3 Faktor Penting yang Membuat TikTok Digemari Banyak Orang

Time.com

TikTok menjadi salah satu platform yang digemari banyak orang saat ini. Tidak hanya dari kalangan anak muda, kini TikTok juga digemari oleh berbagai kalangan. Dari anak-anak hingga orang dewasa menggunakan aplikasi buatan China ini. Bahkan dilansir dari majalah Forbes, sejak pertama kali rilis pada tahun 2016, TikTok mencapai lebih dari 689 pengguna aktif dari seluruh dunia. Dan rata-rata pengguna TikTok menghabiskan waktu selama 52 menit per harinya.

Meskipun sempat diblokir di Indonesia, nyatanya kini TikTok mampu mengembalikan citra baiknya. Dengan fitur yang lengkap dan menarik, mempu membuat para konten kreator TikTok menciptakan karya yang bagus dan inovatif. Makanya, TikTok mampu mengikis citra “alay” dan menjadikannya platform yang sangat populer.

Lalu, apa saja si faktor-faktor yang membuat TikTok digemari banyak orang? Dilansir dari beberapa sumber, ini dia penjelasannya:

TikTok Dapat Membuat Pengguna Menghipnotis Diri Sendiri

aplikasi tiktok
Gameindo.com

Dilansir dari Kompas.com, seorang pakar media sosial dan hiburan bernama dr. Julie Albright menyatakan bahwa orang yang sedang bermain TikTok diibaratkan seperti orang yang sedang menghipnotis dirinya sendiri.

Hal itu terjadi karena ketika seorang sedang berselancar di dunia TikTok, ia akan men-scroll laman aplikasi untuk melihat konten video yang menyenangkan dan menarik perhatian. Saat itu, ia akan mendapatkan dopamin kecil di pusat kesenangan otak yang akan membuatnya ingin terus berselancar melihat konten video.

Baca juga:  Heboh! Seorang Ibu Memarahai Penjual Cabai yang Curang, Warganet: The Power of Emak-Emak

Selain itu, ketika sedang berselancar di laman aplikasi, pengguna akan mendapati konten yang tidak ia sukai atau kurang menarik. Itulah yang disebut Albright sebagai diferensiasi yang membuat siapapun kecanduan. Hal yang sama sebenarnya juga dimiliki oleh media sosial lainnya, seperti Instagram, Snapchat, dan Facebook.

Kondisi tersebut dalam istilah psikologi disebut sebagai penguatan acak. Dengan melihat konten video yang acak, pengguna TikTok akan menjumpai hal yang tidak ia sukai atau tidak menarik perhatiannya. Sehingga secara tidak sadar ia akan terus berselancar ketika mendapati konten yang tidak ia sukai untuk menemukan konten yang ia sukai.

Albright menambahkan, pengaruh yang demikian, kebanyakan dialami oleh kelompok usia muda yang sedang dalam tahap perkembangan. Akan tetapi, bukan berarti kondisi tersebut hanya terjadi pada anak usia muda saja.

Albright hanya menyayangkan jika anak-anak muda menghabiskan waktu untuk berselancar di dunia maya. Padahal, di usia tersebut seharusnya mereka mendapat kegiatan yang lebih bermanfaat agar mendukung perkembangan mereka.

Konten yang Beragam dan Menarik

faktor yang membuat tiktok digemari banyak orang
Main-Main.id

Salah satu faktor yang membuat TikTok banyak digemari adalah karena konten-kontennya yang beragam dan menarik. Tidak hanya berisi konten hiburan, kini semakin beragam. Bahkan, banyak dari konten kreator TikTok yang membuat tips dan informsi-informasi yang mendidik.

Baca juga:  Dea OnlyFans Tidak Ditahan Meski Jadi Tersangka Kasus Pornografi

Selain itu, kita juga dapat melihat tips dan informasi yang dapat kita gunakan agar semakin kreatif dalam membuat konten. Salah satunya melalui acara #TikTalkShow yang diselenggarakan setiap akhir pekan oleh TikTok. Apalagi, acara ini menghadirkan selebriti terkemuka dan seleb TikTok lainnya.

Bermain TikTok Menghasilkan Uang

Seperti halnya pengguna instagram dan youtube, pengguna TikTok juga dapat menghasilkan uang, lho! Apalagi jika akun yang dimiliki pengguna memiliki banyak followers dan populer. Sebab, pengguna akan lebih mudah menghasilkan uang sepert halnya selebgram dan yotubers jika memiliki banyak followers.

Masih belum percaya? Berikut beberapa cara yang dapat membuat akun TikTok menghasilkan banyak uang:

  • Sebagai Influencer

Seperti halnya influencer di media sosial lain, influencer TikTok juga memiliki pekerjaan untuk mempromosikan produk, merek, atau layanan suatu perusahaan dengan harapan dapat meningkatkan penjualan.

  • Membuat Konten Berbayar

Jika akun pengguna TikTok memiliki banyak followers, maka ia dapat memiliki kesempatan membuat konten berbayar. Pengguna bisa membuat konten khusus yang disponsori pihak lain. Contohnya yang pernah dilakukan oleh Loren Grey. Ia telah berhasil mengumpulkan followers sejumlah 45 juta. Sehingga ia mampu mendapatkan kesepakatan kerja sama bersama brand Revlon. Ia hanya perlu membuat konten terkait brand kosmetik tersebut dan mendapatkan penghasilan senilai 2,6 juta dollar AS.

  • Meluncurkan Musik

Sebagai platform lipsync terpopuler, pengguna TikTok dapat mempromosikan lagu melalui TikTok. Seperti halnya dilakukan oleh beberapa penyanyi Korea Selatan. Salah satunya adalah Hyoyeon SNSD yang baru saja merilis single baru yang judul Second. Melalui TikTok, SM Entertainment selaku agensi yang menaungi Hyoyeon membuat promosi dengan tren tarian dari koreo lagu tersebut dan tentunya dengan latar backsound lagu Second.

  • Konsultan TikTok

Sebagai platform yang sangat populer, TikTok juga bisa dibilang masih cukup baru. Sehingga beberapa pihak yang ingin menggunakan TikTok biasanya rela membayar orang untuk menjadi konsultan agar membantu mereka membuat strategi, membangun merek, dan meningkatkan pengikut mereka.

Baca juga:  Heboh Wirda Mansur Dibanding-Bandingkan dengan Maudy Ayunda

Nah, itu dia 3 faktor penting yang membuat TikTok digemari oleh banyak orang. Apa kamu tertarik untuk menjadi konten kreator TikTok? Kemunculan TikTok sebagai media sosial, banyak menarik perhatian masyarakat karena memberikan konten yang menghibur, juga bermanfaat. Tapi, jangan sampai kita jadi terlena dan bermain handphone seharian, tanpa mengenal batas waktu, ya.

 

Sumber:

Jati, Anggoro Suryo. 2020. “TikTok Makin Disukai Anak Muda, Ini Alasannya”. https://inet.detik.com/cyberlife/d-5133039/tiktok-makin-disukai-anak-muda-ini-alasannya.

Azanella, Luthfia Ayu. 2020. “Mengapa TikTok Begitu Digandrungi dan Bahkan Membuat Kecanduan?”.https://www.kompas.com/tren/read/2020/07/05/200500365/mengapa-tiktok-begitu-digandrungi-dan-bahkan-membuat-kecanduan-?page=all.

Idris, Muhammad. 2021. “4 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok, siapa yang mau mencoba?. https://kiaton.kontan.co.id/news/4-cara-mendapatkan-uang-dari-tiktok-siapa-yang-mau-mencoba?page=all.