Disebut Hari Kasih Sayang, Bagaimana Sejarah Valentine?

Foto oleh Sharon McCutcheon

14 Februari ditetapkan sebagai hari kasih sayang di seluruh dunia yang kini lebih populer disebut sebagai hari Valentine. Hari tersebut identik dengan memberikan coklat, kue, maupun bunga kepada pasangan atau orang terkasih. 

Seperti penetapan peringatan pada hari-hari lain, tentu terdapat kisah dibaliknya. Begitupun pada hari valentine ini. Berikut penjelasan singkat terkait sejarah ditetapkannya 14 februari sebagai hari cinta

Sejarah Singkat Valentine

Dibalik hari kasih sayang ini ternyata tersimpan kisah tragis yang terjadi pada 270 Masehi lalu. Pada hari itu, St Valentine, seorang imam suci Roma, dieksekusi oleh Kaisar Claudius II. 

Meskipun seorang pemimpin kerajaan, Kaisar Claudius saat itu terkenal sangat kejam dan memiliki ambisi untuk memiliki pasukan militer yang besar. Ia berkeinginan membuat semua pria di kerjaannya ambil andil dalam ambisinya tersebut. 

Baca juga:  Apakah SNMPTN Gratis Biaya Kuliah? Ini jawabannya

Ambisi Kaisar Claudius tidak disambut baik oleh semua orang pada masa itu. Masih banyak pria yang enggan bergabung sebab tidak ingin meninggalkan keluarga dan juga kekasihnya. Hal ini menyebabkan kaisar marah dan membuat perintah larangan menikah.

Peraturan tersebut dianggap tidak masuk akal oleh pasangan pemuda kala itu, tak terkecuali St Valentine. Secara diam-diam, ia tetap menjalankan perannya untuk menikahkan pasangan yang sedang menjalin hubungan dan saling jatuh cinta. 

Lambat laun, Kaisar Claudius mengetahui apa yang dilakukan St Valentine. Ia segera memberi peringatan namun tak diindahkan. Hingga pada suatu malam, Valentine tertangkap basah tengah menikahkan sepasang kekasih. Yang alhasil menjadi alasan ia dijebloskan kedalam penjara. Tak selang berapa lama, ia akhirnya divonis hukuman mati dengan cara dipenggal kepalanya. 

Baca juga:  4 Manfaat Berpikir Kritis yang Perlu Kamu Ketahui

Menurut legenda, sebelum dilakukan eksekusi pemenggalan kepala, St Valentine menandatangani surat yang didalamnya terdapat kalimat “from Your Valentine” yang diberikan kepada putri sipir yang menjadi temannya selama di penjara. 

Hari valentine ditetapkan pada abad ke 5 masehi tepatnya pada tanggal 14 februari oleh Pais Roma Gelasius. Tanggal ini bertepatan dengan tanggal dilakukannya eksekusi hukuman mati St Valentine yang kemudian menjadi simbol kasih sayang di seluruh belahan dunia.  

Tradisi Perayaan Valentine

Hari valentine adalah perayaan cinta. Orang-orang pada hari itu seakan memiliki keberanian untuk mengungkapkan perasaannya pada seseorang yang dicintai.  Setiap pasangan akan menjadikan hari tersebut istimewa dengan saling bertukar hadiah, harapan dan kasih sayang. 

Baca juga:  Cari Tahu, Apakah Sertifikat Webinar Berguna untuk SNMPTN?

Di berbagai belahan dunia, tidak sebatas perayaan ke pasangan, hari valentine juga dijadikan hari ungkapan cinta pada sahabat maupun keluarga. Selain bertukar hadiah, mereka juga biasa menonton film bersama, memasak, mengadakan pesta ataupun cara lainnya. 

Itulah sejarah valentine secara singkat dan juga tradisi perayaan pada hari tersebut. 

Sumber:
https://www.suara.com/news/2022/02/13/132214/sejarah-valentine-yang-jarang-diketahui-orang-kisah-kelam-yang-dirayakan-sebagai-hari-kasih-sayang-tiap-14-februari
https://www.gramedia.com/best-seller/sejarah-hari-valentine/