8 Fakta Menarik Tentang Wibu, Kamu Termasuk yang Mana?

pixabay

Wibu berasal dari kata ‘weaboo’, merupakan sebutan untuk penggila ‘Japanese Culture’, seperti manga, anime, LN, cosplay, dan sebagainya. Wibu disebut juga ‘wapanese’ atau ‘want to be a japanese’, yang artinya ‘ingin menjadi orang Jepang’. Sehingga dalam pola pikir dan tindakan mereka juga selalu berkiblat ke Jepang. Kalangan wibu ini sering dikenal nolep, bahkan jarang mandi. Apakah benar? Berikut fakta-fakta menarik tentang wibu yang jarang diketahui.

1. Menyukai Semua Hal Tentang Jepang

fakta-menarik-seputar-wibu
Cosplay karakter kesukaan.

Sudah pasti semua wibu penyuka hal-hal yang berabau Jepang. Sebab, biasanya wibu menjadikan budaya Jepang sebagai kiblat kehidupan. Mulai dari gaya hidup, fashion, sampai ke makanan, semuanya yang berbau-bau Jepang mereka sukai. Biasanya, para wibu ini gemar meniru gaya orang Jepang atau karakter anime kesukaan mereka. Misalnya, potongan rambut, memakai masker hitam, memakai hodie kemana-mana, suka makan ramen, sushi, dll.

2. Menyukai Anime dan Manga

fakta-menarik-seputar-wibu
Mengoleksi action figure, poster, komik, dan video dari anime kesukaan.

Biasanya, wibu sangat gemar menonton anime dan membaca manga. Bahkan, kebanyakan dari mereka menjadi wibu berawal dari seringnya menonton anime dan membaca manga. Para wibu juga gemar meracuni teman-temannya untuk menonton anime dan membaca manga. Tak lain dan tak bukan tujuan mereka adalah menambah populasi wibu alias menjadikan teman-temanya wibu juga.

Baca juga:  'Lebaran Kuda' Trending di Twitter, Apa Maknanya?

Tak jarang juga, para wibu ini menghabiskan waktu seharian di kamar untuk marathon menonton anime atau sekadar membaca manga.

3. Memiliki Kreativitas yang Tinggi

fakta-menarik-seputar-wibu
Umumnya, wibu memiliki kreativitas dan imajinasi yang tinggi. (sumber: pixabay)

Meski tidak semuanya, tapi seringkali seorang wibu memiliki daya kreativitas yang tinggi. Akibat seringnya menonton anime atau membaca manga membuat mereka memiliki daya khayal yang tinggi. Sehingga menumbuhkan kreativitas, misalnya menggambar ala-ala manga, atau menggambar karakter kesukaannya di anime.

4. Jarang Mandi

fakta-menarik-seputar-wibu
Benarkan wibu jarang mandi dan bau bawang?

Seorang wibu biasanya juga diberi julukan bau bawang. Julukan tersebut muncul akibat kebiasan wibu yang dianggap jarang mandi. Biasanya, mereka menghabiskan waktu, bahkan sampai berhari-hari untuk marathon menonton anime. Alhasil, mereka jarang mandi sampai berhari-hari, hingga menimbulkan bau badan seperti bau bawang.

Meskipun sering dikenal jarang mandi, burik, dan tidak memperdulikan penampilan, faktanya tidak semua wibu seperti itu. Tentu saja hal seperti itu tergantung pribadi masing-masing. Ada wibu yang memang malas memperdulikan penampilan dan ada juga yang wibu yang berpenampilan menarik dan bau wangi tentunya.

Baca juga:  Penuh Misterius! Tissa Biani Akui Pernah Ketemu Karakter Asli Mahasiswa KKN di Desa Penari, Dul Jaelani Kepo

5. Wibu Pasti Nolep

fakta-menarik-seputar-wibu
Umumnya, wibu kurang suka bersosialisasi karena asik dengan dunia 2D.

