Foto Organ Pencernaan dan Mengenal Fungsi-Fungsinya

Sumber gambar: health.kompas.com

Organ pencernaan memiliki peran yang begitu penting untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan tubuh manusia agar dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Organ pencernaan tersebut tersusun dan membentuk saluran atau sistem pencernaan, sehingga terbentuk serangkaian aktivitas untuk mencerna makanan. 

Sistem pencernaan ini juga berfungsi untuk memilah dan membuang sisa makanan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Adapun organ-organ pencernaan, yaitu mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Di mana setiap organ memiliki fungsinya masing-masing.

Foto Organ Pencernaan Manusia Dan Fungsinya

Seperti yang diketahui, setiap organ pencernaan pada manusia memiliki fungsinya masing-masing. Bagi kamu yang belum mengetahui tentang hal tersebut, simak penjelasan singkat berikut ini:

Baca juga:  Gak Cuma Nambah Wawasan, Ini 4 Manfaat dari Membaca Bagi Kesehatan

1.Mulut

Mulut menjadi jalur masuk makanan dan minuman yang akan dicerna oleh tubuh. Di dalam mulut terdapat gigi yang berfungsi untuk menghancurkan dan menghaluskan makanan, lidah yang berfungsi untuk mendorong makanan untuk disalurkan ke organ pencernaan lainnya, dan air liur untuk membasahi makanan agar lebih mudah ditelan. 

2.Kerongkongan (Esophagus)

Kerongkongan adalah organ pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Di ujung kerongkongan terdapat otot stingfer yang akan membuka saat makanan akan disalurkan ke lambung dan menutup saat makanan sudah masuk.  

3.Lambung (Ventrikulus)

Organ pencernaan selanjutnya adalah lambung dengan 3 fungsi utama, yaitu menyimpan dan mencampur makanan dan minuman serta mengosongkan isi lambung. Di dalam lambung akan dilakukan penguraian zat dengan mencampurkannya dengan asam dan enzim. 

Baca juga:  Bagaimana Proses Pernapasan Dada? Simak Penjelasannya!

4.Usus Halus (Intestinum)

Usus halus terdiri dari tiga bagian, yaitu usus 12 jari, usus kosong serta usus penyerapan. Usus halus berfungsi untuk memaksimalkan pencernaan dan penyerapan gizi dari makanan dan minuman. Pada bagian inilah sebagian besar gizi (kira-kira 90%) dari makanan akan diserap dan disebar ke seluruh tubuh melalui darah.

5.Usus Besar ( Kolon)

Usus besar berperan untuk menyerap air dan elektrolit dari sisa makanan yang dicerna usus halus serta mengeluarkan zat sisa makanan yang tidak dibutuhkan tubuh. Di bagian ini, sisa-sisa makanan tersebut akan mengalami pembusukan sebelum akhirnya dikeluarkan dari tubuh. 

6.Anus 

Anus adalah organ pencernaan terakhir yang ada di tubuh manusia. Anus berfungsi sebagai jalan keluar sisa makanan yang sudah mengalami pembusukan atau sudah menjadi feses di usus besar. 

Baca juga:  Bagaimana Cara Beriman Kepada Kitab-kitab Allah?

Itulah foto organ pencernaan pada manusia beserta fungsinya masing-masing. Setiap organ memiliki fungsi penting dan tugas kita menjaganya agar tetap berfungsi dengan baik.