuk Kehidupan Manusia”. https://manfaat.co.id/manfaat-rasi-bintang.