10 Film Horor Terbaik Sepanjang Masa

Gambar oleh Sammy-Williams dari Pixabay

Menonton film horor bisa membuat penonton ketakutan hingga tidak bisa tidur malamnya. Akan tetapi, hal itu tidak mengendurkan niat para pencinta film horor untuk terus mencari film-film horor terbaik. Sebab bagi mereka, menonton film horor dapat menantang adrenalin. Berdasarkan laman Zee News yang dikutip www.idntimes.com, sebagian orang sengaja menonton film horor karena ingin mencari sensasi dan meningkatkan adrenalin. Dorongan adrenalin itu dinikmati karena kita merasa takut sekaligus aman pada saat yang bersamaan.

Berdasarkan Screenrant yang dikutip dalam yoursay.com, para ilmuan melakukan penelitian untuk menentuan film horor terbaik berdasrkan detak jantung penonton.

Sinister

Film ini dinilai sebagai film horor yan paling menakutkan sepanjang masa. Berdasarkan Science of Scare, penonton film ini memiliki detak jantung rata-rata 86 detik per menit (bpm) dan angka tertinggi 131bpm.

Film yang rilis pada tahun 2012 ini berkisah tentang seorang penulis novel kriminal  bernama Ellison Oswalt. Ia tengah kesulitan mencari ide untuk buku terbarunya. Untuk mencari inspirasi, ia memboyong istri dan anak-anaknya ke sebuah rumah yang menjadi tempat pembunuhan keluarga pemilik rumah tersebut. Selama tinggal di rumah itu, Ellison selalu mendapat terror.

Hereditary

Hereditary (2018) | SHOWTIME
www.sho.com

Film ini berkisah tentang keluarga Graham yang mendapat misteri baru dalam keluarga mereka setelah meninggalnya sang nenek. Misteri ini berkaitan dengan sejarah nenek moyang mereka dan akan berpengaruh kepada masa depan mereka juga.

Baca juga:  Simak Sinopsis Film The Batman 2022, Robert Pattinson Hadir Jadi Pemeran Utama

Buat kamu yang menyukai film The Conjuring and Paranormal Activity, pasti bakal suka sama film ini juga. Sebab, realita dan menakutkannya Hereditary hampir sama denga film tersebut. Kamu akan dibuat santai selama 30 menit pertama film ini. Akan tetapi, jantungmu akan dibuat berdetak kencang pada menit-menit berikutnya.

A Nightmare On Elm Street

Film ini berkisah tentang seorang pembunuh berantai bernama Freddy Krueger (Jackie Earle Haley). Karena kekejamannya, ia dibunuh oleh warga dengan cara dibakar hidup-hidup. Setelah kematian pembunuh berantai ini, tidak membuat teror kepada para anak-anak berhenti. Mereka mengalami mimpi buruk setiap malamnya hingga beberapa dari mereka tewas. Mereka memimpikan seorang pria bertopi dengan cakar yang terbuat dari pisau yang siap menewaskan seluruh orang yang memimpikannya, yakni Freddy Krueger.

Kisah dalam film terinspirasi dari kisah nyata yang menimpa para imigran dari Asia Tenggara ke Amerika Serikat. Para pemuda yang melarikan diri dari asalnya ini juga mengalami mimpi buruk hingga menewaskan beberapa dari mereka.

The Descent

10 Makhluk Menyeramkan Terbaik Yang Ada di Dunia Film - OKEGUYS
OKEGUYS.COM

Film ini berkisah tentang seorang wanita bernama Sarah (Shauna Macdonald) yang melakukan perjalanan bersama teman-temannya. Perjalanan yang mereka tempuh bukanlah perjalanan biasa, mereka senang menjelajahi tempat-tempat yang ekstrim. Kali ini mereka menjelajahi sebuah goa yang belum pernah dijamah oleh manusia.

