Faktor-Faktor Penyebab Kenakalan Anak Usia Dini? Ketahui Disini

faktor-faktor penyebab kenakalan anak usia dini
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Dapatkah anda mengenali Faktor-Faktor Penyebab Kenakalan Anak Usia Dini? Ketahui Disini. Artikel kali ini akan membahas tentang apa saja faktor yang dapat menyebabkan kenakalan pada anak usia dini.

Bagi orang tua, salah satu masalah yang kerap muncul dalam mendidik anak adalah munculnya kenakalan pada anak usia dini. Hal itu mulai menjadi suatu masalah, ketika seorang anak cenderung mulai suka menentang aturan, bahkan tidak mendengarkan apa yang disampaikan orang tua.

Kejadian seperti itu tentu tidak ingin dibiarkan terus terjadi, sebab, orang tua pun mulai berfikir bagaimana mengatasinya. Maka, para orang tua perlu untuk mengetahui beberapa faktor yang telah menyebabkan timbulnya kenakalan pada anak usia dini.

Baca juga:  Wajib Dimiliki, Soft Skill untuk Anak yang Bisa Menunjang Masa Depan

Alhasil, dengan mengetahui berbagai faktor penyebab kenakalan anak usia dini, orang tua bisa melakukan evaluasi ulang. Ya, evaluasi tentang bagaimana cara mendidik dan bersikap dihadapan anaknya.

Faktor-Faktor Penyebab Kenakalan Anak Usia Dini

Anak-anak usia dini, khususnya yang memasuki fase pra-sekolah merupakan peniru yang handal, sebab mereka cenderung meniru perkataan dan perilaku orang disekitarnya. Umumnya, anak-anak yang berusia 3 hingga 7 tahun masih cenderung suka meniru apa yang dilakukan dan dikatakan oleh orang disekitarnya.

faktor-faktor penyebab kenakalan anak usia dini
sumber gambar : unsplash.com

Artinya, setiap kenakalan ataupun tindakan yang tak sepantasnya dilakukan anak usia dini, itu juga menjadi tanggung jawab orang yang berada disekitarnya. Terkhusus, orang tuanya yang turut serta mendidik dan menjaga bagaimana anaknya berkelakuan dalam kehidupan sehari-harinya.

Baca juga:  Tips Dampingi Anak Pra Sekolah Belajar Selama di Rumah

Berikut ini adalah faktor-faktor penyebab kenakalan anak usia dini.

Orang Tua Mewajarkan Kenakalan Anak Usia Dini

Hal ini merupakan salah satu kesalahan yang cukup fatal dari orang tua dalam mendidik anaknya. Semisal, ketika anak cenderung mudah memukul temannya, maka orang tua tidak seharusnya membiarkan hal itu terjadi. Sebab, bila dibiarkan, anak akan cenderung mudah melakukan tindakan kekerasan terhadap temannya saat semakin tumbuh dewasa.

Terlalu Memanjakan Anak Usia Dini

Pola asuh orang tua juga sangatlah memegang peranan penting, bagaimana orang tua memberikan kasih sayang pada anak. Kasih sayang tidak harus diwujudkan dengan sikap memanjakan anak agar bahagia ketika keinginannya selalu dipenuhi. Sebab, hal itu bisa menjadikan anak tumbuh menjadi pribadi yang manja dan malas-malasan saat sudah beranjak dewasa.

Baca juga:  Rekomendasi Obat Flu dan Batuk Anak di Apotek

Menyepelekan Tantrum Anak Usia Dini

Merupakan hal yang wajar, bila seorang anak akan menangis dengan kencang hingga marah ketika keinginannya tidak terpenuhi. Kondisi itu harus disikapi orang tua dengan cara memberi pengertian dan penjelasan kepada anak. Bila orang tua justru malah ikut merespon dengan memarah-marahi anak, maka anak akan tumbuh menjadi pribadi yang bebal dan keras kepala.

 

sumber referensi : id.theasianparent.com/kenakalan-anak-usia-dini