Fakta Menarik Tentang One Piece, Benar Mau Tamat?

onepiece.fandom.com

One Piece merupakan salah satu manga terlaris dalam sejarah Jepang dengan penjualan mencapai lebih dari 400 juta ekslempar. Serial ini dibuat oleh Eiichiro Oda sejak tahun 1997. Kemudian One Piece hadir dalam bentuk anime sejak tahun 1999 dan telah mencapai lebih dari 500 episode.

Sejak awal dikeluarkannya, One Piece mendapat banyak perhatian karena dinilai memiliki cerita dan visual yang digambarkan dengan menarik. One Piece sendiri berkisah tentang petualangan sekelompok bajak laut dalam mencari sebuah harta karun yang bernama “One Piece”.

Nah, penasaran dengan fakta-fakta menarik dari serial yang tak kunjung tamat ini?

Rencananya Hanya untuk 5 Tahun

Awalnya manga One Piece hanya direncanakan akan berjalan selama 5 tahun. Karena hanya berkisah tentang petualangan Luffy dalam melawan Yonkou. Sehingga seharusnya komiknya ini memliki cerita yang ringan dan lucu. Akan tetapi di tengah proses menulis, Oda mendapatkan ide untuk menambahkan cerita tentang Shichibukai (Tujuh Penguasa Lautan).

Baca juga:  PBSI Resmi Rilis Tiket Indonesia Masters 2022, Intip Daftar Harga dan Ketentuan Membelinya

Semenjak ide barunya tersebut muncul, cerita dalam manga ini semakin liar dan menarik. Oleh sebab itu kontrak serial ini diperpanjang hingga 20 tahun. Akan tetapi, nyatanya hingga melewati kontrak tersebut serial ini belum tamat juga.

Sudah Hampir Tamat

Dalam sebuah wawancara pada tahun 2018 Eiichiro Oda mengungkapkan bahwa One Piece sudah 80% berjalan. Artinya serial ini akan segera tamat.  Sejak pertama kali terbit pada tahun 1997, One Piece sudah meluncurkan 18 musim anime, 14 film layar lebar, dan 12 episode spesial. Makannya karena sudah terlalu lama, banyak penggemar One Piece yang menunggu-nunggu bagaimana ending dari serial ini.

Memecahkan Rekor Guiness World

Editor Pastikan Komik Manga One Piece Segera Berakhir Halaman all - Kompas.com
Kompas.com

One Piece merupakan komik yang mampu mencatat rekor dengan cetakan terbanyak sepanjang masa. Bahkan per Juli 2021 telah melampaui angka 490 juta kopi peredaraannya di seluruh dunia. Hingga saat ini belum ada yang mampu menyaingi angka tersebut.

Beberapa Pengisi Suaranya Sudah Meninggal

One Piece terus berlanjut dalam jangka waktu yang bisa dibilang cukup lama. Bahkan saking lamanya, beberapa pengisi suara karakternya sudah meninggal dunia. Diantaranya ialah Kazuyuki Sogabe (Benn Beckman dan Silvers Rayleigh), Daisuke Gori (Jinbei, Dorry), Takeshi Aono (Mihawk), Takkou Ishimori (Sengoku), Ginzo Matsuo (Smoker), dan lain-lain.

Baca juga:  5 Fakta Menarik Shayne Pattynama, Bek Liga Norwegia yang Bakal Masuk Timnas Indonesia

Eiichiro Oda Mendapatkan Rp360 Miliar Per Tahun

Berdasarkan berita yang dikutip dari Kotaku, Oda-sensei mendapatkan US$26 jura per tahun. Pendapatan itu berasal dari penjualan komik, peluncuran film layar lebar, episode spesial, dan berbagai macam merch.

Angka yang diperolah Oda memang bisa dibilang cukup fantastis. Bahkan penulis kemukaan seperti Jeff Kinney (Diary of a Wimpy Kid), JK Rowling (Harry Potter), Stephen King, dan beberapa penulis lainnya hanya mendapatkan kurang dari US$20 juta.

Oda-sensei Hanya Tidur Tiga Jam dalam Sehari

Bekerja menjadi pembuat manga memang tidak mudah. Untuk mendapat karya yang tidak pernah mengecewakan, Oda bekerja keras hingga hanya mempunyai waktu tiga jam dalam sehari untuk tidur. Bahkan ia tidak memiliki hari libur alias bekerja setiap hari. Hal itu karena ia tidak mempekerjakan banyak asisten. Untuk membuat sketsa awal saja ia lakukan sendiri.

Eiichiro Oda Sering Menangis Ketika Menggambar

When Will One Piece End? Everything Oda Has Said About The End Of The Series
www.cbr.com

Ketika membuat beberapa adegan sedih dalam One Piece, Oda kerap kedapatan menangis. Jadi bukan hanya penontonnya saja yang dibuat baper ya, penulisnya juga merasa sedih ketika membuatnya. Part paling menyedihkan menurut Oda adalah ketika Vivi menyaksikan warga Arabasta saling membunuh. Pada bagian itu Vivi berusaha menghentikan peperangan, akan tetapi tidak ada satupun yang mendengarkannya. Bahkan saking sedih ketika membuat part ini, Oda sampai menghentikan proses menggambar dan meninggalkan ruangan kerjanya.

Baca juga:  Viral di Facebook! Jalan 2 Kilometer di Kota Sukabumi Dipasang 45 Polisi Tidur

Luffy Merupakan Karakter Manga Pertama yang Dijadikan Cover Majalah Fashion

Januari tahun 2010, Luffy muncul dalam cover majalah fashion pria Non-No. Hal ini menjadikannya sebagai karakter manga pertama yang dijadikan cover majalah. Luffy dibuat dengan tampilan keren yang dirancang oleh seorang stylist bernama Shinichi Mita. Meski tampil bergaya, topi jerami yang menjadi ciri khasnya tidak ia tinggalkan.

Hanya Tiga Orang yang Tahu Ending One Piece

Saking lamanya serial ini, banyak penggemarnya merasa penasaran dengan akhir dari kisah ini. Oda sangat tertutup hingga saat ini hanya ada dua orang lain dirinya yang mengetahu akhir dari kisah ini selain dirinya. Mereka adalah editor yang bekerja dengannya dan seorang anak bernama Hinati Fujinami. Anak tersebut merupakan fans fanatik One Piece yang menderita kanker paru-paru. Ia memiliki permintaan terakhir yaitu mengetahui akhir dari cerita One Piece. Melalui lembaga Make A Wish, permintaan Hinati dapat terwujud. Oda mengunjungi Hinati dan menceritakan akhir dari One Piece secara tertutup.

Telah Melalui Sensor yang Ketat

Sebagai manga yang terkenal hingga kancah internasional, One Piece tentunya telah melewati sensor yang ketat. Hal ini untuk menghindari kemungkinan timbulnya kontreversi. Misalnya tato yang dimiliki karakter Ace pada punggungnya. Awalnya desain tato tersebut memiliki bentuk yang hampir sama dengan lambang swastika terbalik. Kemudian editornya menyarankan untuk menggantinya hingga bentuknya dirubah menjadi salib.

 

Sumber:

“One Piece (Isi Cerita)”. https://onepiece.fandom.com/id/wiki/One_Piece_(Isi_Cerita).

Ramawirawan, Catra Ditya. 2021. “13 Fakta Unik tentang One Piece”. https://review.bukalapak.com/hobbies/fakta-one-piece-99322.