Doa Mau Tidur Lengkap Agar Tidak Diganggu Jin

Sumber : sinergipapers.com

Setiap manusia pasti membutuhkan istirahat dari letihnya kegiatan yang mereka lakukan dalam satu hari, salah satu istirahat yang paling efektif adalah tidur. Tidur dapat mengistirahatkan tubuh kita beserta syaraf-syaraf yang ada di dalamnya, agar esok hari tubuh kita menjadi fit kembali dan siap melakukan aktivitas. Namun sebagai seorang muslim dianjurkan untuk membaca doa dalam hal apapun salah satunya yaitu doa mau tidur, tujuannya yaitu untuk bersyukur atas nikmat hidup yang telah diberikan Allah SWT. Berdoa senantiasa dilakukan umat muslim ketika bangun tidur hingga tertidur kembali. Tidurnya seorang muslim dapat bernilai pahala bila dimanfaatkan sebaik mungkin sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Rasulullah SAW menganjurkan muslim untuk membaca doa sebelum tidur yang berbunyi “Apabila kamu hendak tidur maka berwudhulah lebih dulu seperti wudhumu untuk shalat, kemudian berbaringlah pada pinggangmu yang kanan dan bacalah doa ini (doa sebelum tidur). Dalam hadits ini, Nabi SAW juga bersabda, ‘Jadikanlah doa itu sebagai akhir dari semua perkataanmu,” (HR Bukhari Muslim).

Baca juga:  Bagaimana Cara Mendapatkan Anak Kembar? Ini Tipsnya!

Adapun adab sebelum tidur bagi seorang muslim, yaitu :

  1. Menggunakan pakaian yang bersih,  karena Rasulullah bersabda bahwa “kebersihan adalah sebagian dari iman”. Selain nyaman untuk digunakan juga berguna untuk melindungi tubuh kita dari berbagai macam penyakit yang mungkin timbul.
  2. Berwudhu, ketika akan tidur alangkah baiknya berada dalam kondisi yang suci seperti ketika akan sholat. Sebagaimana dikatakan bahwa tidurnya seorang muslim dapat bernilai pahala bila dimanfaatkan sebaik mungkin sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW.
  3. Membersihkan tempat tidur, Jika tempat tidur dalam kondisi yang bersih maka akan mendapatkan kualitas tidur yang baik dan dapat terhindar dari serangga-serangga yang ada di tempat tidur. 
Sumber : kabarjombang.com

Doa Sebelum Tidur

Doa sebelum tidur dan artinya Doa sebelum tidur yang pendek dan umum dibaca sebelum tidur di kalangan awam dengan menukil dari hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan Muslim (Shahih Muslim, 6887) adalah sebagai berikut:  

Baca juga:  4 Medium Belajar yang Baik untuk Mengasah Keaktifan Anak Pra Sekolah

  اَللّهُمَّ! بِاسْمِكَ أَحْيَا وَبِاسْمِكَ أَمُوْتُ  

Allâhumma! Bismika ahyâ wa bismika amût.     

Artinya: “Ya Allah! Dengan Nama-Mu, aku hidup  dan dengan nama-Mu pula aku mati.”    

Adapun contoh doa sebelum tidur agak panjang yang dinukil sebagian dari doa panjang sebagaimana direkomendasikan oleh Imam al-Ghazali dalam risalahnya berjudul Bidayatul Hidayah adalah sebagai berikut:    

بِاسْمِكَ رَبِّى وَضَعْتُ جَنْبِى وَبِاسْمِكَ اَرْفَعُهُ فَاغْفِرْلِى ذَنْبِى اللّهُمَّ قِنِى عَذَابَكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ اَللّهُمَّ بِاسْمِكَ اَحْيَا وَأَمُوْتُ أَعُوْذُبِكَ اَللّهُمَّ مِنْ شَرِّ كُلِّ ذِى شَرٍّ وَمِنْ شَرِّ كُلِّ دَابَّةٍ اَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهَا اِنَّ رَبِّى عَلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ    

Bismika rabbî wadha’tu janbî wabismika arfa’uhu faghfirlî dzanbî. Allahuma qinî ‘adzâbaka  yauma tab’atsu ‘ibâdaka. Allâhumma bismika ahyâ wa amût, Allâhumma innî a‘udzubika min-syarri kulli dzî syarrin. Wa min syarri kulli dâbbatin anta âkhidzun binâshiyatihâ, inna rabbî ’alâ shirâthin mustaqîm.    

Baca juga:  Ternyata Mudah, Cara Menghitung Usia Kehamilan dalam Minggu dan Bulan

Artinya: “Dengan nama-Mu wahai Tuhanku, kuletakkan rusukku dan dengan nama-Mu pula kuangkat tulang itu serta ampunilah dosa-dosaku. Ya Allah semoga engkau menjagaku dari azab-Mu pada hari dimana engkau membangkitkan hamba – hamba-Mu.  Ya Allah, dengan nama-Mu aku hidup dan mati. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari keburukan segala sesuatu yang memiliki keburukan serta dari kejahatan setiap yang melata. Engkaulah yang menggenggam ubun-ubunnya. Sesungguhnya Tuhanku berada di jalan yang lurus.”

Doa Bangun Tidur

Doa setelah bangun tidur dalam Arab, Latin, dan artinya

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Al-hamdu li l-lahi al-ladhi ahyana ba’da ma amatana wailaihi-nushur

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah mengembalikan kehidupan, mematikan kami, dan hanya kepadaNyalah kami kembali.”

Demikian penjelasan tentang doa mau tidur yang bisa kalian hafalkan untuk diterapkan ketika mau tidur nanti, semoga bermanfaat yaa.

Sumber : 

  1. https://kiaton.kontan.co.id/news/doa-sebelum-tidur-dan-artinya-serta-4-adab-menjelang-tidur
  2. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6000870/doa-sebelum-dan-bangun-tidur-ala-rasulullah-saw-amalkan-yuk