Format Pembuatan LKS yang Baik dan Benar? Pelajari Disini!

Format Pembuatan LKS
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Pernahkah kamu terfikirkan tenang bagaimana Format Pembuatan LKS yang Baik dan Benar? Pelajari Disini. Sebab, angan-angan yang pernah kamu fikirkan itu akan dapat kamu pelajari secara nyata, tentang bagaimana format pembuatan LKS.

Semasa mengikuti kegiatan pembelajaran di Sekolah, kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Lembar Kerja Siswa (LKS). Ya, seorang guru pun pasti sangat terbantu dengan adanya Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam kegiatan mengajarnya.

Lembar Kerja Siswa menjadi bahan panduan mengajar agar para siswa bisa melakukan Identifikasi permasalahan dari tema pembelajarannya. Sehingga, dalam setiap pemaparan materi, seorang Guru tidak hanya menjadi subyek yang berusaha agar pada murid bisa memahami materi pembelajaran.

Baca juga:  Cara Mengatasi Malas Belajar bersama Dafa dan Lulu di Ruangguru

Maka dari itu, para murid juga bisa mengembangkan pemahaman materinya secara maksimal berdasarkan panduan dari Lembar Kerja Siswa. Tapi, sebenarnya apa sih pengertian dari LKS itu?

LKS Adalah?

Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan lembaran yang berisi sekumpulan soal beserta tugas yang wajib dikerjakan siswa saat berada dirumah. Lembar Kerja Siswa berisi sekumpulan petunjuk beserta langkah agar bagaimana siswa bisa menyelesaikan tugasnya.

Tugas yang tertera dalam LKS berisi memiliki muatan lengkap tentang apa saja kompetensi dasar yang wajib siswa kuasai. Disamping itu, keberadaan Lembar Kerja Siswa juga meliputi semua mata pelajaran, sehingga keberadaan LKS ini akan sangat membantu kinerja Guru.

Format Pembuatan LKS
sumber gambar : unsplash.com

Format Pembuatan LKS

  • Judul, format utama yang wajib ada dan tertulis dengan jelas, judul LKS menerangkah tentang arah pembelajarannya.
  • Pengantar, fungsinya yakni sebagai uraian singkat tentang konsep yang ada dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, Pengantar juga berisikan sekumpulan pertanyaan yang dapat memantik siswa agar bisa berfikir lebih mendalam terhadap materi pelajarannya. Sehingga, pada akhirnya siswa dapat belajar agar bisa memecahkan masalah berdasarkan kegiatan pembelajaran dalam LKS.
  • Tujuan Pembelajaran, bagian ini berisikan tentang berbagai kompetensi yang wajib siswa pahami dan kuasai dengan baik. Selama siswa menjalan kegiatan pembelajaran dalam LKS, tujuan pembelajaran didalamnya telah dirinci secara jelas dan mendetail.
  • Alat dan Bahan, Lembar Kerja Siswa juga wajib menyertakan keterangan alat dan bahan yang wajib ada dalam menunjang kegiatan pembelajaran. Sehingga, dalam kegiatan pembelajaran, para siswa bisa lebih optimal dalam menjalaninya dan juga memecahkan persoalan yang ada.
  • Langkah kegiatan, format akhir yang wajib ada dalam LKS, bagian ini berisi tentang sejumlah petunjuk dan panduan. Siswa wajib mengikuti dan melakukan petunjuk yang ada, agar tujuan pembelajaran bisa tercapai dan sesuai dengan kompetensi yang tertera.
Baca juga:  Bagaimana Proses Kedatangan Bangsa Proto Melayu ke Indonesia

 

sumber referensi : https://gurupengajar.com/lembar-kerja-siswa.html