Sudah menjadi stigma umum kalau wibu pasti nolep, jarang berinteraksi dengan orang lain, tertutup, bahkan hikikomori. Stigma wibu pasti nolep ini memang sudah sering didengar. Hal itu karena kebanyakan wibu dianggap introvert dan hikikomori. Introvert sendiri  merupakan sifat seseorang di mana dirinya cenderung pendiam dan berkebalikan dengan ekstrovert yang cenderung banyak bicara. Sementara itu, hikikomori dan anti-sosial dapat diartikan sebagai seseorang yang enggan bersosialisasi dengan orang lain.

Meskipun demikian, faktanya tidak semua wibu introvert dan nolep. Ada juga wibu yang suka berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain. Meskipun seperti orang pada umumnya, para wibu ini juga butuh yang namanya me-time  atau waktu untuk sendiri. Selain itu, seorang wibu biasanya menjadi pendiam ketika berada di lingkungan baru. Ketika sudah mengenal dengan baik lingkungan dan orang-orang di sekitarnya, biasanya sisi ekstrovert wibu akan keluar. Biasanya, wibu perlu dipancing terlebih dahulu untuk berbicara.

6. Jokes Seputar Anime

fakta-menarik-seputar-wibu
Apa jokes anime favoritmu?

Biasanya, para wibu suka membawa candaan anime di tongkrongan. Meskipun kadang dianggap aneh oleh teman-temannya karena bercanda dengan istilah-istilah yang hanya dikenal oleh kalangan wibu.

Misalnya, istilah yang sering mereka gunakan ialah ‘baka’ artinya ‘bodoh’. Karena sering muncul di berbagai anime dan manga, kata baka menjadi akrab di kalangan para wibu. Kata baka yang mudah diingat dan mudah disebut dengan lidah orang Indonesia juga menjadi salah satu alasan mengapa kata ini sering diucapkan. Kata baka ini sering digunakan sebagai gurauan atau bahkan sindirian kepada sesama teman.

Baca juga:  Heboh! Manggung di Coachella 2022, Begini Aksi Jackson Wang Buka Baju

7. Boros dan Konsumtif

fakta-menarik-seputar-wibu
Uang habis untuk membeli action figure, kostum, komik, dan barang-barang lainnya.

Seperti halnya penggemar k-pop yang senang menghambur-hamburkan uang untuk mengoleksi album terbaru idolanya, wibu juga senang menghambur-hamburkan uang untuk hal un-faedah juga nih. Biasanya, wibu gemar membeli figure, manga, makan makanan Jepang, dan menonton film di bioskop.

8. Memiliki Waifu atau Husbu

fakta-menarik-seputar-wibu
Siapa wifu/husbu mu?

Waifu merupakan plesetan dari bahasa Inggris ‘wife’ yang artinya ‘istri’. Biasanya, kata waifu sering digunakan oleh para wibu laki-laki yang menyukai karakter 2D perempuan pada manga atau anime dan menganggapnya sebagai istri mereka.

Sama dengan waifu, ada juga istilah husbu yang diambil dari bahasa Inggris ‘husband’ yang artinya ‘suami’. Kata ini digunakan oleh para wibu perempuan yang menyukai karakter 2D laki-laki pada manga atau anime dan menganggap karakter tersebut sebagai suaminya.

Biasanya, kalangan waifu dan husbu ini adalah jomblo ngenes alias jomblo akut. Makanya, mereka menjadikan karakter 2D sebagai pasangan khayalan mereka.

Nah, demikian fakta-fakta menarik seputar wibu. Apakah kamu atau teman-temanmu ada yang memiliki ciri-ciri di atas?

Sumber:

Pramita, Shendy. 2017. “Fakta-Fakta Tentang Wibu”. https://playcrunch.blogspot.com/2017/07/fakta-fakta-tentang-wibu.html

“Fakta tersembunyi dibalik wibu dan otaku”. https://wibu-elit.blogspot.com/2020/01/Fakta-cowok-cewek-wibu-otaku.html