Fakta-Fakta Menarik Film Thailand Terlaris, The Medium

imdb.com

The Medium merupakan film horor Thailand terlaris di Indonesia pada tahun 2021. Film dengan konsep dokumenter ini dibintangi oleh deretan aktor ternama seperti Narilya Gulmongkolpech (Mink), Sawanee Utoomma (Nim), Sirani Yankittikan (Noi), Yasaka Chaisorn (Manit), Boonsong Nakphoo (Santi), Arunee Wattana (Pang).

Film dengan durasi 2 jam 10 menit ini berlatar pada sebuah daerah di sebelah Timur Laut Thailand bernama Isan. Masyarakat desa ini masih kental dengan kepercayaan terhadap dewa-dewa. Dewa yang disembah dalam film ini bernaam Ba Yan. Melalui medium dukun bernama Nim, masyarakat melakukan komunikasi dengan Dewa Ba Yan. Seperti untuk meminta panen yang berlimpah dan meminta tolong untuk menyembuhkan penyakit yang masih ada kaitannya dengan hal mistis.

Nim mendapat kemampuannya sebagai dukun dari garis keturunan perempuan dalam keluarganya. Neneknya, bibinya, hingga kakak perempuannya turun-temurun bergantian dipilih oleh Ba Yan untuk dirasuki. Akan tetapi kakak perempuan Nim yang bernama Noi menolak untuk dirasuki Ba Yan. Ia pun berpaling dengan masuk ke agama Kristen hingga menikah dan kemudian memiliki anak.

Suasan mistis dalam desa Isan sangat ditampilkan dengan visual yang bagus. Dengan memakai pola seperti film dokumenter, penonton akan diajak mengikuti perjalanan mistis keluarga keterunun dukun ini.

Baca juga:  Cek Sinopsis dan Link Nonton Pleasure, Keinginan Bella Cherry Jadi Bintang Film Dewasa

Konflik dimulai ketika suami dari Noi meninggal dunia yang sebelumnya anak lelakinya juga telah meninggal karena kecelakaan. Sejak saat itu, Mink, anak perempuan, Noi mengalami perubahan aneh yang juga dialami Noi dan Nim ketika akan dirasuki Dewa Ba Yan. Mereka pun mengira bahwa Dewa Ba Yan memilih Mink sebagai dukun selanjutnya yang dirasuki setelah Nim. Akan tetapi Noi dan Mink tidak menginginkan hal itu terjadi. Akan tetapi, semakin mereka menolak, kondisi Mink semakin buruk.

Hingga kemudian fakta mengejutkan diketahui oleh Nim. Perubahan pada Mink semakin aneh dan berbeda dengan yang dialami oleh Noi dan Nim. Dengan meminta bantuan Ba Yan, Nim mencoba menyelematkan Mink. Sebenarnya apa sih yang terjadi pada Mink? Kamu akan terkejut jika mengetahuinya. Yuk nonton!

Nah sebelum menonton film horor Thailand terbaik ini, kamu harus tau beberapa fakta menarik tentang film ini.

The Medium (2021) - IMDb
imdb.com

Konsep Film Dokumenter

The Medium dibuat dengan konsep seperti film dokumenter dengan teknik pengambilan video long shot. Pada bagian awal diceritakan bahwa ada sekelompok orang yang tertarik dengan praktek perdukunan di daerah Isan. Mereka pun melakukan wawancara dengan mengambil video dan memasang CCTV untuk memantau perisitiwa-peristiwa janggal yang dialami keluarga Nim.

Baca juga:  8 Tips Menyiapkan Diri Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Kisah Tentang Dunia Klenik

Praktik Shamanisme atau perdukunan dalam film ini sangat menonjol dan memiliki ciri khas yang kuat. Sebab film ini menggabungkan konsep Shamanisme dari dua negara, yaitu Korea Selatan dan Thailand. Dengan suasana klenik yang dibangun sejak awal membuat kesan mistis ini sudah dirasakan sejak menit pertama film ini. Instrumen klenik seperti sajen, mantra, upacara hingga musik-musik ritual menjadi faktor yang membuat kesan klenik semakin terasa.

Karya Sutradara Ternama Dua Negara

Film ini merupakan kolaborasi dari dua sutradra ternama Korea Selatan dan Thailand, yaitu Na Hong Jin dan Banjong Pisathanakun. Na  Hong Jin merupakan sutradara dari film The Wailing dan The Chaser. Sedangkan Banjong Pisathanakun merupakan sutradara dari beberapa film horror terkenal Thailand seperti Shutter, Pee Mak, Alone, dan Phobia.

Film ini sudah dinantikan oleh pecinta film mancanegara sebelum perilisannya. Mereka menantikan karya dari dua sutradara ternama ini.

Masuk Box Office Korea Selatan

Selain menjadi film horor Thailand terlaris di Indonesia, The Medium telah menuai kesuksesan terlebih dahulu di Korea Selatan. Rilis lebih dulu pada tanggal 14 Juli 2021, film ini berhasil meraih 129.917 penonton pada penayangan perdana di bioskop Korea Selatan. Selain itu, The Medium juga mendapat penghargaan utama The Best Of Bucheon setelah tayang perdana di Bucehon International Fantastic Film Festival. Film ini diketahui menduduki peringkat kedua di antara film Korea Selatan lainnya dengan meraih pendapatan sebesar 5,37 juta US dollar.

Baca juga:  Ada Snapdragon 680 6nm, Simak Review Vivo Y33T dan Harga Terbarunya

Tidak Memunculkan Hantu

Meskipun The Medium merupakan film horor yang menyeramkan, akan tetapi tidak ada hantu yang muncul dalam film ini. Para tokoh dalam film ini hanya mengalami kerasukan, sehingga berperilaku yang menyeramkan. Meskipun tidak memunculkan sosok hantu, akan tetapi tidak mengurangi kesaN horor film ini. Karena tokoh-tokoh yang kerasukan juga dinilai sangat menyeramkan.

Menampilkan Adegan Sadis

Meskipun tidak memunculkan sosok hantu, akan tetapi banyak adegan sadis dalam film ini. Pada bagian paruh akhir film, penonton akan dibuat tegang dengan adegan penuh darah yang menyeramkam. Selain itu, beberapa adegan jumpscare juga menambah kesan horor.

Nah itu dia fakta-fakta menarik dari film The Medium. Selamat menonton!

 

Sumber:

Ummairah, Rana Maheswari. 2021. “Terlaris di Indonesia! 5 Fakta Menarik dari Film The Medium”. https://www.tagar.id/terlaris-di-indonesia-5-fakta-menarik-dari-film-the-medium.

https://www.imdb.com/title/tt13446168/