Sudah Tau Bagaimana Mendoakan Orang Meninggal? Simak Doa Orang Meninggal Terlengkap

Sumber : tagar.id

Hallo guys, pastinya kalian sudah tau bahwa setiap yang bernyawa suatu saat akan meninggalkan dunia ini. Namun sebagai seorang muslim kita dianjurkan untuk mendoakan orang yang sudah meninggal baik itu keluarga, kerabat, maupun tetangga agar jenazah selalu mendapat perlindungan dan pengampunan di akhirat oleh Allah SWT. Namun pada umumnya kita mengucapkan Innalillahi wa innailaihi raajiuun ketika ada orang yang meninggal, hal ini tidak hanya diucapkan untuk orang yang sudah meninggal, tetapi bisa diucapkan ketika saat keadaan sakit maupun tertimpa musibah. Namun, ada juga doa yang dikhususkan untuk orang yang meninggal. Ini kumpulan doa orang meninggal, yaitu :

Sumber : wartakepri.co.id

1. Doa ketika mendengar kabar orang meninggal

إِنَّا لِلَّٰهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

innalillahi wa innailaihi raajiuun

Artinya: Sesungguhnya semua ini hanyalah milik Allah dan hanya kepadanya kami  

             kembali.

Dianjurkan untuk melanjutkan lafadz pelengkap :

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَلَهُ وَأَعْقِبْنِي مِنْهُ عُقْبَى حَسَنَةً

Allahummaghfirli wa lahu wa’qibni minhu ‘uqbaa hasanah

Artinya: “Ya Allah, ampuni diriku dan dia dan berikan kepadaku darinya pengganti yang baik.”

Jika ingin menyesuaikan dengan jenis kelamin dari orang yang meninggal dunia, maka pada bagian “wala hu” dan “min hu” adalah untuk laki-laki. Sedangkan jika yang meninggal adalah perempuan, ganti dengan “wa la ha” dan “min ha”.

Baca juga:  Memahami Apa itu Stunting? Pengertian, Jenis dan Contohnya

2. Doa untuk orang yang meninggal berjenis kelamin laki-laki

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارًاخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allaahummaghfir lahu warham hu wa’aafi hii wa’fu anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkholahu waghsil hu bil maai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adkhil hul jannata wa ‘aidz hu min ‘adzaabil qobri wa fitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan dari siksa api neraka.”

Baca juga:  Jangan Asal Mencari Obat Batuk Pilek untuk Bayi, Simak Rekomendasinya Berikut Ini

3. Doa untuk orang yang meninggal berjenis kelamin perempuan

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَها وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا، وَأَكْرِمْ نُزُلَهَا، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهَا، وَاغْسِلْهَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهَا مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ. وَأَبْدِلْهَا دَارًا خَيِرًا مِنْ دَارِهَا، وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهَا وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا، وَأَدْخِلْهَا الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allaahummaghfir laha warham ha wa’aafi ha wa’fu anha wa akrim nuzula ha wa wassi’ madkhola ha waghsil ha bil maa-i wats-tsalji wal barodi wa naqqi ha minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minad danasi wa abdil ha daaron khoiron min daari ha wa ahlan khoiron min ahli ha wazaujan khoiron min zaoji ha wa adkhil hal jannata wa ‘aidz ha min ‘adzaabil qobri wafitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Baca juga:  Banyak Manfaat, Play Therapy untuk Bantu Anak Kendalikan Emosi

Artinya: “Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan dari siksa api neraka.”

Demikian penjelasan tentang doa orang meninggal yang bisa kalian baca atau hafalkan untuk mendoakan keluarga maupun kerabat yang meninggal dunia agar amalannya di dunia diterima disisiNya. Sekian dan semoga informasi ini bermanfaat yaa.

Sumber : 

  1. https://www.celebrities.id/read/doa-untuk-orang-meninggal-laki-laki-dan-perempuan
  2. https://www.popbela.com/relationship/single/dinalathifa/doa-untuk-orang-yang-sudah-meninggal/4