Doa Berbuka Puasa Ramadhan Sesuai Hadist Rasulullah

Sumber: health.kompas

Berdasarkan hasil sidang isbat 2022, Kementerian Agama Republik Indonesia menentuan bahwa awal puasa jatuh bertepatan pada Minggu (3/04). Meski demikian, sebagian umat muslim yang ada di Indonesia telah melakukan puasa di hari Sabtu (2/04).

Salah satu momen yang paling menggembirakan saat berpuasa adalah momen berbuka. Selain dapat melepas dahaga, momen berbuka dinantikan karena merupakan waktu berkumpulnya keluarga.

Seperti diketahui, dalam membatalkan puasa saat berbuka terdapat doa khusus. Nah, apakah kamu masih ingat doa berbuka puasa? Bagi kamu yang lupa doa berbuka puasa, artikel ini akan membahas mengenai doa buka puasa Ramadhan berdasarkan hadist Rasulullah.

Doa buka puasa dari Imam Abu Dawud

Baca juga:  Perhatian! Bakal Ada Tes Acak e-HAC Pemudik dengan Kendaraan Pribadi

Imam Abu Dawud di dalam Kitab nya menuliskan apabila Rasulullah SAW bersabda: Kami memperoleh riwayat dari Abdullah bin Muhammad bin Yahya yaitu Abu Muhammad kami memperoleh riwayat dari Ali Bin Hasan, kami memperoleh riwayat dari Husein bin wakid, kami memperoleh riwayat dari Marwan yaitu bin Salim Al muqaffa ia berkata apabila aku melihat Ibnu Umar menggenggam jenggotnya lalu memakan sisanya. Ia berkata Rasulullah bila berbuka puasa maka membaca: ‘Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘urûqu wa tsabatal ajru, insya Allah. HR Abu Dawud

Selanjutnya doa di atas terdapat dalam buku kumpulan doa mustajab pembuka Pintu Rezeki karangan KH Sulaiman bin Muhammad Bahri yang berbunyi:

Baca juga:  Cari Jasa Freight Forwarding Terpercaya di Indonesia? Ini Rekomendasinya

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

Yang artinya: Sudah Hilang Rasa haus dan urat-urat telah basah dan pahala akan tetap Insya Allah.

Doa umum buka puasa Ramadan

Selanjutnya Berikut ini adalah doa yang memang umum digunakan ketika mau berbuka puasa Ramadan malahan menjadi doa termashur yang digunakan 4 madzhab dan sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW:

Untuk doa buka puasa Ramadan tersebut adalah sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Yang artinya: Ya Allah karenamu Aku berpuasa, denganmu aku beriman, kepadamu aku berserah, dan dengan rizkimu aku berbuka puasa, dengan rahmatmu Ya Allah yang Tuhan maha pengasih.

Baca juga:  Simak 4 Skincare untuk Hempas Jerawat Ini Viral di TikTok

Untuk doa buka puasa baik dari hadis imam Abu Dawud maupun hadis termashur dan biasa menjadi doa yang biasa dibacakan oleh umat muslim ketika berbuka puasa maka semuanya sama dan bisa diamalkan oleh siapapun.
Sumber: harian.id