Food Neophobia Bikin Anak Tidak Mau Makanan Tertentu, Begini Solusinya

food neophobia anak tidak mau makanan tertentu

OMTELOLET – Persoalan makanan pada anak tidak melulu soal kandungan gizi dan vitamin, karena ada masalah lain bikin pusing orang tua. Masalah bisa muncul sewaktu-waktu ketika anak tidak mau memakan makanan tertentu, tanpa sebab dan alasan yang jelas. Padahal orang tua sudah berusaha menyiapkan beragai varian menu makanan agar anak tidak bosan. Namun, ternyata itu justru malah memicu masalah baru, ketika anak menolak untuk memakan makanan tertentu.

Persoalan itu bisa disebut sebagai Food Neophobia, yakni rasa takut yang muncul dalam diri anak untuk mencoba makanan baru. Hal itu lumrah terjadi saat anak berusia 2-6 tahun, dan hal yang lumrah terjadi ditengah masa pertumbuhan anak. Lalu, bagaimana solusi untuk mengatasi hal tersebut? Begini solusinya.

Biasakan Makan Bersama

Biasakanlah untuk mengajak anak dengan kegiatan makan bersama keluarga, hal itu bisa melatih anak agar terlepas dari Food Neophobia. Anak akan terbiasa menyaksikan berbagai menu makanan yang dicoba oleh anggota keluarganya, dan anak-anak akan mengamati hal tersebut. Biarkan anak mengamati anggota keluarganya saat mengkonsumsi menu makanan yang asing baginya, dari situ anak akan ikut berani mencobanya.

Baca juga:  Ternyata Mudah, Cara Menghitung Usia Kehamilan dalam Minggu dan Bulan

Jangan Mengatur Makanan Pilihannya

sumber gambar ; unsplash.com

Ketika sedang dalam kegiatan makan bersama, biarkan anak untuk memilih apapun menu makanan yang diambilnya. Artinya, orang tua harus percaya dengan apapun menu makanan yang dipilih anak. Selain itu, orang tua juga harus membiarkan anak mengkonsumi berbagai menu yang ada walau waktunya agak lama. Hal itu dapat membuat anak menjadi percaya diri dan berani memakan menu makanan yang asing baginya.

Menawarkan Pilihan Makanan

Menawarkan tentu berbeda dengan mengatur atau bahkan memaksa, dalam hal ini orang tua bisa menawarkan pilihan makanan pada anak. Menawarkan pilihan makanan dapat dilakukan bila posisi menu makanan tersebut jauh dari jangkauan tangan anak. Namun bila anak tidak mau, maka jangan menawarkannya lagi secara berulang-ulang agar anak tidak risih dengan menu tersebut.

Baca juga:  7 Cara Mengajarkan Anak Puasa Sejak Dini

Mengenalkan Bahan Makanan di Dapur

Cara ini terbukti jitu dalam menghindarkan anak dari Food Neophobia yang umumnya terjadi karena anak tidak mengenal menu makanannya. Ajaklah anak pergi ke dapur sebelum memasak, kenalkan dengan berbagai menu yang akan dimasak, biarkan anak mengamati proses memasaknya. Dengan begitu, anak akan menjadi paham dan tidak lagi takut untuk mengkonsumsi menu makanan tertentu.

Itulah ulasan mengenai Food Neophobia dan solusinya terhadap anak.

Sumber referensi ; https://www.parenting.co.id/balita/food-neophobia-bila-anak-takut-mencoba-makanan-baru