Contoh Tugas Mahasiswa Arsitektur Beserta Cara Mengerjakan

OMTELOLET – Tahukah kamu tentang perkuliahan di Jurusan Arsitektur? Tentunya, kamu akan belajar untuk menjadi seorang arsitek. Yuk, cari tahu tugas mahasiswa dari Jurusan Arsitektur berikut ini.

Arsitektur adalah ilmu yang mempelajari tentang perancangan bangunan. Beberapa ahli dan praktisi di bidang arsitektur baru-baru ini memperluas definisi ini untuk mencakup tidak hanya bangunan tetapi juga lingkungan di mana mereka dibangun.

Saat ini, ruang lingkup Jurusan Arsitektur telah diperluas. Selain desain bangunan, ruang lingkup rancang bangun, arsitektur meliputi desain berbagai lingkungan seperti ruang terbuka, lanskap, bahkan desain fisik kota.

Contoh Tugas Mahasiswa Jurusan Arsitektur

Setiap universitas yang memiliki Jurusan Arsitektur tentunya memiliki sistem kurikulum yang berbeda.

Baca juga:  Apakah Skill Academy Dapat Sertifikat? Berikut Info Lengkapnya

Misalnya, Jurusan Arsitektur di ITS memberikan tugas besar kepada mahasiswanya sebanyak satu di setiap semester mulai dari 1-7.

Berikut ini adalah contoh tugas-tugas dari Jurusan Arsitektur di ITS yang dilansir dari laman mahasiswa ridhatantowi.com, seorang lulusan arsitektur ITS.

Tahap 1

Pemilihan Isu, Analisa & Pendalaman Isu, Preseden, Analisa Tapak (Umum), Ide Awal, Latar Belakang, Sasaran, Informasi Umum Lahan, Perairan, Topografi & Iklim, Vegetasi, Aspek Kultur, Sirkulasi, Aksesibilitas, Orientasi Matahari, Focal Point, Infrastruktur, Lalu Lintas, Fungsi Bangunan dan Lahan Sekitar, Tata Guna Lahan, Peraturan Bangunan, Aspek Estetika.

            By Falahy M, Arsitektur ITS 2014

Tahap 2

Studi literatur, Orgasasi Ruang, Program Ruang, Zoning, Standardisasi Akustik, Pencahayaan, Material, Sirkulasi Manusia, Penghawaan, Sistem Keamanan, Konsep Rancangan, Ide Bentuk

Baca juga:  Inilah Daftar Pertanyaan Sidang Skripsi dan Cara Menjawab, Apa Saja?

Tahap 3 dan 4 (Perancangan)

Ide Bentuk/Konsep (Fix), Denah, Site plan, Layout Plan, Potongan, Tampak, Detail Arsitektural, Perspektif Mata Burung, Sistem Utilitas (Tangga Kebakaran, Plumbing, Tata Lampu, Penghawaan, Akustik, Hydrant, Genset), Perspektif Interior, Potongan Skematik/Aksonometri, Detail Konstruksi, Maket Bangunan, dan Maket Kawasan.

Tugas-tugas tersebut tidak terlalu berat tetapi memerlukan ketekunan untuk mengerjakan setiap detailnya. Contohnya, untuk tahap 1 dan 2 keliatannya emang banyak banget yang harus dikerjain tapi sebenernya tugasnya mudah.

                 By Faiz W, Arsitektur ITS 2014

Tips Mengerjakan Tugas Mahasiswa Arsitektur

1. Fokus Belajar Desain

Mahasiswa Arsitektur akan berkecimpung di dunia desain yang menitikberatkan sama proses. Wajar kalau banyak banget revisi-an.

Makanya gak jarang mahasiswa yang dalam prosesnya dianggap bagus oleh dosen bisa dapat nilai baik ketimbang yang progressnya stagnan yang tiba-tiba hasilnya langsung bagus.

Baca juga:  Inilah 6 Jurusan Kuliah yang Hanya Ada di Indonesia, Nomor 4 Bikin Nggak Nyangka
            By M R Tantowi, Arsitektur ITS 2014

2. Tetap Fokus dengan Konsep Tugas

Setiap tahap di dalam tugas memiliki keterkaitan dan berhubungan. Hal ini perlu ketelitian sejak awal pada setiap tugas besar yang diberikan.

Jika tidak memerhatikan dengan baik dalam mengerjakan setiap tugas, maka ujung-ujungnya harus ganti konsep karena masalah ide yang terlalu ekstrim buat diterapin di lahan yang sempit. Ganti ukuran bangunan juga, ganti sirkulasi, luasan ruangan, interior, semuanya biar terlihat wajar. Makanya butuh banget ide yang mateng sebelum memulai projek.

Nah, itulah contoh tugas mahasiswa arsitektur yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa jadi gambaran buat kamu ya untuk memilih Jurusan Arsitektur.