Baca juga:  Simak 6 Rekomendasi Anime Lucu Populer, Cocok Ditonton Saat Santai

Petualangan mereka semakin menantang ketika mereka mulai mendapat teror dari makhluk aneh penghuni goa tersebut. Film ini tidak direkomendasikan kepada kamu yang memiliki sistem pernapasan atau jantung lemah. Sebab visualisasi film ini sangat apik, sehingga penonton benar-benar dibawa masuk ke dalam goa dengan makhluk-makhluk menyeramkan yang siap menyerang.

Insidious

Insidious menjadi film horor terbaik yang menempati posisi kedua dalam penelitian berdasarkan detak jantung. Detak jantung rata-rata para penonton ketika menonton film ini adalah 69bpm. Sedangkan pada adegan jumpscare mencapai 133bpm.

Kisah menarik dalam film ini dibungkus dengan alur yang memiliki plot twist. Dijamin menonton film ini bisa membuatmu ketakukan sekaligus bertanya-tanya tentang alur cerita ini.

The Ring

Sinopsis Film The Ring (2002) Lengkap
sinopsisfilmindia.com

The Ring merupakan remake dari film horor yang berasal dari Jepang. Film yang dibintangi oleh Naomi Watts ini berkisah tentang kutukan dari sebuah video misterius. Siapa saja yang menonton video tersebut akan mati dalam waktu satu minggu. Sosok menyeramkan dalam film ini akan mengejar setiap targetnya hingga mati.

Paranormal Activity

Film horor dengan konsep documentary ini berada di urutan lima dengan skor 82bpm. Adegan jump scare sanggup membuat ritme jantung para penonton melonjak hingga 127 BPM. Berdasarkan konsepnya, film ini sebagian besar terdiri dari rekaman CCTV dalam sebuah rumah yang diganggu oleh hantu. Film ini dirancang dengan sedemikian rupa, sehingga terliha sangat nyata.

Baca juga:  Jadi Tempat yang Ramai Dikunjungi saat Lebaran, Intip 5 Mitos di Kebun Raya Bogor

The Conjuring

Film The Conjuring pertama kali rilis pada tahun 2013, yang kemudian telah hadir seri keduanya dengan judul Spin Off. Film horor fenomenal ini didasarkan pada eksploitasi kehidupan nyata dari penyelidik paranormal, Ed dan Lorraine Warren.

A Quiet Place

Film karya John Krasinski ini rilis pada tahun 2018. Meskipun sering dianggap bukan film bergenre horor, nyatanya film ini dapat membangkitkan sensasi takut ketika menontonnya. Berkisah tentang teror yang menimpa sebuah keluarga, film ini sanggup membuat penontonnya menahan napas di tengah film.

The Babadook

Film ini berkisah tentang teror monster bernama Babadook yang bersembunyi di rumah seorang ibu tunggal bernama Amelia. Bersama anak laki-lakinya yang bernama Noah, Amelia harus dihadapkan dengan kenyataan pahit bahwa rumah yang seharusnya menjadi tempat berlindung malah menjadi tempat paling berbahaya.

Oke, itulah beberapa rekomendasi film horor terbaik yang bisa kamu coba tonton. Bagi kamu yang punya rekomendasi film horor yang lebih seram dari list di atas, sharing di kolom komentar, yuk!

Sumber:

Id, Funcrey. 2021. “10 Film Horor Terbaik, Paling Menakutkan Sepanjang Sejarah Berdasarkan Penelitian”. https://yoursay.suara.com/ulasan/2021/09/09/100214/10-film-horor-terbaik-paling-menakutkan-sepanjang-sejarah-berdasarkan-penelitian.

Zakiah, Nena. 2020. “Kenapa Kita Suka Nonton Film Horor? Ini Hasil Risetnya!”. https://www.idntimes.com/science/discovery/nena-zakiah-1/alasan-ilmiah-orang-indonesia-suka-menonton-film-horor.

Safitri, Intan. 2021. “Kisah Nyata Arwah Pembunuh di Alam Mimpi, Sinopsis Film Horor A Nightmare On Elm Street”. https://zonajakarta.pikiran-rakyat.com/infotainment/pr-181912068/kisah-nyata-arwah-pembunuh-di-alam-mimpi-sinopsis-film-horror-a-nightmare-on-elm-street.